Mudah! Ini 5 Tips Mengetahui Minat dan Bakat untuk Memilih Jurusan Kuliah

ilustrasi kuliah sambil kerja. Sumber gambar: pexels.com
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Edukasi – Dalam memilih jurusan kuliah, calon mahasiswa harus dapat mengetahui bakat dan minatnya sebelum menentukan pilihan jurusan yang diambil.

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan

Mengetahui bakat dan minat diri merupakan hal penting untuk merencanakan pendidikan dan menjalani kegiatan sesuai bakat dan minatnya. Sehingga seseorang bisa menjalani masa pendidikan dan selanjutnya terjun ke dunia pekerjaan dengan mengoptimalkan potensi dan keterampilan yang dimiliki dalam dirinya.

Ilustrasi, mhasiswa sedang kuliah di kelas

Photo :
  • vstory
Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

Melansir dari akun Instagram Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), yang membagikan cara untuk mengetahui bakat dan minat khususnya saat menentukan pilihan jurusan kuliah.

Nah, Apa saja Tips untuk mengetahui bakat dan minat untuk memilih jurusan kuliah, simak ulasan VIVA sebagai berikut:

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

1. Temukan Hal yang Disukai dan Dikuasai dengan Mudah

Ilustrasi melukis.

Photo :
  • Pixabay.

Cara mengetahui bakat dan minat yang pertama adalah dengan melakukan observasi setiap harinya. Contohnya, di waktu luang kamu sangat menyukai menggambar. Kamu juga dapat menggambar dengan mudah dan hasilnya bagus. Maka kamu mungkin memiliki bakat dan minat sebagai seorang pelukis.

2. Berdiskusi dengan Orang Terdekat

Ilustrasi berdiskusi.

Photo :
  • U-Report

Untuk mengetahui bakat dan minat, kamu bisa berdikusi dengan orangtua dan keluarga terdekatmu. Hal ini bisa membantumu menggali bakat terpendam kita sejak kecil. Karena orang terdekat biasanya yang paling mengenal kebiasaan sehari-hari.

Kamu dapat bertanya kepada teman terdekat, apa bakat menonjol dari dirimu. Teman terdekat pasti tahu kamu tertarik pada hal apa.

3. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Ilustrasi kuliah

Photo :
  • U-Report

Setiap orang memiliki kemampuan dan perkembangan yang berbeda-beda. Kamu tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kamu hanya perlu fokus mengembangkan diri sendiri. Jadikan keberhasilan orang lain sebagai motivasi untuk mencapai keberhasilan yang sama.

4. Bergaul dengan Lingkaran Pertemanan yang Positif

Ilustrasi Kuliah sambil kerja.

Photo :
  • Halomoney.

Memilih bergaul di lingkungan yang positif dan mampu mendukung kemajuan wajib dilakukan. Kamu tidak perlu ragu meninggalkan lingkungan pergaulan yang memandang rendah dirimu atau membuatmu tergoda melakukan hal-hal yang kurang baik.

Seperti bermalas-malasan, boros dan melakukan kegiatan bersifat negatif lainnya. Kamu berhak menjadi pribadi yang lebih bahagia di lingkungan yang bermanfaat pula bagi kamu.

5. Melakukan Asesmen Minat Bakat

Ilustrasi Kuliah

Photo :
  • Kuliah

Cara terakhir mengetahui bakat dan minat adalah dengan melakukan tes melalui platform website dan aplikasi terpercaya lainnya. Hasil tes tersebut dapat digunakan sebagai acuan untuk mengukur dan melihat potensi dan ketertarikan terhadap suatu bidang.

Itulah cara mengetahui bakat dan minat dari BP3 Kemendikbud Ristek. Tips ini sangat membantumu dalam memilih jurusan. Terlebih saat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 siswa kelas 12 diperbolehkan memilih lintas jurusan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya