7 Alat Musik Sunda yang Paling Terkenal, No 2 Diklaim Negara Tetangga

Suling
Sumber :
  • Pixabay.com

VIVA Edukasi – Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan budaya, termasuk alat musik tradisionalnya yang sangat melegenda. Salah satu yang cukup populer di masyarakat adalah alat musik Sunda. Suku Sunda yang menjadi mayoritas penduduk di Provinsi Jawa Barat ini ternyata menciptakan beberapa alat musik tradisional yang sangat khas. 

5 Etnis Terbesar di Asia Tenggara, Jawa Menduduki Peringkat Pertama?

Salah satu yang paling populer di kalangan masyarakat adalah angklung yang terbuat dari bambu. Bahkan, kepopuleran alat musik satu ini sudah mendunia. Alat musik ini adalah salah satu warisan budaya yang sudah pasti dibanggakan oleh masyarakat asli Sunda. Untuk mengetahuinya, berikut ulasan selengkapnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Suling

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Suling

Photo :
  • Pixabay.com

Alat musik suling atau seruling ini mungkin salah satu dari berbagai alat musik Sunda yang sudah kamu ketahui. Alat musik satu ini memang selain terkenal sebagai salat satu alat musik tradisional, juga mempunyai variasi lain dari berbagai daerah, dan bahkan dari luar negeri. Suling khas Sunda terbuat dari bambu dengan jenis tamiang. 

Warga Suku Karbi Assam Pecahkan Rekor Dunia: 10 Menit Berjalan di Atas Egrang

Bentuknya juga bisa dikatakan mirip seruling lain dari berbagai daerah, yaitu berbentuk tabung panjang dengan jumlah lubang di bagian badannya. Corong suling juga mempunyai sebuah pita tipis di dekat lubang kecil yang terbuat dari rotan. Cara memainkan alat musik ini hanya perlu ditiup di lubang bagian ujung sembari membuka tutup lubang di sekujur badannya. 

2. Angklung

Angklung di Museum Multikultural di Korea Selatan .

Photo :
  • Dokumentasi KBRI Seoul

Saat membahas jenis alat musik Sunda, hal pertama yang mungkin kamu ingat adalah angklung Sunda. Alat musik ini terbuat dari bambu dan menggunakan alat musik polifonik yang disebut juga dengan alat musik ganda. Angklung adalah alat musik Sunda yang terbuat dari bambu. Cara memainkan angklung adalah dengan menggoyangkannya.

Saat digoyang akan mengeluarkan bunyi yang sangat khas, yaitu bunyi yang dihasilkan dari tumbukan antara potongan bambu bagian dalam dengan potongan bambu. Suara tersebut kemudian menghasilkan nada dengan suara bergetar namun sangat indah. Saking terkenalnya, UNESCO telah memasukkan alat musik angklung sebagai warisan budaya dunia sejak 2010. Dengan cara ini, instrumen angklung juga semakin mengglobal.

3. Calung

Seniman calung Sunda

Photo :
  • Antara/ Jafkhairi

Instrumen calung Sunda juga populer. Calung mirip dengan angklung, namun ada perbedaan antara keduanya saat dimainkan. Mirip dengan angklung, Calung juga merupakan alat musik Sunda yang terbuat dari bambu. Tapi bambu yang dipakai adalah awi wulung atau bambu hitam dan Sebagian calung lain terbuat dari awi temen atau bambu putih. 

Jika angklung dimainkan dengan cara digoyang, maka alat musik calung dimainkan dengan cara ditepuk. Suara indah yang sama dihasilkan dengan memukul batang bambu yang diatur dalam nada instrumen ini. Alat musik Jawa Barat ini juga terbagi menjadi dua jenis yaitu calung rantay dan calung jinjing. Calung jinjing merupakan jenis calung yang berkembang hingga saat ini dan cukup dikenal masyarakat.

4. Kecapi

Kecapi

Photo :
  • Tangkapan layar instagram/yosep.pengrajinkendang

Pertunjukan tembang atau lagu tradisional Sunda biasanya diiringi oleh berbagai alat musik, salah satunya adalah kecapi. Cara memainkan harpa adalah dengan cara dipetik. Instrumen ini dibagi menjadi dua jenis bagian. Yang pertama adalah harpa atau master harpa, yang ukurannya lebih besar dan memiliki 18-20 senar dan digunakan sebagai alat musik untuk memandu musik.

Misalnya, memberikan pengantar untuk menentukan kecepatan. Juga ada Kecapi Rincik atau kecapi untuk anak-anak. Kecapi ini dimainkan sebagai pengiring music dengan mengisi jeda-jeda antar nada dengan frekuensi tinggi. 

5. Kendang

Sandiaga Uno dan perajin kendang Gunung Kidul

Photo :
  • Istimewa

Bahkan, alat musik ini tidak hanya terdapat di Jawa Barat, kendang juga biasa masuk dalam alat musik gamelan di Jawa Tengah. Sebagai alat musik Sunda, kendang sangat umum digunakan sebagai penghibur dalam berbagai pertunjukan dan acara. Biasanya dalam pertunjukan kendang khas Sunda terdapat 3 kendang.

Yang pertama adalah gendang indung, dan ada dua lagi gendang anak yang terdiri dari ketipung dan kutiplak. Setiap jenis gendang juga dibedakan menurut fungsinya, seperti gendang jaipongan, keurseus, gendang kiliningan, gendang tepak tilu, dan lain-lain. Selama ini kendang sangat berguna untuk mengatur tempo, tempo, awal dan akhir sebuah lagu khas Jawa Barat. Cara memainkan alat musik ini juga mudah, yaitu dipukul atau ditampar.

6. Rebab

Rebab

Photo :
  • Tangkapan layar instagram/oscarartunes

Alat musik Sunda lainnya yang perlu kamu ketahui adalah rebab. Alat musik Jawa Barat ini sering disebut lengek, dan pemain yang memainkan rebab disebut ngalengek. Dari sejarahnya, alat musik ini merupakan salah satu alat musik penting yang mengisi melodi dasar nada-nada. Rebab juga berukuran relatif kecil, dengan tubuh membulat dan leher yang cukup panjang.

Di masa lalu, rebab terbuat dari tembaga dan memiliki 3 senar atau senar. Namun, saat ini biola biasanya terbuat dari kayu dan berbentuk seperti busur. Rebab Sunda, tegak, dengan busur. Busur yang digunakan untuk raba lebih melengkung daripada busur yang digunakan pada rebab. Seperti biola, cara memainkan rebab adalah dengan menggeser busur di atas rebab.

7. Tarawangsa

Alat Musik Tarawangsa

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Cara memainkan alat musik tarawangsa adalah dengan menggesernya. Menurut sejarah, Tarawangsa adalah salah satu alat musik Sunda tertua. Alat musik ini tercatat dalam naskah kuno Sewaka Darma abad ke-18. Tarawangsa memiliki dua jalur. Sambil bermain, kamu bisa memainkan salah satu senar sambal memetik dawai satunya untuk menghasilkan harmoni suara. 

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Keempat prajurit TNI yang berasal dari wilayah Sunda telah meniti karir cemerlang dalam dunia militer. Prestasi mereka sangat moncer dengan pangkat jenderal bintang empat

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024