6 Peristiwa Penting di Bulan Agustus, Pra dan Pasca Hari Kemerdekaan

Ledakan bom atom di Nagasaki
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA Edukasi – Bagi negara Indonesia, bulan Agustus memiliki sejarah tersendiri di mana di dalamnya memiliki peristiwa-peristiwa penting yang tak bisa dilupakan. Selain menjadi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, bulan Agustus juga memiliki peristiwa penting lainnya yang patut kita ketahui.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

Lalu, apa saja peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi di bulan Agustus? Berikut ulasan VIVA yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Bom Atom Hiroshima dan Nagasaki

Siap Investasi di IKN, Pengusaha Malaysia Bakal Bangun Sektor Hunian dan Pendidikan

VIVA Militer: Ledakan Bom Atom Nagasaki dan Hiroshima, Jepang

Photo :
  • History.com

Peristiwa penting pertama yaitu bom atom di Hiroshima pada 6 Agustus 1945. Di tanggal itu Amerika Serikat menjatuhkan bom atom uranium di Hiroshima. Akibat dari peristiwa itu ratusan ribu penduduk Hiroshima menjadi korban jiwa.

Selain Belanda, Ini 6 Negara yang Pernah Menjajah Indonesia, Ada Portugis dan Spanyol

Kemudian, Amerika Serikat Kembali melakukan pengeboman di Jepang, tepatnya di Nagasaki yang terjadi tiga hari setelah pengeboman di Hiroshima hingga menyebabkan sekitar 94 ribu orang menjadi korban jiwa.

Kedua pengeboman ini menjadi salah peristiwa Indonesia untuk menatap kemerdekaannya lebih jelas dan juga mendapatkan secercah harapan.

2. Menyerahnya Jepang Kepada Sekutu

Jepang menyerah kepada Pasukan Sekutu pada 1945

Photo :
  • Wikimedia Commons / US Army

Hal ini berkaitan dengan peristiwa pengeboman di dua kota di Jepang, Hingga mengakibatkan Jepang secara resmi menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945 di kapal USS Missouri. Kekalahan Jepang yang diumumkan oleh Hiroto sebagai Kaisar Jepang itu menjadi akhir dari Perang Dunia II.

3. Pembentukan PPKI dan Pembubaran BPUPKI

Lukisan anggota BPUPKI yang dipajang di Gedung Pancasila.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Para pemuda dan pejuang bangsa Indonesia mempersiapkan proklamasi kemerdekaan setelah mendengar kabar kekalahan Jepang oleh sekutu.

Para pemuda dan tokoh pejuang membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada tanggal 7 Agustus 1945, di tanggal itu pula Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang merupakan bentukan dari Jepang dibubarkan.

4. Peristiwa Rengasdengklok

Peristiwa Rengasdengklok

Photo :

Peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa di mana Soekarno dan Hatta diculik satu hari sebelum hari kemerdekaan Indonesia atau pada tanggal 16 Agustus 1945. Peristiwa ini terjadi berkaitan dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

5. Penetapan Undang-undang Dasar 1945

Bedah Buku Mengapa Kita Harus Kembali ke UUD 45

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Penetapan UUD 1945 ditetapkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Penetapan UUD 1945 dilaksanakan satu hari setelah hari kemerdekaan tepatnya pada tanggal 18 Agustus 1945.

6. Pembentukan KNIP

Presiden Soekarno dengan Yuri Gagarin (paling kiri)

Photo :
  • Twitter Kedubes Rusia di Jakarta

Komite Nasional Indonesia Pusat atau KNIP dibentuk pada tanggal 29 Agustus 1945. Pendiri KNIP terdiri dari para pemuka masyarakat yang berasal dari berbagai daerah dan golongan, termasuk para mantan anggota PPKI.

Nah, itu peristiwa Penting di bulan agustus yang mendorong kemerdekaan Indonesia. bagaimana? sangat menarik yah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya