Biografi Imam Bukhari, Ahli Hadis yang Punya Karya Paling Sahih

Imam Bukhari
Sumber :

VIVA Edukasi –Sebagai umat Muslim, perlu rasanya mengetahui biografi Imam Bukhari yang merupakan ahli hadis yang sudah berkiprah sejak usia remaja. Imam Bukhari merupakan ahli hadis terkenal bersama dengan beberapa imam lainnya, seperti Imam Ahmad, Imam Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasai, dan Ibnu Majah. 

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Imam Bukhari memiliki karya yang paling autentik dari semua karya lain dalam literatur hadis yang disatukan. Sebagaimana disepakati oleh semua ulama, Sahih Al-Bukhari adalah kitab yang paling shahih setelah Alquran.

Imam Bukhari.

Photo :
  • U-Report
Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Setiap orang yang memiliki sedikit pengetahuan tentang Sunnah Nabi pasti pernah menemukan nama Imam Al Bukhari. Nama lengkapnya adalah Abu Abdullah Mohammad bin Ismail bin Ibrahim bin Mughirah bin Bardizbah Al Jufi Al Bukhari. Ia berasal dari Persia dan lahir di Bukhara, Uzbekistan pada tahun 194 Hijriah (809 M). Pada saat itu, Mohammad bin Harun-ur-Rashid adalah Khalifah (6 th Abbasiyah) dunia Muslim. 

Nenek moyang Imam Bukhari adalah Zoroaster dan kakek buyutnya Al Mughirah yang pernah menerima Islam di tangan seseorang dari Suku Al Jufi. Ayah dari Imam Bukhari adalah seorang pengusaha dan dia menghadiri beberapa ceramah Imam Malik ibnu Anas. Namun, ayah Imam Bukhari meninggal pada usia dini dan ia dibesarkan di bawah pengawasan ibunya yang merupakan seorang wanita yang sangat saleh. 

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Diriwayatkan bahwa pada usia yang sangat muda Imam Bukhari hampir kehilangan penglihatannya dan ibunya terus berdoa kepada Allah siang dan malam untuk kesembuhan putranya dan suatu hari penglihatan Imam Bukhari menjadi sempurna.

Mungkin hingga saat ini masih banyak yang bertanya-tanya siapa sosok pemimpin ahli hadis tersebut? Oleh karena tu, berikut ini akan kami bagikan sedikit biografi Al-Bukhari secara singkat dan jelas untuk Anda pahami.

Garis keturunannya

Nama lengkap Imam Bukhari adalah Abu Abdullah Muhammad ibn Ismail ibn Ibrahim Ibn Al-Mughirah ibn Bardizyah Al-Jufri Al-Bukhari . Kakek buyutnya, Al-Mughirah, menetap di Bukhara setelah menerima Islam. Ia lahir pada hari Jumat, 13 Syawal 194 H (21 Juli 810 M) di kota Bukhara (sebuah kota di Uzbekistan sekarang). Ayahnya adalah seorang Alim (Ulama) dan belajar dari sejumlah ulama terkenal termasuk Imam Malik bin Anas. Ayahnya meninggal ketika dia masih bayi dan ibunya mengambil seluruh tanggung jawab membesarkannya.

Memiliki Daya Ingatan yang Kuat

Imam Bukhari

Photo :

Imam Al Bukhari adalah seorang pelajar ilmu sejak usia dini. Dilaporkan bahwa dia menghafal seluruh Quran dalam waktu satu tahun ketika dia baru berusia enam tahun. 

Ketika Imam Bukhari berusia sekitar 10 tahun, ia mengembangkan semangat yang luar biasa terhadap Hadis dan mulai menghafalnya.  Dilaporkan bahwa Imam Bukhari adalah orang dengan ingatan fotografis dan dia hanya perlu membaca buku sekali dan setelah itu, tidak pernah dalam hidupnya, dia perlu melihat ke belakang. 

Perjalanan Imam Bukhari Jadi Ahli Hadis

Pada usia 16 tahun, Imam Bukhari menghafal semua kompilasi utama hadis yang tersedia di Bukhara.  Sekitar tahun 210 Hijriah Imam Bukhari pergi haji bersama ibu dan saudara laki-lakinya. Saat itu, berada di Makkah dan sekitarnya seperti kesempatan seumur hidup bagi para penuntut ilmu. 

Imam Bukhari kemudian memutuskan untuk tinggal di Mekah untuk beberapa waktu dan sebagai hasilnya, ibunya kembali ke Bukhara dengan saudaranya tanpa dia. Imam Bukhari kemudian tinggal selama sekitar enam tahun di Makkah, Madinah, dan Hijaj dan mempelajari hadis dari semua ulama besar pada waktu itu.

Pada usia delapan belas tahun, Imam Bukhari menulis buku pertamanya yang berjudul Ilm-ul-Rijal yaitu Ilmu Manusia. Ini adalah buku 9 volume yang terdiri dari studi/biografi terperinci dari orang-orang yang meriwayatkan Hadis. 

Ini adalah salah satu cabang yang paling rumit di bidang ilmu hadis dan dengan menulis buku ini pada usia dini Imam Bukhari menunjukkan bahwa ia akan memiliki dampak yang besar di bidang studi Islam dan nama serta ketenarannya dimulai. menyebar seperti api. 

Imam Bukhari juga melakukan perjalanan ke Mesir, Suriah, Irak, Harat, Damaskus, dan banyak kota lainnya untuk belajar lebih banyak tentang literatur hadis dari para ulama raksasa dan senior pada masanya. 

Dilaporkan bahwa Imam Bukhari menghabiskan lebih dari tiga puluh tahun berkeliling dunia Muslim untuk memperoleh pengetahuan. Jumlah total gurunya lebih dari 1000.

Pada saat itu Guru Hadis yang hidup dan tak terbantahkan di seluruh umat adalah Imam Ahmad bin Hanbal (wafat pada 241 Hijriah) yang menetap di Bagdad. 

Imam Bukhari sempat belajar di bawah Imam Hanbal, dan ia juga belajar di bawah Abu Bakar bin Abdillah (wafat 219 Hajri), Yahya bin Moyeen (wafat 233 Hijriah), dan Mohammad Ibn Rafi (wafat 245 Hajri) yang semuanya terkemuka. ulama dari generasi mereka.

Menjadi Ahli Hadis saat Delapan Belas Tahun

Karena Imam Bukhari memiliki ingatan fotografis, ia menjadi ahli hadis ketika ia baru berusia delapan belas tahun. Pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya dan luar biasa dari seorang pemuda seperti itu tidak mudah bagi semua orang untuk dengan mudah menelannya. Untuk alasan ini, Imam Bukhari harus menghadapi ujian sementara dan dia, tanpa ragu-ragu, membiarkan ilmunya diuji.

Dalam satu kesempatan seperti itu, sepuluh ulama senior Baghdad memutuskan untuk menguji Imam Bukhari di Masyjeed agung Baghdad di depan umum untuk memastikan kedalaman pengetahuannya. Para ulama sengaja menjaga teks hadits tetap benar tetapi mengubah nama satu atau dua perawi dari rantai perawi dan kemudian membacakan seratus hadits kepada Imam Bukhari.

Setelah mendengarkan mereka, Imam Bukhari mengaku bahwa dia tidak mendengar satupun hadis. Dia kemudian secara instan mengoreksi seratus Hadis dengan isnad yang benar. Semua orang yang hadir di sana benar-benar terpesona untuk mengalami demonstrasi bakat seperti itu. Imam Ahmad ibnu Hanbal mengatakan bahwa dia tidak pernah melihat orang seperti Imam Bukhari dari seluruh provinsi Khorasan. 

Kelebihannya (Daya Ingatan dan Kecerdasannya)

Imam Bukhari memiliki ingatan yang sangat kuat sejak awal dan ingatannya dianggap tidak manusiawi. Pada masa awal menimba ilmu, ia hafal tujuh puluh ribu hadits dan kemudian dalam hidupnya, angka ini mencapai tiga ratus ribu. Saudaranya Rashid bin Ismail menyatakan bahwa di masa kecilnya:

“Imam Bukhari biasa pergi bersama kami ke para ulama Basra untuk mendengarkan Hadis. Kami semua biasa menulis Hadis kecuali Imam Bukhari. Setelah beberapa hari, kami mengutuk Imam Bukhari dengan mengatakan bahwa, Anda telah menyia-nyiakan begitu banyak hari kerja dengan tidak menulis Hadis. Imam Bukhari meminta kami untuk membawa catatan kami kepadanya. Jadi kami semua membawa catatan kami, di mana Imam Bukhari mulai membaca Hadis satu per satu dari atas kepalanya sampai dia meriwayatkan kepada kami lebih dari lima belas ribu Hadis. Mendengar hadits-hadits ini, sepertinya Imam Bukhari sedang mengajari kami semua hadits yang telah kami catat.”

Dia tidak bergantung pada pena dan kertas sebanyak dia mengandalkan ingatannya yang tajam yang merupakan hasil dari karunia kecerdasan dan ingatan yang luar biasa dari Allah kepadanya.

Mohammad bin Azhar Sajistani berkata:

“Saya biasa pergi ke Sulaiman Ibn Harab ditemani oleh Imam Bukhari untuk mendengarkan hadits. Saya biasa menulis hadits tetapi Imam Bukhari tidak. Seseorang berkata kepada saya, 'Mengapa Imam Bukhari tidak mencatat hadits?' Saya katakan kepadanya, 'jika Anda melewatkan hadis apapun secara tertulis, Anda bisa mendapatkannya dari ingatan Imam Bukhari."

Ada satu kejadian luar biasa yang terjadi di Bagdad ketika Imam Bukhari mengunjungi tempat itu. Orang-orang yang telah mendengar banyak pencapaiannya, dan sifat-sifat yang diberikan kepadanya, memutuskan untuk mengujinya sehingga membuatnya membuktikan dirinya kepada mereka.

Untuk melakukan itu mereka memilih seratus Hadis yang berbeda dan mengubah kesaksian dan teks Hadis. Hadis tersebut dibacakan oleh sepuluh orang kepada Imam Bukhari. Ketika Hadis dibacakan, Imam Bukhari menjawab semuanya dengan satu cara, "Tidak sepengetahuan saya." Namun, setelah menyelesaikan semua hadis, ia mengulangi setiap teks dan kesaksian yang telah diubah diikuti dengan teks dan kesaksian yang benar. Itulah kenangan yang luar biasa dari Cendekiawan Hadits yang agung ini.

Kepribadian Imam Bukhari

1. Memori Luar Biasa: Seperti disebutkan dalam poin di atas, Imam Bukhari memiliki daya ingat yang luar biasa.

2. Pantang / Dermawan: Imam ditinggalkan dengan harta yang cukup banyak oleh ayahnya. Namun, karena kedermawanannya, ia menghabiskan semuanya di jalan Allah. Pada akhirnya, dia tidak punya uang yang memaksanya menghabiskan harinya dengan satu atau dua kacang almond.

3. Sederhana dan Rendah Hati: Dia adalah orang yang sederhana. Dia biasa memenuhi kebutuhannya sendiri. Meskipun menjadi pria terhormat, dia selalu menyimpan sedikit pelayan untuk dirinya sendiri.

4. Takut akan Allah: Dia diberkati dengan tingkat kesalehan dan kebenaran tertinggi. Dia takut kepada Allah dalam segala hal yang dia lakukan karena dia diberkati dengan tingkat kesalehan dan kebenaran tertinggi. Dia menjauhkan diri dari fitnah dan kecurigaan dan selalu menghormati hak-hak orang. Dia sangat sopan, toleran dan lembut dan tidak pernah marah ketika dianiaya oleh orang lain. Dia selalu berdoa pengampunan bagi mereka yang menghubungkan kejahatan dengannya. Jika dia perlu mengoreksi seseorang, dia tidak akan pernah mempermalukannya di depan umum.

Guru Imam Bukhari

Dalam berbagai perjalanan negaranya, Imam Bukhari bertemu dengan guru-guru terkemuka yang dapat dipercaya. Dia sendiri mengatakan bahwa dia telah menulis hadis dari 1.080 guru dan semuanya ahli dalam hadis. Melansir dari islamicfinder.org, berikut ini beberapa di antaranya:

1. Ali bin Al-Madini
2. Imam Ahmad bin Hanbal
3. Yahya bin Maeen
4. Mohammad bin Yusuf Al-Firyabi
5. Mohammad bin Yusuf Al-Baykandi
6. Ishaq Ibn Rahwayh, dan masih banyak lainnya.

Murid-murid Imam Bukhari

Jumlah orang yang meriwayatkan hadis dari Imam Bukhari tidak diketahui. Namun menurut beberapa sumber, sekitar 90.000 orang telah mendengar hadis langsung dari Imam Bukhari. Di antara murid-murid Imam al-Bukhari adalah:

1. Muslim bin Hajjaj (terkenal sebagai Imam Muslim)
2. Abu Isa Mohammad Al-Tirmidzi (terkenal sebagai Imam Al-Tirmidzi)
3. Abu Abd-ur-Ra?man Amad ibn Shuaib Al-Nasai (terkenal sebagai Imam Al-Nasai)
4. Abdullah bin Abd-ur-Rahman Al-Darimi
5. Muhammad bin Nashr Al-Marwazi
6. Abu Hatim Ar-Razi
7. Abu Bakar bin Ishaq bin Khuzaimah

Karya Imam Bukhari

Melansir dari laman islamicfinder.org, Imam Bukhari telah menulis banyak buku selama hidupnya. Karyanya tidak hanya dalam disiplin hadis, tetapi juga ilmu-ilmu lain seperti Tafsir, Fiqh, dan Tarikh (Sejarah).

1. Al-Tarikh Al-Kabir
2. Al-Tarikh Al-Shaghir
3. Al-Tarikh Al-Awsa
4. Khalqu Afalad ibad
5. Adz-Dhuafa Ash-Shaghir
6. Al-Adab Al-Mufradlullah Al-Jailani.

Pengusirannya dari Bukhara

Setelah bertahun-tahun, Imam Bukhari kembali ke kampung halamannya Bukhara. Orang-orang kota sangat senang dan menyambutnya dengan semangat dan semangat yang besar. Imam Bukhari mendirikan Madrasah (sekolah) di kota di mana ia menghabiskan banyak waktu mengajar dengan puas.

Karena kejujuran, kebaikan, dan fakta bahwa dia dapat dipercaya, Imam Bukhari biasa menjauhkan diri dari para penguasa waktu itu karena alasan bahwa dia cenderung mengatakan hal-hal yang menyenangkan mereka.

Suatu ketika Gubernur Bukhara, Khalid bin Ahmed, memanggil Imam Bukhari ke rumahnya dan meminta Imam untuk mengajari putranya. Imam Bukhari, menanggapi tawaran itu, menjawab:

“Aku lebih menghormati ilmu daripada manusia, karena merekalah yang membutuhkan ilmu dan merekalah yang harus mencarinya.”

Gubernur berkata:

”Kalau anak saya masuk Madrasah (sekolah) kamu, jangan duduk dengan anak orang biasa. Anda (Imam Bukari) harus mengajarinya secara terpisah."

Imam Bukhori menjawab:

"Saya tidak bisa menghentikan siapa pun dari mendengar Hadis."

Mendengar hal ini, gubernur marah padanya dan memerintahkan Imam Bukhari keluar dari Bukhara. Namun, ia kemudian menetap di Desa Khartang (sekarang dikenal sebagai Hartang) yang berjarak sekitar 30 KM dari Samarkand, Uzbekistan. Setelah kejadian ini dan karena beberapa alasan lain, khalifah Baghdad memberhentikan gubernur Bukhara, Khalid bin Ahmad. Dia diusir dari istananya dengan sangat aib dan aib dan kemudian dijebloskan ke penjara, di mana dia meninggal setelah beberapa hari.

Kematiannya Imam Bukhari

Pengusiran Imam Bukhari dari tanah airnya menyebabkan sakit yang menyakitkan di dalam dirinya. Dia menghabiskan sisa hari-harinya di Khartang, Samarkand. Pada 1 Syawal 256 H (870 M), Imam Al Bukhari wafat pada usia 62 tahun di sebuah Khartang, Samarkand. Makam Imam Bukhari di Khartang, Samarkand.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya