Ketahui Tanda-tanda KDRT Berdasarkan Masing-masing Jenisnya

Ilustrasi kekerasan terhadap wanita.
Ilustrasi kekerasan terhadap wanita.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Showbiz – Persoalan tentang kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) tengah menjadi sorotan lantaran Lesti Kejora yang melaporkan Rizky Billar atas dugaan KDRT pada baru-baru ini. Pembahasan mengenai KDRT pun mulai banyak dicari dan mungkin banyak yang ingin mengetahui dan memahaminya. Sehingga mungkin kamu ingin mengetahui apa saja tanda-tanda KDRT tersebut.

Pada artikel VIVA sebelumnya yang sudah tayang, juga sudah dijelaskan apa itu KDRT dan apa saja jenis-jenisnya. Sementara, pada kali ini ini akan lebih dibahas mengenai tanda-tanda pada KDRT yang mungkin dialami. 

Tanda-tanda KDRT atau kekerasan dalam rumah tangga

Ilustrasi KDRT

Ilustrasi KDRT

Photo :
  • Pixabay/ ToNic-Pics

Kekerasan dalam rumah tangga bisa bersifat halus dan kompleks, sehingga seseorang yang mengalaminya mungkin tidak yakin yang dialaminya tersebut memenuhi syarat sebagai kekerasan atau tidak.

Kekerasan dalam rumah tangga tak hanya sekadar kekerasan fisik saja. perilaku mengontrol atau mendominasi pun juga bisa dianggap sebagai kekerasan dalam rumah tangga, meskipun tidak menyebabkan cedera fisik. Melansir dari PsychCentral, berikut ini tanda-tanda KDRT pada masing-masing jenisnya. 

1. Tanda-tanda kekerasan dalam hal keuangan