Kemendikbudristek: Perguruan Tinggi Jangan Sembrono Keluarkan Ijazah

Ilustrasi ijazah
Sumber :
  • SMA Budi Utomo

VIVA Edukasi – Direktur Jenderal Dikti Kemendikbudristek Prof Nizam DIC PhD berpesan agar perguruan tinggi tidak sembrono mengeluarkan ijazah.

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

Hal itu disampaikan Nizam dalam sambutannya secara virtual pada pengukuhan Pengurus Pusat Aliansi Penyelenggara Perguruan Tinggi (Apperti) 2022-2026 di Makassar, Sabtu (5/11).

"Perguruan tinggi harus memastikan mahasiswa betul-betul mendapatkan kompetensi dan nilai tambah sehingga mudah terserap dalam dunia kerja," ujarnya.

Untuk itu, dirinya pada kesempatan tersebut mengingatkan kepada perguruan tinggi agar jangan sampai justru mencederai dunia pendidikan dengan melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan aturan.

Di antaranya, sambung dia, jangan sampai ada perguruan tinggi yang dengan yang sembrono mengeluarkan ijazah, melawan proses pendidikan, memanipulasi daftar mahasiswa yang justru ujung-ujungnya akan mencederai kampus itu sendiri.

"Maka dari itu, kami mendorong Apperti harus terus menjaga kualitas pendidikan, memberikan kompetensi dan nilai tambah sehingga mendapatkan lulusan sesuai kebutuhan," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Nizam juga mengakui peran penting perguruan tinggi untuk menampilkan lulusan SMA SMK dan Aliyah. Namun tentunya kembali sejauh mana perguruan tinggi itu memberikan manfaat bagi masyarakat. (ANTARA)

 

Ketua Kwarnas Pramuka Komjen Pol. (Purn) Budi Waseso

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Permendikbud No 12 Tahun 2024 yang menghapus Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib sekolah dicurigai merupakan upaya terselubung untuk melemahkan kepemimpinan Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024