Dulu Tempat Buat Menakut-nakuti, Kini Madrasah Berprestasi

Siswa MIN 1 Kota Malang
Siswa MIN 1 Kota Malang
Sumber :
  • Humas Kemenag RI

VIVA – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Malang saat ini menjadi salah satu madrasah unggulan di Indonesia. MIN 1 Kota Malang kini menampung 1.543 siswa dan memiliki 140 guru serta karyawan.

Setiap tahun, beragam prestasi diraih siswa dan siswi MIN 1 Kota Malang, baik di tingkat regional, nasional, hingga internasional. Tidak heran jika tiap tahun ratusan orang tua mendaftarkan anaknya di sekolah yang terletak di Jalan Bandung ini.

Padahal, dahulu kala MIN 1 Kota Malang kerap menjadi olok-olok atau tempat buat menakut-nakuti. Selain fasilitas dan sarana yang masih belum memadai, juga letak sekolah yang berada di depan kompleks pemakaman umum.

"Karena dulu tempat ini sepi dan belakangnya ada komplek pemakaman yang ada hingga sekarang," kata Kepala MIN 1 Kota Malang, Suyanto saat menerima rombongan Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Kamis 29 September 2022.

"Dulu banyak yang menakut-nakuti kalau masuk ke madrasah sana (MIN 1 Kota Malang) nanti malah 'mandarrusak' (tambah rusak)," lanjut Suyanto menceritakan kembali pelesetan warga setempat terkait MIN 1 Kota Malang tempo dulu.

Suyanto mengungkapkan, MIN 1 Malang mulai berdiri pada tahun 1963. Awalnya hanya menjadi SD tempat praktek calon lulusan PGA 6 Tahun Malang. Di tahun pertamanya, hanya memiliki 5 siswa, 1 orang guru, dan 1 kepala sekolah.

Pada 8 September 1978, berdasarkan SKB 3 Menteri, SD Latihan III direstrukturisasi menjadi MIN Malang 1. Di tahun tersebut MIN Malang 1 sudah memiliki 115 siswa, 6 orang guru dan 1 kepala madrasah.