Mengintip Kelas Digital, Salah Satu Program Unggulan MAN 1 Kota Malang

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Malang
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Malang
Sumber :
  • https://man1kotamalang.sch.id/

VIVA – Beragam cara dilakukan sekolah-sekolah dalam mengembangkan bakat dan potensi para siswanya. Salah satunya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Malang yang membuat enam program unggulan untuk meningkatkan prestasi siswa di bidang akademik maupun non akademik.

Tidak heran jika para siswa MAN 1 Kota Malang kerap meraih prestasi bergengsi di tingkat propinsi, nasional, hingga internasional. Di tahun 2022, lima siswa MAN 1 Kota Malang mendapat prestasi tingkat internasional dengan meraih medali emas Lomba Bisnis Saintifik Inasec yang diselenggarakan oleh Sustainable Development Goals (PBB), Center Innovative Learning, United Diversity.

Di tahun 2022 juga, dua siswa MAN 1 Kota Malang mendapat prestasi tingkat nasional dengan meraih medali emas Lomba KTI ISPO Indonesia Science Project Olympiade 2022 dan lima siswa MAN1 Kota Malang meraih medali emas dalam kompetisi LKTI NASPO (National Applied Sciende Project Olympiad).

Pencapaian para siswa ini tidak terlepas dari visi MAN 1 Kota Malang yang ingin mewujudkan madrasah unggulan dalam prestasi, moderat, mandiri, dan berakhlak karimah. Hal ini diungkapkan Kepala MAN 1 Kota Malang, Dr Binti Maqsudah M.Pd saat menerima kunjungan Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Jumat 30 September 2022. 

Program unggulan pertama adalah Kelas digital yang merupakan proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi modern. MAN 1 Kota Malang membuat langkah dalam menghadapi zaman salah satunya yaitu dengan membuat kelas digital yang merupakan sebuah Ruang Kelas belajar.

"Yang berbeda dengan Ruang Kelas pada umumnya ialah Perangkat yang di gunakan untuk Kelas Digital ini adalah Perangkat-perangkat Teknologi Informasi yang bisa mendukung kegiatan belajar mengajar (KBM) serta bisa menjangkau informasi lebih luas lagi dengan sumber yang lebih banyak lagi," kata Binti Maqsudah.

Program unggulan kedua, Desain Produk yang merupakan rangkaian usaha untuk mempelajari dan merencanakan benda pakai yang fungsional, ergonomis dan estetis sehingga menjadi lebih bernilai dan bermanfaat bagi penggunanya.