Sederet Fakta 400 Orang Tim Bayangan Nadiem Makarim

Mendikbud Nadiem Makarim
Mendikbud Nadiem Makarim
Sumber :

VIVA Edukasi - Baru-baru ini Menteri Pendidikan, Kebudaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim membeberkan terkait adanya 400 orang yang menjadi tim bayangannya di instansi yang dia pimpin tersebut.

Sontak saja adanya tim bayangan (shadow organization) yang dibuat oleh Nadiem Makarim pun kini menjadi sorotan perhatian publik. Banyak yang menilai jika kehadiran tim bayangan Nadiem Makarim ini nantinya hanya akan memberikan kesan negatif saja, namun Mendikbudristek tersebut langsung menampik hal tersebut dan justru menjelaskan bahwa, dengan kehadiran tim bayangan ini akan memberikan kemajuan pada kementerian yang ia pimpin.

"Itu adalah karena inovasi budaya dalam Kemendikbudristek, ya walaupun mereka vendor, mereka tidak diperlakukan sebagai vendor," ujarnya.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknolog Nadiem Makarim.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknolog Nadiem Makarim.

Photo :
  • vstory

Nadiem pun mengaku, 400 tim bayangan yang dihadirkannya itu merupakan salah satu dari idenya sendiri. Hal ini bertujuan agar bisa diterapkan langsung di berbagai jenjang kedinasan.

Tidak hanya, Nadiem Makarim juga mengungkapkan mengaku salah dalam penyebutan serta penggunaan istilah pada tim bayangannya tersebut. Pasalnya, tim tersebut sejatinya merupakan sebuah vendor yang dapat digunakan layanannya oleh para direktur jenderal (dirjen) Kemendikbudristek.

Di mana dengan adanya tim bayangan ini maka dirjen di Kemendikbudristek bisa memanfaatkan sebaik-baiknya untuk menerapkan kebijakan melalui platform teknologi.