Inilah Struktur dan Tips Dalam Mengikuti Tes Skolastik

Ilustrasi mengerjakan ujian atau tes
Sumber :
  • Pexels

VIVA Edukasi Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) merubah aturan masuk perguruan tinggi negeri pada tahun 2023. Dengan mengganti tes mata pelajaran menjadi tes skolastik di jalur tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Jika Pramuka Dihapus, Nilai Kenegarawanan Generasi Muda Bisa Terkikis

Tes Bakat Skolastik merupakan tes yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengetahuan, kemampuan dan bakat yang dimiliki seseorang. Tes itu juga mencerminkan tingkat kecerdasan intelektual atau IQ seseorang.

Struktur Tes Bakat Skolastik

DPR Desak Menteri Nadiem Buat Pernyataan Terbuka Soal Pramuka

Ilustrasi mengerjakan ujian atau tes

Photo :
  • Pexels

Pada umumnya Tes Bakat Skolastik memiliki empat jenis soal, yaitu:

Menteri Nadiem Tegaskan Pramuka Tidak Dihapus malahan Wajib

1. Tes Verbal atau Bahasa

Tes ini melatih kemampuan di bidang kata dan juga bahasa. Bagian tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata) dan tes padanan atau menyambung kata. 

2. Tes Numerik atau Angka

Berfungsi mengukur tingkat kemampuan seseorang dalam bidang matematis atau angka. Soal-soal tes numerik menyajikan soal aritmatik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan beberapa tes matematika berisi soal cerita.

3. Tes Logika 

Tujuan tes logika berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang dalam tingkat penalaran serta memecahkan masalah dengan logika. Terdiri dari tes logika umum, tes analisa dari pertanyaan, kesimpulan (silogisme), tes logika bentuk cerita dan tes logika diagram.

4. Tes Spasial atau Gambar

Berfungsi untuk mengukur daya imajinasi. Soal tes spasial berupa tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes mengelompokkan gambar, tes bayangan gambar dan juga tes identifikasi gambar.

Tips Ikut Tes Skolastik

  • Tes Bakat Skolastik banyak ditemukan secara online. Sebaiknya siswa yang ingin melakukan tes skolastik berlatih soal-soal terlebih dahulu sebanyak mungkin. Mulailah patuhi batasan waktu dalam mengerjakannya.
  • Dalam mengerjakan tes numerik atau angka, perlu menggunakan logika untuk memikirkan struktur soal.
  • Kerjakan soal-soal yang lebih mudah terlebih dahulu. Hindari soal-soal yang sulit dikerjakan agar tidak menyita energi dan waktu.
  • Pastikan Tes Bakat Skolastik kondisi fisik dalam keadaan fit. Kerjakan soal dalam keadaan rileks dan tenang.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya