Alumni Universitas Terbuka Majene Diminta Turut Andil Pembangunan Sulbar

Universitas Terbuka
Sumber :
  • Twitter@Universitas Terbuka

VIVA EdukasiAlumni Universitas Terbuka Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) diminta mengembangkan inovasi teknologi dalam berkontribusi bagi pembangunan daerah di Sulawesi Barat (Sulbar).

"Universitas Terbuka diminta untuk turut andil membangun Sulbar," kata Rektor Universitas Al Asy'ariah Mandar (Unasman), Dr Chudriah Sahabuddin, pada saat melakukan orasi ilmiah pada acara wisuda mahasiswa Universitas Terbuka di Majene, Minggu (6/11).

Mahasiswa UT Jambi Diinjak Diduga Masalah Asmara, Dua Pelaku Ditangkap

Rektor Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman), Dr Chudriah Sahabuddin

Photo :
  • antara

Mahasiswa UT Jambi Nyaris Tewas Dikeroyok, Ibu Kandung Tuntut Keadilan

Universitas Terbuka Kabupaten Majene berhasil meluluskan 420 orang alumninya tahun ini, wisuda Universitas Terbuka Majene berlangsung di aula Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Majene.
Kepala Diinjak di Aspal Berulang Kali, Mahasiswa Universitas Terbuka Jambi Kritis di Rumah Sakit


Rektor Unasman itu mengatakan bahwa komponen utama Era Industri 5.0 adalah manusia yang mampu menciptakan nilai baru melalui perkembangan teknologi.

"Dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) bidang pendidikan terdapat lima hal penting yaitu, profesionalitas, daya kompetitif, kompetensi, fungsional, keunggulan partisipatif, dan kerja sama, " katanya.

Ilustrasi lulusan sarjana.

Photo :
  • U-Report

Ia mengatakan, terobosan kebijakan pendidikan baru yang disebut dengan "Merdeka Belajar" telah digulirkan pada akhir tahun 2019 oleh pemerintah dan terobosan tersebut telah merubah wajah pendidikan di Indonesia.

"Merdeka Belajar merupakan kebebasan memilih secara bertanggung jawab disertai motivasi, kepercayaan diri untuk memperoleh berbagai informasi, pengetahuan, keterampilan, pengalaman reflektif dan evaluatif," katanya.

Menurut dia, pada masa Revolusi Industri 4.0 dunia pendidikan mengalami perubahan tren pembelajaran yang berbanding lurus dengan perkembangan teknologi, yang dikenal dengan Pendidikan 4.0.

"Dan Universitas Terbuka memiliki peranan penting sebagai Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PJJ) yang sudah menerapkan metode e-learning, jauh sebelum era pembelajaran Daring diterapkan oleh sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia," katanya.

Ilustrasi sarjana.

Photo :
  • U-Report


Ia menyampaikan, Universitas Terbuka sebagai pelopor pendidikan 4.0 yang menggunakan e-learning sebagai pilar utama”.

Sehingga lanjutnya, peran dunia pendidikan harus terus mampu dalam menghadapi tantangan jaman, dan pelaku pendidikan dengan konsep Merdeka Belajar, harus siap memasuki era industri 5.0.

"Universitas Terbuka yang telah memiliki banyak alumni dan menjadi pelopor pendidikan 4,0 diminta berkontribusi secara nyata membangun daerah dengan mengembangkan teknologi dari hasil pendidikan yang didapatkan dibangku kuliah," katanya. (ANTARA)
Universitas Katolik Atma Jaya

Mengintip 7 Fakta Menarik Prodi Manajemen Universitas Atma Jaya

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) diketahui memiliki beragam program studi unggulan. Salah satunya adalah Program Studi (Prodi) Manajemen.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024