Kemendikbudristek Minta Mahasiswa Tingkatkan Kemampuan Literasi Keuangan

IPB University, Bogor
Sumber :
  • vstory

VIVA Edukasi – Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbudristek Prof Nizam mendorong agar mahasiswa meningkatkan kemampuan literasi keuangan.

“Kami sangat prihatin dengan kasus mahasiswa yang terjerat pinjaman online. Ke depan, literasi keuangan harus terus ditingkatkan agar tidak terjadi kejadian serupa di masa depan,” ujar Nizam di Jakarta, Rabu (16/11).

Bripda RM Ditangkap Polisi Ternyata Gara-gara Lakukan Ini

Ilustrasi uang

Photo :
  • vstory

Sebelumnya, disebutkan sebanyak 116 mahasiswa IPB University terjerat pinjaman online dengan modus sponsorship. Para mahasiswa yang terjerat pinjaman online tersebut awalnya diimingi tawaran keuntungan 10 persen oleh pelaku dengan melakukan proyek bersama.

Awas Rugi Bandar Tidak Memanfaatkan Ruang Digital

Kemudian, para mahasiswa yang menjadi korban tersebut diminta untuk mengajukan pinjaman ke suatu aplikasi penyedia pinjaman. Lalu pelaku meminta dana tersebut digunakan untuk melakukan transaksi di toko online pelaku.

Dari setiap nominal transaksi, mahasiswa dijanjikan mendapatkan komisi 10 persen dan cicilan dibayarkan oleh pelaku. Akan tetapi hingga saat ini, pelaku tidak pernah memenuhinya.

Jika Pramuka Dihapus, Nilai Kenegarawanan Generasi Muda Bisa Terkikis

Plt Sesditjen Diktiristek, Prof Tjitjik Arie Tjahjandarie, mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan Rektor IPB University dan meminta kampus memberikan literasi keuangan. (ANTARA)

“Ini perlu menjadi perhatian bagi seluruh perguruan tinggi untuk bisa melibatkan mitra profesional, untuk memberikan wawasan tentang pengelolaan keuangan bagi mahasiswa,” imbuh Tjitjik. (ANTARA)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya