7 Cara Menghemat Air, Mudah dan Dapat Menurunkan Tagihan Bulanan

Air Keran
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Edukasi – Air adalah salah satu kebutuhan utama dalam hidup setiap orang. Namun, tahukah kamu kalau keberadaan air bersih terus berkurang setiap tahunnya? Hal inilah yang membuat kita harus menjaga ketersediaan air di masa mendatang. Oleh karena itu, kita harus pandai-pandai melakukan penghematan air.

Rey Mbayang Nyaris Meninggal saat Diving di Papua, Tabung Oksigen Bocor dan Kejang-kejang

Lalu, bagaimana cara menghemat air yang bisa kita lakukan? Yuk, simak ulasan VIVA sebagai berikut.

Penjualalan Air Bersih

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dede Rizky Permana
Pentingnya Akses Air Bersih dalam Menyempurnakan Ibadah

1. Memantau Penggunaan Air
Cara menghemat air yang paling mudah dilakukan adalah dengan memantau penggunaannya. Pasalnya, jika tidak diperhatikan, hal-hal sepele seperti air keran yang luber di bak mandi atau penampungan biasanya akan sering terjadi.

Oleh karena itu, cara sederhana menghemat air di rumah bisa dimulai dengan melakukan pemantauan agar pemakaiannya dapat terkendali.

Hujan Deras di Bogor, Satu Pintu Bendungan Katulampa Jebol

2. Matikan Keran Air yang Tidak Dipakai
Salah satu hal yang sering menyebabkan pemborosan sumber daya ini adalah karena lupa mematikan keran air yang sudah tidak dipakai.

Air Keran

Photo :
  • Tangkapan layar

Jika air yang mengisi bak penampungan sudah penuh atau sedang tidak dipakai, sebaiknya langsung matikan keran air. Selain air tidak  terbuang sia-sia, tagihan air atau listrik pun bisa mengalami pembengkakan.

3. Durasi Mandi

Air Keran

Photo :
  • Tangkapan layar

Cara mudah menghemat air di rumah berikutnya adalah dengan beralih menggunakan keran aerator. Apa itu aerator? Aerator adalah yang bisa menghasilkan gelembung udara dan menggerakan udara yang biasanya digunakan dalam desain. Namun, dengan menggunakan keran aerator ini, aliran air dari keran pun juga jadi bisa dibatasi untuk menghemat penggunaan.

6. Penggunaan Filter untuk Air Minum

air minum

Photo :
  • Unsplash

Kalau kamu sering membeli air minum kemasan galon, alat filter air minum ini bisa jadi salah satu cara menghemat air yang bisa kamu coba di rumah. Mengapa? Dengan menggunakan alat filter udara ini, Kamu jadi tidak perlu lagi terus menerus membeli kemasan galon udara karena Kamu bisa menggunakan air keran yang telah difilter untuk dikonsumsi.

7. Mencuci Buah dan Sayur dalam Wadah

sayur dan buah

Photo :
  • Pixabay/ carlosfs05

Mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi memang penting untuk menghindari kotoran dan kuman yang menempel. Namun, ketika membersihkan buah dan sayuran di air mengalir sering membuat jumlah air yang digunakan terlalu banyak karena tidak terlihat banyak air yang digunakan.

Oleh karena itu, cara menghemat air bersih sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci buah dan sayur dalam wadah yang diisi terlebih dahulu. Dengan demikian, udara yang dihemat pun akan menjadi lebih banyak.

Nah, itulah 7 cara sederhana menghemat air di rumah yang bisa Kamu coba.

Tradisi Melukat

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Sekertaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan, tidak ada komersialisasi untuk rencana Melukat bagi peserta konferensi World Water Forum ke-10.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024