Tak Usah Pusing, 8 Cara Ini Bisa Mengembangkan Bahasa Inggris Anak Sedini Mungkin

Metode pembelajaran anak.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA Edukasi – Dalam proses belajar bahasa Inggris pada dasarnya lebih mudah seseorang belajar sejak usianya masih dini. Penggunaan Bahasa Inggris saat ini sangat dibutuhkan karena selain digunakan sebagai Bahasa internasional juga dapat memudahkan masyarakat berkomunikasi.

Orang Tua Pratama Arhan Langsung Sholat Dhuha dan Doakan Indonesia ke Final

Orang tua perlu tahu dalam mengajarkan bahasa inggris pada anak usia sedini mungkin dengan cara yang mudah dan tentu saja efektif, karena cara mengajarkan ke anak kecil tentu memiliki perbedaan dengan mengajarkan orang dewasa.

Bahasa inggris

Photo :
Tantrum Anak Bukan Hal Seram! Ini Rahasia Mengatasinya dengan Bijak

Nah, kali ini Viva akan mengulas bagaimana cara yang mudah dan efektif dalam mengembangkan kemampuan bahasa Inggris anak kecil sedini mungkin.

1. Mulailah dengan Hal yang Mudah

Sekolah Ini Singkirkan 300-an Buku yang Memuat Konten LGBT

Sekolah.mu Sediakan Kelas Bahasa Inggris Daring

Photo :
  • sekolah.mu

Jika anak kamu masih terlalu kecil ajarilah hal-hal yang mudah terlebih dahulu untuk permulaan, misalnya Mengajarkan kosa kata-kosa kata yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya kosa kata bahasa inggris tentang nama-nama hewan, nama-nama buah- buahan, nama tempat dalam rumah maupun alat-alat rumah tangga.

2. Jangan Paksakan Belajar terlalu Keras kepada Anak

Kunci untuk membentuk anak yang cerdas dan pintar harus menghindarkan belajar dengan keras kepada anak untuk memahami sesuatu.

Belajar Bahasa Inggris.

Photo :
  • www.wanderingeducators.com

Hal yang perlu dilakukan adalah mendidiknya secara konsisten, apa saja yang disukai oleh anak, misalnya ketika anak tertarik dengan sesuatu hal yang baru, maka iringi sesuatu yang dia sukai dengan mengajarkan bahasa inggris.

3. Jangan Gunakan Grammar

Nama-nama hari dalam Bahasa Inggris

Photo :
  • pixabay

Dalam belajar bahasa inggris pada usia dini, struktur tata bahasa atau tenses belum sangat penting, yang lebih penting adalah bagaimana si anak bisa hafal dan tahu nama-nama atau arti dari kosa kata-kosa kata bahasa inggris saja.

Sedangkan untuk tenses sebenarnya anak kecil hanya akan megikuti kebiasaan-kebiasaan yang sering diucapkan saja, jadi fokuskan pelajaran sesuai kira2 kemampuan otak anak sesuai perkembangannya.

4. Berikan Visualisasi Pembelajaran

Ilustrasi ajak anak belajar.

Photo :
  • U-Report

Anak kecil akan lebih mudah mengingat apapun jika divisualisasikan, misal ketika kita menyebut nama benda, namun benda tersebut tidak ada dan tidak dilihat oleh si kecil tentu akan kesulitan dalam memvisualisasikan dalam imajinasinya. oleh karena itu lebih baik objek secara visual agar membantu si kecil mengingatnya.

Salah satu cara untuk membantu mereka dalam memvisualisasikan hal tentang pelajaran bahasa inggris salahnya satunya adalah membelikan buku gambar yang berisi kata kata bahasa inggris beserta gambarnya, banyak buku-buku kata kata bahasa inggris beserta gambarnya bisa kita beli di toko.

5. Minta Mereka untuk Menirukan apa yang Kamu Ucap

Ilustrasi anak belajar.

Photo :
  • Freepik/bristekjegor

Ketika mereka mendengar atau membaca tulisan dalam bahasa inggris, mintalah mereka untuk mengucapkannya kembali. Walau tidak fasih tetaplah dicoba, karena untuk melafalkan bahasa inggris dengan fasih tentu butuh proses, yaitu dengan melatihnya.

6. Bantu dengan Teknologi

Alat edukasi pembelajaran Bahasa Inggris bernama Playpad yang dibagikan ke anak-anak Jatingaleh, Semarang

Photo :
  • vstory

Selain dengan cara-cara di atas tidak ada salahnya kamu memanfaatkan teknologi untuk membantu proses belajar bahasa inggris mereka, misalnya menggunakan YouTube untuk anak-anak untuk membantu buah hari anda belajar, atau dengan menggunakan aplikasi game yang ada di HP, karena banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan.

Namun, cara ini sebagai orang tua harus berhati-hati, memberikan konten yang tepat dan durasi yang dibutuhkan oleh sang anak, jangan sampai kegiatan menggunakan gadget malah mengurangi kecanduan Hp pada anak.

7. Ajarkan Percakapan Sehari-hari

Ilustrasi orangtua mengajari anak belajar.

Photo :
  • U-Report

Dengan percakapan yang sering digunakan maka akan lebih membantu anak kecil, karena otomatis percakapan itu akan sering digunakan, misalnya mengucapkan selamat pagi dengan bahasa inggris, meminta tolong dengan bahasa inggris dan lain sebagainya.

8. Bernyanyi dengan Bahasa Inggris

Ibu ajarkan anak belajar.

Photo :
  • U-Report

Kegiatan belajar yang menyenangkan bagi anak kecil salah satunya adalah bernyanyi, nah ajarkan anak-anak Anda dengan lagu-lagu anak yang menggunakan bahasa inggris, misalnya lagu twinkle twinkle little star atu lagu baby shark.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya