Batas Waktu Sholat Dzuhur Sesuai Hadits Rasulullah SAW

Shalat Jumat Dibawah Guyuran Hujan di Monas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA Edukasi – Mengetahui batas waktu sholat merupakan hal penting yang perlu diperhatikan umat Muslim. Sebab dengan mengetahui batas waktu sholat, seorang Muslim dapat memanajemen waktu untuk menunaikan kewajiban sholat agar tidak terlambat.

Fakta-fakta Jamaah Aolia yang Colong Start Rayakan Idul Fitri

Dalam beberapa hadits Rasulullah mengatakan, Allah sangat mencintai-orang-orang yang melaksanakan sholat tepat pada waktunya dan Allah berjanji akan memberi kebaikan bagi orang yang sholat tepat waktu.

Shalat Jumat Dibawah Guyuran Hujan di Monas

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
Klarifikasi Pimpinan Jemaah Aolia, Lebaran Lebih Dulu Karena Sudah Telepon Allah

Allah tidak akan pernah mengingkari janji kepada hamba-hamba-nya. Maka dari itu, menyegerakan sholat pada awal waktu adalah salah satu cara bagi seorang Muslim untuk mendapatkan kebaikan.

Batas Waktu Sholat dzuhur

Cinta Nangis Dimarahi Uya Kuya Karena Gak Salat Tarawih: Kalo Papa Mama Meninggal yang Doain Siapa?

Dalam artikel ini, secara khusus VIVA akan membahas mengenai batas waktu sholat dzuhur. Seperti sholat fardu yang lain, sholat dzuhur tentunya mempunyai batasan waktu yang harus menjadi acuan.

Sholat dzuhur dilaksanakan pada siang hari atau di zaman sebelum adanya jam, orang-orang menandakan masuk waktu dzuhur saat matahari mulai condong ke arah Barat sampai bayangan suatu benda menjadi sama panjang dengan benda tersebut.

Semenjak munculnya jam, Para ahli fiqih memperkirakan waktu ini terjadi pada pukul 12.00 sampai pukul 15.00 siang.  

Batas waktu dzuhur sesuai hadits Rasulullah SAW

Seperti dikutip dari beberapa sumber, bicara soal waktu sholat, hal ini sebelumnya telah disampaikan Rasulullah melalui hadits yang diriwayatkan Abu Daud, bersanad (bersambung) dari Ibnu Abbas bersanad Rasulullah SAW.

Rasulullah bersabda: “Saya telah dijadikan imam oleh Jibril di Baitullah dua kali, maka ia sholat bersama saya. Sholat dhuhur ketika tergelincir matahari, sholat ashar ketika bayang-bayang sesuatu menyamainya, sholat maghrib ketika terbenam matahari, sholat isya ketika terbenam syafaq (mega merah), dan sholat subuh ketika fajar bercahaya.” (HR. Abu Daud)

Shalat Jumat di Masjidil Haram

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hani Sofia

Waktu sholat berubah ubah

Apakah kita pernah terkejut saat mengetahui waktu sholat sedikit lebih maju atau bahkan sedikit lebih lama dari waktu sebelumnya? Tentu hal ini tidak bisa dipisahkan dari pembahasan mengenai batas waktu sholat.

Contoh, biasanya waktu dzuhur pukul 12.00 WIB. Namun, beberapa hari kemudian waktu dzuhur jatuh pada seperempat atau bahkan setengah jam lebih awal atau lebih lama dari biasanya.

Lalu fakto apa yang mempengaruhi perubahan waktu sholat tersebut?

Suasana Shalat Jumat di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi.

Photo :
  • MCH 2022

Faktor tersebut dikarenakan perubahan masa siang dan malam di setiap tahun tidak tetap. Biasanya siang lebih panjang (lebih dari 12 jam), atau siang lebih pendek (kurang dari 12 jam) dan sebaliknya dengan malam. faktor inilah yang menyebabkan perubahan waktu pada jadwal sholat.

Hal ini terjadi karena, rotasi bumi tidak selalu tegak lurus saat mengitari matahari, melainkan mengitari matahari dengan poros miring membentuk sudut 23,5 derajat. Sudut tersebut diukur dari garis imajiner khatulistiwa. Hal inilah yang menjadikan perbedaan masa waktu siang dan malam dalam satu tahun.

Keutamaan sholat lima waktu

Lebih lanjut, jika melihat hadist yang diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

"Ceritakanlah kepadaku seandainya ada sebuah sungai membentang di depan rumah seseorang di antara kalian. Lalu ia mandi di sungai itu setiap hari sebanyak lima kali. Apakah masih tersisa suatu kotoran yang melekat pada tubuhnya?” tanya Rasulullah

Sahabat menjawab, “Tentu tidak ada satu kotoran pun yang tersisa pada tubuhnya.”

Kemudian Rasulullah bersabda, “Demikian perumpamaan sholat lima waktu. Allah menghapus segala dosa dengan sholat lima waktu tersebut.” (HR. Lima Ahli Hadist, Kecuali Abu Daud)

Hadits tersebut menjelaskan bahwa shalat lima waktu dalam sehari diumpamakan dengan mandi sebanyak lima kali, sehingga tubuh selalu dalam keadaan bersih. Sama halnya jika mengerjakan shalat lima waktu dengan tepat waktu, amalan itu dapat menjadi penghapus dosa secara terus menerus.

Jamaah Aolia sholat Idul Fitri hari ini

Top Trending: Pengakuan Ketua Jemaah Aolia Telepon Allah hingga Respon BEM UI

Baru-baru ini berita soal jemaah Aolia sedang jadi sorotan. Sebab, ketua jemaah Aolia mengaku sudah menelepon Allah ketika memutuskan Idul Fitri lebih dahulu.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024