Fakultas Kedokteran Siap Dibuka, IPB University Gelar Workshop dengan FK Unpad

IPB University menggelar Workshop Tutor Training bekerjasama dengan FK Unpad
Sumber :
  • Biro Komunikasi IPB University

VIVA Edukasi – IPB University menggelar Workshop Tutor Training bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran untuk mempersiapkan pembukaan Fakultas Kedokteran di IPB. Acara ini digelar di IPB International Convention Center (IICC) selama dua hari berturut-turut, Sabtu-Minggu (08-09/10).

“Hadir sejumlah dosen dari Fakultas Kedokteran IPB University dan fakultas/sekolah lainnya yang terkait, para klinisi dari RSUD Cibinong, dan RSUD Kota Bogor yang terlibat dalam kegiatan ini,” ujar Pjs Dekan FK IPB University, Prof Dr drh Srihadi Agungpriyono dalam keterangannya yang diterima VIVA, Jakarta, Rabu (12/10).

Membuka Peluang Baru, Workshop Daring Maluku-Papua untuk Pendidikan Digital

IPB University, Bogor

Photo :
  • vstory

Dikatakannya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan insights terkait perubahan cara pembelajaran dari teacher-centered menjadi student-centered. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan dosen Fakultas Kedokteran untuk menjadi fasilitator pada proses belajar mengajar di Fakultas Kedokteran IPB yang akan menerapkan Transformative Learning PBL.

“Para dosen diharapkan dapat membuat suasana yang kondusif dan nyaman pada kegiatan pembelajaran dan dapat memicu diskusi yang baik antar mahasiswa. Dengan demikian, mahasiswa kedokteran ke depannya akan menjadi pembelajar yang memiliki pola pikir kritis dan inovatif,” imbuhnya.

Kegiatan workshop ini diawali dengan pemaparan materi mengenai Problem Based Learning oleh Prof Dr.med. Tri Hanggono Achmad dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Dalam pemaparannya, ia menyampaikan mengenai perubahan cara pembelajaran dari waktu ke waktu. Mulai dari informative learning, formative learning, hingga transformative learning.

Selain itu, turut disampaikan terkait karakteristik proses Problem Based Learning, struktur penyelesaian masalah pada kegiatan tutorial, serta bagaimana melakukan design thinking.

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan role play, di mana peserta workshop diminta untuk menjadi pengajar/ tutor pada sebuah diskusi dengan skenario tertentu yang diikuti oleh beberapa mahasiswa Program Pendidikan Dokter Hewan dari Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis.

Perdana Jajal Action di Film Horor Marni The Story of Wewe Gombel, Frislly Herlind Rasakan Hal Ini

Kegiatan tutor training berjalan lancar. Para mahasiswa menanggapi positif kegiatan pembelajaran seperti ini, karena memicu pola berpikir dengan memanfaatkan informasi valid dari berbagai sumber berbasis internet. 

Sosok pemimpin Masjid Aolia, KH Raden Ibnu Hajar Sholeh Pranolo (Mbah Benu)

Pimpinan Jemaah Aolia Ternyata Sempat Kuliah di Fakultas Kedokteran UGM

Pemimpin Masjid Aolia, KH Raden Ibnu Hajar Sholeh Pranolo atau acap disapa Mbah Benu sempat mengenyam pendidikan di Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada (UGM).

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024