Pengertian Bacaan Basmalah dan 4 Faidahnya

Kalimat basmalah.
Sumber :

VIVA Edukasi – Bacaan Basmalah atau Bismillah adalah bacaan yang dibacakan dalam memulai segala kegiatan yang baik agar mendapat ridha dan berkah dari Allah SWT. Bacaan Bismillah adalah Bismillaahirrahmaanirrahiim yang artinya dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Miris Minat Baca Orang Indonesia Rendah, Cuma 1 dari 1000 Orang yang Suka Baca

Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Segala urusan yang baik tanpa diawali dengan bacaan Basmalah akan hilang berkahnya.”

8 Kiat Meningkatkan Minat Baca pada Anak

 “Bismillahirrahmanirrahim”.

(Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang)

Skor Membaca Indonesia Jeblok, DPR Minta Pemerintah Lakukan Ini

Manfaat Bacaan Bismillah

Berikut manfaat membaca Basmalah berdasarkan buku Dahsyatnya Doa Para Nabi oleh Syamsudin Noor dkk (2008: hlm 272) dan buku 500 Rahasia Islami Pencerah Jiwa oleh Syamsul Rijal Hamid (2013: hlm 312), yaitu antara lain

Membaca Basmalah berkah. Aisyah r.a menuturkan, ketika Rasulullah SAW sedang makan bersama enam sahabatnya, tiba-tiba datang seorang Badui, lalu ia memakan dua suapan. Rasulullah bersabda, “Seandainya ia membaca Basmalah maka cukup baginya.” (HR Tirmidzi)

Tidak ada kalimat yang paling mudah diucapkan dan begitu besar manfaatnya serta bermanfaat selain membaca Basmalah. Allah SWT mencintai seorang hamba-Nya yang selalu menyebut nama-Nya dengan mengucapkan Basmalah dalam kehidupan sehari-hari.

Semua kegiatan dan pekerjaan yang diawali dengan Basmalah akan menimbulkan dampak positif dan menambah keberkahan di dunia dan akhirat.

Kita Harus Belajar membaca Bismillah dalam berbagai keadaan. Seperti dalam memulai aktivitas dalam sehari-hari seperti bangun tidur, makan, minum bekerja, dan lain sebagainya, serta dalam pekerjaan besar seperti tugas kantor, tugas kenegaraan.

Jika kita membaca Basmalah maka Insyaallah pekerjaan-pekerjaan tersebut akan berkah bagi diri, keluarga, bangsa dan negara.

Bacaan Basmalah mencegah setah memasuki rumah. Rasulullah SAW bersabda, “Jika seseorang membaca Basmalah ketika masuk rumahnya dan saat akan makan, maka setan akan berkata kepada sesamanya, 'tidak ada tempat bermalam bagi kalian dan tidak pula tempat makan.' Namun jika tanpa mengucap Basmalah ketika masuk rumah, maka setan berkata kepada sesamanya 'Malam ini kalian dapat tempat bermalam.' Dan jika tidak menyebut Basmalah juga akan makan, setan berkata, 'sekarang kalian dapat tempat bermalam sekaligus makan malam.” (HR Muslim dari Jabir bin Abdullah ra)

Faidah seputar bacaan basmalah :

  1. Allah Ta’ala mengajarkan adab kepada Nabi-Nya untuk menyebutkan nama-nama Allah yang husna, sebelum melakukan suatu (Tafsir Ath Thabary)

“bismillah” adalah bentuk mufrad mudhaf, sehingga lafadz jalalah “Allah” dalam “bismillah” mencakup seluruh nama-nama Allah, dapat kita terjemahkan menjadi: “dengan menyebut seluruh nama-nama Allah yang husna” (Tafsir As Sa’di)

  1. Ar Rahman dan Ar Rahim adalah dua nama Allah, nama Ar Rahman boleh bagi Allah, sedangkan Ar Rahim dapat digunakan untuk nama selain Allah, sebagaimana sebagaimana dalam Al Qur’an Allah menyifati Nabi Shallallahu’alaihi Wasalam dengan Ar Rahim (Tafsir Ibnu Katsir)

Para ulama menyatakan bahwa basmalah adalah termasuk ayat Al Qur’an. Karena memang basmalah terdapat dalam salah satu ayat Al Qur’an,

Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemmurah lagi Maha Penyayang (QS. An Naml: 30)

  1. Apakah basmalah adalah bagian dari Al Fatihah? Terdapat banyak yang sangat kuat diantara para ulama mengenai apakah basmalah itu bagian dari surat Al Fatihah atau bukan. Jumhur berpendapat bukan, sedangkan Syafi’iyyah berpendapat basmalah bagian dari Al Fatihah. Yang rajih adalah pendapat Syafi'iyyah, sebagaimana dalam hadits:

“jika kalian membaca Alhamdulillahi rabbil'aalamiin maka bacalah bismillahir rahmanir rahim, karena ia adalah ummul qur'an, ummul kitab dan 7 rangkaian ayat, dan bismillahir rahmanir rahim salah satunya” (HR. Al Baihaqi dalam Sunan Al Kubra 2181, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al Jami' 729).

Hadits ini secara sharih menyatakan bahwa basmalah merupakan bagian dari Al Fatihah

  1. Apakah basmalah adalah bagian dari setiap surat? Jumhur berpendapat bukan, dan Syafi’iyyah berpendapat basmalah adalah bagian dari setiap surat. Namun para ulama mengatakan bahwa basmalah yang berada di antara dua surat itu adalah kalamullah, sehingga wajib dianggap sebagai bagian dari surat secara umum.

Disarankan membaca basmalah jika membaca awal surat, sedangkan jika membaca dari tengah surat maka tidak disarankan membaca basmalah, hanya membaca ta'awudz.

Sekian penjelasan mengenai Basmalah beserta artinya dan manfaatnya bagi umat Muslim. Teruslah membiasakan diri mengucap Basmalah dalam keseharian kita agar pekerjaan dan kegiatan yang kita lakukan menjadi lebih berkah

Peluncuran Shopee Big Ramadan Sale 2024

Promo Shopee Big Ramadan Sale 2024, Berbagi Berkah Belanja Meriah

Ramadan penuh kebahagiaan di Big Ramadan Sale Shopee Big Ramadan Sale kali ini akan membawa banyak keseruan hingga promo terbesar se-Indonesia selama 39 hari penuh.

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2024