Jenis-jenis Cyberbullying dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi cyberbullying.
Sumber :
  • radicalparenting.com

VIVA Edukasi – Koordinator Bidang Penelitian dan Pengembangan SDM Relawan TIK Ni Luh Putu Ning Septyarini Putri Astawa menerangkan, cyberbullying adalah tindakan agresif dari seseorang atau sekelompok orang terhadap orang lain yang lebih lemah, secara fisik maupun mental dengan menggunakan media digital.

Terpopuler: Akses Media Sosial Tanpa Sentuhan, Harga Ponsel Samsung Semua Tipe

"Bentuk cyberbulliying diantaranya flamming, harassment, denigration, cybertalking, impresonation, dan trickery dan outing," ucap Ni Luh dalam diskusi daring, Kamis, 25 Agustus 2022.

Sedangkan Bidang Komunikasi Publik Relawan TIK I Wayan Adi Karnawa menuturkan, seseorang dapat mencapai kecakapan digital, jika tahu dan paham ragam dan perangkat lunak yang digunakan.

Foto Penampakan Hewan Laut Menyeramkan Ini Sudah Ditonton 12 Juta Kali Dalam Sehari

"Setiap kita diharapkan bisa mengoptimalkan penggunaan perangkat digital utamanya perangkat lunak sebagai fitur proteksi dari serangan siber," ujarnya.

Selain itu, warganet diharapkan mampu menyeleksi dan memverifikasi informasi yang didapatkan serta menggunakannya untuk kebaikan diri sendiri dan sesama. Gunakan gadget sesuai dengan kebutuhan, dan bijak dalam menggunakan sosial media demi kebaikan semuanya.

Seorang Pria Ditangkap Polisi karena Menyebarkan Foto Asusila Siswi SMP di Kota Malang

Kepala Sekolah SMAN 2 Semarapura I Wayan Janiarta berujar dalam cyberbullying atau perundungan yang terdiri dari beberapa kegiatan. Di antaranya, mengganggu, menggertak, menghina, maupun melecehkan dengan menggunakan media internet.

Kegiatan ini biasanya dilakukan secara berulang dapat menyiksa secara psikologis dilakukan dengan tujuan tertentu untuk menjatuhkan seseorang.

"Setiap orang yang dengan sengaja menyebarkan atau melakukan cyberbullying dapat di kenakan pidana sesuai dengan hukum yang berlaku, oleh karena itu setop perilaku cyberbullying dan bullying di lingkungan nyata dalam kehidupan sehari-hari," tambahnya

Kepala Sekolah SMPN 1 Baturiti I Nyoman Suastika mengatakan, perundungan di dunia maya saat ini sering kali terjadi. Ia pun memaparkan beberapa hal yang bisa dilakukan guna menghindari terjadinya perundungan di dunia digital.

"Setting sosial media akun dengan private account, ingat apapun yang di-posting dapat dibagikan, kenali akun palsu, bersihkan kontak pertemanan di sosial media, lindungi identitas diri, blokir siapa saja yang mengganggu," tuturnya.

Hal tersebut disampaikan saat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menyelenggarakan webinar dengan tema "Hentikan Cyber Bullying di Kalangan Pelajar" pada Kamis, 25 Agustus. Webinar ini diikuti oleh lebih dari 900 partisipan kaum muda milenial.

Baca juga: 74 Persen Serangan Cyberbullying Dilakukan Melalui Media Sosial

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya