21 Dosen dari Berbagai Perguruan Tinggi Magang di IPB University

21 Dosen Berbagai Perguruan Tinggi Magang di IPB University
Sumber :
  • Biro Komunikasi IPB University

VIVA Edukasi – Sebanyak 21 dosen magang diterima secara resmi oleh Rektor IPB University Prof Arif Satria di Ruang Sidang Senat Akademik, Kampus Dramaga, Bogor, Rabu (4/10).

Prof Arif Satria dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada peserta dosen magang yang akan berada di IPB University hingga bulan November mendatang. Ia juga memberikan motivasi pentingnya berkarya dan selalu belajar di mana pun. Berhenti belajar merupakan awal dari kehancuran. “If stop learning you start dying,” ucap Prof Arif Satria dalam keterangannya yang diterima VIVA, Jakarta, Minggu (9/10).

Awal Mula Dosen Untan Diduga Joki Nilai Mahasiswa S2: Tak Pernah Kuliah Tapi Ada Nilainya


Rektor menyarankan kepada para dosen magang untuk jalan-jalan dan melihat hal lain fasilitas yang ada di IPB University, seperti Agribusiness dan Technology Park (ATP), Tempat Pengolahan Sampah 'Taman Semangat’, Science Techno Park (STP), Integrated Service Center (ISC). Hal itu agar menjadi benchmark dan sumber inspirasi.

21 Dosen Berbagai Perguruan Tinggi Magang di IPB University

Photo :
  • Biro Komunikasi IPB University
Dugaan Adanya Dosen jadi Joki Mahasiswa S2, FISIP Untan Bikin Tim Investigasi


Rektor UMSU Serahkan Insentif Publikasi Ilmiah Dosen Sebesar Rp3,5 Miliar
Terkait sejarah program magang dosen, Prof Drajat Martianto, Wakil Rektor IPB University bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan menjelaskan, program ini telah berjalan puluhan tahun. IPB University bersama perguruan tinggi (PT) lain seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya mendapat tugas menjadi pembina dosen-dosen muda terkait manajemen di perguruan tinggi.

“Perguruan tinggi pembina merupakan mereka yang mempunyai track record panjang agar dapat dipelajari apa saja tantangan yang dihadapi dan keberhasilannya. IPB University meski dalam bidang sangat spesifik, sisi program studi tidak kalah jauh dengan perguruan tinggi lain yang memiliki beragam fakultas, dengan jumlah mahasiswa yang lebih besar. Banyak achievement yang didapatkan, ada perjuangan strategi yang disusun dan diterapkan,” ujar Prof Drajat.
 
Prof Drajat menambahkan, dari alumni dosen magang yang telah berjalan ada yang saat ini telah menduduki posisi penting di PT asalnya. “Kita inginkan ada proses pembelajaran, bagaimana senior dosen IPB University banyak membangun kerjasama, paling tidak pengalaman dalam membuka komunikasi dengan pihak lain, bagaimana mengembangkan kerjasama,” sebutnya.
 
Prof Agus Purwito, Wakil Rektor IPB University bidang Sumberdaya dan Perencanaan dan Keuangan mengajak para peserta dosen magang untuk mempelajari dan mengeksplorasi berbagai hal yang diperlukan terkait pelaksanaan tridarma, kurikulum 2020 dan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di IPB University.

“Bersama dosen pembina, ketua departemen, para dosen magang juga bisa mempelajari bagaimana pengelolaan laboratorium dan bisa ikut serta dalam program pengajaran, membuat bahan ajar dan proposal penelitian. Manfaatkanlah waktu di IPB sebaik-baiknya", ucapnya.
 
Sementara, Direktur Sumberdaya Manusia (SDM) IPB University, Dr Heti Mulyati menyampaikan, tujuan program ini antara lain adalah dapat memperluas wawasan dosen tentang pelaksanaan tridarma. Selain itu, peserta program diberi wawasan pengalaman dalam pengelolaan perguruan tinggi, kerjasama dengan mitra, juga dalam mengadopsi kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), khususnya MBKM.
Gedung Kampus UNU Gorontalo. (Foto: UNU Gorontalo).

Rektor UNU Gorontalo Diduga Lecehkan 12 Mahasiswi, Dosen dan Staf di Kampus

"Untuk sejauh ini, sudah ada 12 orang yang telah melaporkan (Rektor UNU). Mereka masing-masing mahasiswi, staf hingga dosen. Pelaporan itu dilayangkan ke pihak LLDIKTI."

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024