Penjelasan Surat Keterangan Penghasilan dan 5 Komponen Isinya

ilustrasi multitasking/bekerja
Sumber :
  • freepik/Drazen Zigic

VIVA Edukasi – Surat keterangan penghasilan yang biasa disingkat SKP termasuk ke dalam salah satu jenis dokumen resmi. Surat keterangan penghasilan merupakan surat resmi yang diterima seseorang. Dokumen ini dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan administrasi dalam mengurus suatu keperluan.

Ketua MPR: Potongan Gaji untuk Tapera Memberatkan Pekerja

Keperluan ini tentu beragam. Namun, hal yang berkenaan dengan surat keterangan penghasilan ini membutuhkan data yang valid mengenai kesanggupan pembuat surat dalam memenuhi tanggung jawab dari keperluan tersebut.

Ilustrasi perempuan bekerja

Photo :
  • Times of India
Mau Tambah Penghasilan? Ini 5 Aplikasi Survei Penghasil Uang

Misalnya saja, surat keterangan penghasilan menjadi gambaran bagi perusahaan mengenai kesanggupanmu saat hendak membeli motor secara kredit. Tentu penghasilan kamu harus dianggap cukup agar mampu membayar tagihan per bulannya.

Atau ketika seorang anak ingin mendapatkan beasiswa bagi anak berprestasi namun dari kalangan menengah ke bawah. Ia pasti akan diminta untuk melengkapi persyaratan. Salah satunya adalah surat keterangan penghasilan orang tua.

Zonk! Kerja Capek-capek 2 Artis China Ini Belum Terima Honor Selama 7 Tahun

Tentu saja, dari sisi yayasan pemberi beasiswa, mereka perlu tahu bahwa beasiswa ini harus diberikan pada orang yang benar-benar membutuhkan. Yakni hanya diberikan pada anak dengan orang tua yang penghasilan bulanannya rendah. Itu menjelaskan mengapa surat keterangan penghasilan orang tua menjadi syarat pengajuannya.

Nah, untuk lebih tau mengenal Surat Keterangan Penhasilan, berikut Viva rangkumkan lebih dalam lagi mengenai perbedaannya dengan slip gaji, fungsi dan komponen apa saja yang harus ada di dalam Surat Keterangan Penhasilan.

Perbedaan Surat Keterangan Penghasilan dengan Slip Gaji

Contoh slip gaji

Photo :
  • Istimewa

Perbedaan utama antara surat keterangan penghasilan dan slip gaji ada pada konten atau isi informasi di dalamnya. Surat penghasilan dibuat lebih formal dan menyertakan alasan atau legitimasi dari pembuatan surat tersebut.

Contoh bukti formalnya adalah menampilkan kop surat perusahaan atau lembaga pemerintahan yang lokasinya. Dari segi rincian penghasilan yang dicantumkan, slip gaji sebenarnya lebih sederhana. Menyerupai struk belanja. Namun dalam slip gaji, rinciannya lebih detail dibandingkan dengan surat penghasilan.

Slip gaji, rincian tambahan seperti potongan gaji, biaya lembur (lembur), dan bonus yang dikeluarkan saat dikeluarkannya slip gaji tersebut. Sedangkan di surat keterangan penghasilan, informasi mengenai gaji hanya berupa nominal gaji pokok dan tunjangan (makan, transportasi, dll) Semoga kamu tak lagi bingung dalam membedakannya, ya

Surat Keterangan Penghasilan Digunakan Untuk Apa?

ilustrasi multitasking/bekerja

Photo :
  • freepik/wayhomestudio

Viva coba merangkum beberapa keperluan yang membutuhkan surat keterangan penghasilan. Kamu bisa mengecek surat seperti apa yang dibutuhkan untuk berbagai keperluan.

1. Melamar Pekerjaan

Walau tidak semua, ada beberapa perusahaan yang ingin melihat rekam jejak karir di perusahaan sebelumnya. Perusahaan baru ini menggunakan dokumen tersebut untuk mengestimasi besaran gaji yang mungkin diinginkan oleh karyawannya. Tak heran jika mereka meminta calon karyawannya untuk menyertakan surat keterangan penghasilan ketika wawancara.

2. Pengajuan Beasiswa

Berkenaan dengan beasiswa, surat keterangan penghasilan ini ditujukan sebagai syarat pengajuannya. Tujuan agar yayasan/badan penyedia beasiswa dapat memanfaatkan kemampuan orang tua dari anak yang melamar beasiswa tersebut.

Ilustrasi lamaran kerja.

Photo :
  • U-Report

3. Klaim Dana Jaminan Hari Tua

BPJS Ketenagakerjaan menyaratkan pembuatan surat untuk mencairkan dana jaminan hari tua penghasilan (JHT). Pencairan dana ini bisa diambil setelah pensiun atau bahkan saat kamu masih aktif bekerja. Jika masih aktif, surat penghasilan ini dapat digunakan untuk mencairkan maksimal 30% dari dana. Namun tetap ada ketentuan dan syarat lainnya yang berlaku.

4. Membuat Visa

Ya, kamu akan dimintai surat keterangan penghasilan jika ingin mengajukan visa. Apalagi jika negara tujuanmu adalah negara-negara maju.

Surat ini dibutuhkan negara untuk mengetahui seberapa “aman” kamu jika berada di luar negeri. Asumsinya, jika penghasilan dan tabunganmu cukup, kamu akan dianggap bertahan hidup selama di luar negara asal.

5. Pengajuan Pinjaman atau Kredit

Pihak bank atau pihak terkait membutuhkan gambaran seberapa besar “mampu” kamu untuk membayar kredit setiap bulannya. Karena alasan itu, surat keterangan penghasilan dibutuhkan sebagai dokumen resmi yang memvalidasi kemampuan kamu dalam pinjaman sesuai dengan tenggat waktu yang telah disepakati.

Komponen di dalam Surat Keterangan Penghasilan

Ilustrasi bekerja

Photo :
  • Pixabay

Ada beberapa komponen yang harus dicantumkan oleh pembuat surat keterangan penghasilan. Dengan melengkapi setiap komponen ini, surat keterangan penghasilan dianggap sah dan dapat digunakan.

Terdapat Rincian Gaji Karyawan

Namanya juga surat keterangan penghasilan. Karenanya, komponen utama dari surat resmi ini adalah penghasilan nominal (gaji, honor, dan sejenisnya) disertai rinciannya yang rutin diterima setiap bulannya. Yang dimaksud adalah besaran gaji pokok dan tunjangan. Tunjangan bisa berupa uang makan, transportasi, dan sebagainya.

Disahkan oleh Pihak Berwenang

Pengesahan surat keterangan penghasilan dilakukan oleh divisi yang berada di dalam perusahaan, jika kamu adalah karyawan perusahaan. Pengesahan ini berbentuk pencantuman nama, tanda tangan, serta stempel. Misalnya oleh kepala personalia, manajer keuangan, atau pimpinan perusahaan.

Namun jika kamu bukan karyawan perusahaan, pengesahan dilakukan oleh instansi pemerintahan yang bersangkutan (RT, RW, lurah, dan sebagainya.)

Lalu, bagaimana jika posisi kamu adalah direktur perusahaan? Ya, tetap saja surat keterangan penghasilan seorang direktur dibuatkan, ditandatangani, serta distempel oleh bagian personalia.

Ilustrasi surat referensi kerja

Photo :

Menggunakan Kop Surat

Walaupun tidak semua surat keterangan memiliki penghasilan, namun adanya kop surat atau kepala surat membuat surat penghasilan menjadi lebih kuat. Jika dikeluarkan perusahaan, pastikan surat tersebut menggunakan kop surat perusahaan yang lengkap dengan logo, alamat, dan kontak perusahaan.

Begitupun yang dikeluarkan oleh instansi pemerintahan. Kamu berhak meminta ketika proses pencetakan kepada pihak yang disimpan.

Mencantumkan Identitas Pembuat Surat

Penting untuk menuliskan nama dan alamat yang sesuai dengan KTP membuat surat keterangan penghasilan. Lengkapi dengan jabatan jika kamu merupakan salah satu karyawan dalam perusahaan. Namun jika kamu adalah wirausaha, selain identitas diri pada umumnya, pelakunya juga memiliki jenis usaha dan nama usaha yang kamu geluti.

Tujuan Pembuatan Surat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ada ragam tujuan yang dibuatnya surat keterangan penghasilan. Karenanya, penting untuk menjelaskan maksud dan tujuan dari surat tersebut. Misalnya untuk pengajuan visa, pengajuan KPR, dan maksud lainnya. Dengan demikian surat keterangan penghasilan yang kamu buat benar-benar spesifik penggunaannya.

Jika surat penghasilan yang kamu buat dengan memuat komponen-komponen di atas, maka surat tersebut dapat segera digunakan ya.

Kantor BUMD Manggarai, PT. Manggarai Multi Investasi (MMI)

Skandal BUMD Manggarai, Uang Dipinjam Direksi hingga Tak Sanggup Bayar Gaji Karyawan

Jaksa Manggarai Usut Skandal Keuangan BUMD, Bisnisnya Tekor Miliaran Rupiah Hingga Tak Sanggup Menggaji Karyawan.

img_title
VIVA.co.id
29 Mei 2024