Penculikan sebelum Kemerdekaan, Ini 5 Fakta Menarik Rengasdengklok

Peristiwa Rengasdengklok
Peristiwa Rengasdengklok
Sumber :

VIVA – Rengasdengklok menjadi salah satu tempat bersejarah, saksi perjalanan Bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaannya. Tepat, sehari sebelum hari kemerdekaan, golongan muda melakukan aksi penculikan Soekarno dan Mohammad Hatta ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat. tepatnya pada 16 Agustus 1945 pukul 03.00 WIB.

Perkumpulan dari golongan muda itu terdiri atas Soekarni, Wikana, Aidit, dan Chaerul Saleh. Mereka 'menculik' Soekarno dan Hatta tak lain untuk mendesak mereka agar mendukung Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanpa melalui Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Proklamasi

Proklamasi

Photo :
  • U-Report

Padahal, Soekarno, Hatta, serta tokoh-tokoh lainnya berencana melaksanakan proklamasi melalui PPKI. Golongan muda menganggap PPKI sebagai badan buatan Jepang, sehingga tidak ingin melakukan Proklamasi melalui PPKI.

Akhirnya terjadilah peristiwa penculikan Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok, yang kemudian dikenal dengan nama Peristiwa Rengasdengklok. Nah, lalu fakta apa saja yang ada di dalam peristiwa itu? Berikut ulasan Viva yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jarak yang Jauh dari Jakarta

Peta Kabupaten Karawang

Peta Kabupaten Karawang

Photo :