10 Ayat dan Hadits Tentang Bersyukur, Pedoman Dalam Hidup

Ilustrasi bersyukur.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Edukasi – Ada beragam macam ayat dan hadits tentang bersyukur. Ayat-ayat tersebut dapat dilafazkan sebagai pedoman seseorang bersyukur dalam hidupnya atas suka duka dan nikmat yang diberikan. Sebagai salah satu amalan baik, Allah SWT mengingatkan adanya ayat Alquran tentang bersyukur. Ini menunjukkan bahwa syukur juga sesuatu yang diperintahkan oleh-Nya.

10 Wanita Muslim Tercantik di Dunia, Mereka Menarik dan Menginsipirasi

Bersyukur adalah cara berterima kasih atas semua nikmat yang Allah SWT berikan kepada seluruh manusia, khususnya kepada umat muslim.

Banyak manusia yang lupa untuk mensyukuri pemberian Allah SWT. Mereka mengira semua kenikmatan dunia itu adalah jerih payah mereka. Padahal kenikmatan itu semua tidak lepas dari campur tangan Allah SWT. Dengan mempelajari hadist tentang bersyukur, diharapkan kita sebagai seorang Muslim mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dilaporkan Atas Dugaan Penistaan Agama, Begini Kata Pendeta Gilbert

1. Surat Ad Duha ayat 11
Wa Ammaa bini;mati rabbika fahaddits

Artinya: Dan terhadap nikmat Rabbmu maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur).

Ritel Fashion China Hadapi Ancaman Boikot di Tengah Tuduhan Eksploitasi Warga Uighur

2. Surat Luqman ayat 12
Wa laqad aataynaa luqmaanal hikmata anisykur lillaahi wa man yasykur fa innamaa yaskuru linafsih, wa man kafara fa innallaaha ghoniyyun hamiiid.

Artinya: Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: "Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji."

3. Surat Ibrahim ayat 7
Wa idz ta adzzana rabbukum lainng syakartum la aziidannakum wala inngkafartum inna 'adzaabii lasyadiiid. 

Artinya: Dan (ingatlah juga), takala Rabbmu memaklumkan:"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."

4. Surat An Nahl ayat 18
Wa idz ta adzzana rabbukum lainng syakartum la aziidannakum wala inngkafartum inna 'adzaabii lasyadiiid. 

Artinya: Dan (ingatlah juga), takala Rabbmu memaklumkan:"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."

5. Surat Al Baqarah ayat 152
Fadzkuruunii adzkurkum wasykuruulii walaa takfuruun

Artinya: Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku

6. Surat Az Zumar ayat 7
Artinya: “Jika kamu kafir maka sesungguhnya Allah tidak memerlukan (iman)mu dan Dia tidak meridhai kekafiran bagi hamba-Nya; dan jika kamu bersyukur, niscaya Dia meridhai bagimu kesyukuranmu itu; dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain.

7. Hadits Riwayat Muslim
Artinya: 

“Seorang mukmin itu sungguh menakjubkan, karena setiap perkaranya itu baik. Namun tidak akan terjadi demikian kecuali pada seorang mu’min sejati. Jika ia mendapat kesenangan, ia bersyukur, dan itu baik baginya. Jika ia tertimpa kesusahan, ia bersabar dan itu baik baginya.

8. Hadits Riwayat Turmudzi
“Barang siapa yang diberikan suatu pemberian dan merasa cukup atas pemberian tersebut, maka hendaklah dia membalasnya. Dan jika dia tak merasa cukup maka hendaklah dia memuji.

Sebab sesungguhnya perbuatan memuji itu merupakan tanda syukur dan barang siapa yang hanya diam saja maka sungguh dia telah kufur.”

9. Hadits Riwayat Abu Dawud
“Jika engkau tidak mampu membalasnya maka doakan dia hingga engkau merasa bahwa engkau telah mensyukuri kebaikan tersebut, karena sesungguhnya Allah SWT sangat cinta kepada orang-orang yang bersyukur.”

10. Hadits Riwayat Thabrani
“Allah berfirman dalam hadis qudsi-Nya: ‘Wahai anak Adam, bahwa selama engkau mengingat Aku, berarti engkau mensyukuri Aku, dan apabila engkau melupakan Aku, berarti engkau telah mendurhakai Aku!’.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya