Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB University Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Penulisan Novel 

Editor in Chief VIVA.co.id Ismoko Widjaya di Acara STORY 2022
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Edukasi – Mahasiswa Sekolah vokasi IPB University dari program studi Komunikasi Digital dan Media berhasil menggelar pelatihan jurnalistik dan penulisan novel yang bernama STORY 2022 di Gedung Kemuning Gading, Bogor, Jawa Barat, Minggu, 27 November 2022.

Menko Polhukam Sebut 1.900 Mahasiswa Terindikasi Korban Perdagangan Orang di Jerman

Dengan mengangkat tema “The Root of Writing”, STORY 2022 mengundang narasumber Editor in Chief VIVA.co.id Ismoko Widjaya dan penulis buku terkenal Tere Liye yang dihadiri oleh hampir 300 peserta yang antusias mengikuti acara ini dari awal hingga selesai.

Editor in Chief VIVA.co.id Ismoko Widjaya di Acara STORY 2022

Photo :
  • Istimewa
Polri Bakal Keluarkan Red Notice 2 Tersangka TPPO Ribuan Mahasiswa ke Jerman

STORY 2022 merupakan final project dari mata kuliah Event Organizer pada Program Studi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University. Event Organizer STORY mengadakan kegiatan pelatihan jurnalistik dan penulisan novel yang bertujuan agar mahasiswa dan juga para peserta dapat meningkatkan kemampuan menulisnya.

Penulis terkenal Tere Liye di acara STORY 2022

Photo :
  • Istimewa
SNBP Tahun 2024, USU Terima 2.244 Mahasiswa Baru

Ketua Pelaksana Udau Bagus Permadi mengatakan kegiatan pelatihan jurnalistik dan penulisan novel karena saat ini masih banyaknya berita bohong beredar hingga sulitnya mahasiswa untuk menuliskan suatu gagasan dalam bentuk artikel, jurnal, dan cerita pendek. Dengan acara ini diharapkan mahasiswa dapat mempraktikkannya.

“Latar belakang kami memilih pelatihan dibandingkan banyak jenis acara lain, karena kami ingin partisipan berperan aktif dalam acara ini. Bukan hanya sebagai pendengar yang ketika acara selesai akan melupakan ilmu dari pelatihan ini, kami berupaya dan berharap agar partisipan memiliki karya dan ilmu yang bermanfaat dari acara pelatihan ini,” tutur Udau dalam keterangannya yang diterima VIVA, Jakarta, Selasa (29/11).

Editor in Chief VIVA.co.id Ismoko Widjaya di Acara STORY 2022

Photo :
  • Istimewa

Dalam sesi pelatihan jurnalistik dengan menghadirkan Editor in Chief VIVA.co.id Ismoko Widjaya, peserta sangat antusias dalam menyimak penjelasan dari narasumber. Antusiasme ditunjukkan dengan banyak  peserta yang mencatat materi dan juga bertanya kepada Ismoko mengenai alur penulisan berita di VIVA.co.id.

Peserta STORY 2022 di Gedung Kemuning Gading, Bogor, Jawa Barat

Photo :
  • Istimewa

Begitu juga antusiasme ditunjukkan pada pelatihan penulisan novel dengan narasumber Bang Darwis atau biasa disebut Tere Liye. Bang Darwis menuturkan bahwa menulis adalah kegiatan yang harus disenangi, tidak perlu dipaksa dan dilakukan secara teratur serta berlatih terus menerus agar terbiasa.

Setelah sesi tanya jawab, banyak peserta yang membawa novel karya Tere Liye untuk mendapatkan tanda tangan dari Tere Liye. 

Penulis terkenal Tere Liye di acara STORY 2022

Photo :
  • Istimewa

“Aku senang bisa melihat idolaku, bang Tere. Sedih banget nggak sempat bawa novelnya karena buru-buru takut telat datang ke acara STORY. Aku juga banyak belajar tentang alur penulisan berita dari Pak Ismoko. STORY keren banget bisa undang banyak nama besar untuk jadi narasumber,” ucap Kaisha Tasya salah satu partisipan yang hadir.

Peserta STORY 2022 di Gedung Kemuning Gading, Bogor, Jawa Barat

Photo :
  • Istimewa

Selain acara pelatihan tersebut, STORY juga menyediakan tenant makanan dan minuman agar peserta dapat membeli makanan dan minuman tanpa berjalan jauh dari venue.  Ketua Pelaksana Udau Bagus Permadi berharap kegiatan STORY ini menjadi sebuah sarana untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik dan penulisan novel untuk generasi muda. Acara ditutup dengan operasi semut di sekitar wilayah Kemuning Gading Bogor yang dilakukan oleh panitia STORY 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya