Menilik Dunia Coaching, Bantu Pengusaha Indonesia Berkembang

Coach Yusman
Sumber :
  • Istimewa

VIVA EdukasiDunia coaching tengah digandrungi banyak pengusaha muda di Tanah Air. Definisi Coaching sendiri tidak sama dengan diskusi atau seminar bisnis.

Di Depan Para Pengusaha Ritel, Airlangga Sebut Aturan Impor Bakal Direvisi

Coach Yusman, tercatat sebagai Top 50 Coach terbaik di dunia sejak 2016 sampai sekarang, dan nomor 1 di Indonesia mengatakan kalau seminar itu diikuti banyak orang, sedangkan business coaching biasanya hanya diikuti 1-4 orang yang memang merupakan owner atau direktur dari satu perusahaan yang sama. 

"Dalam program coaching, secara berkala saya datang ke tempat client untuk langsung mengevaluasi, langsung melihat apa yang terjadi dengan tempat bisnis mereka dan langsung coaching mereka di sana,” terang Coach Yusman dalam keterangannya yang diterima VIVA, Jakarta, Selasa (29/11).

HUT Ke-61, Taspen Tegaskan Komitmen Genjot Kesejahteraan Masyarakat

Coach Yusman

Photo :
  • Istimewa

Coach Yusman mengakui dirinya menekuni dunia business coaching ini sejak 15 tahun lalu. Dia tertarik dengan dunia coaching ketika melihat sistem Action COACH yang menurut pelaku usaha terbukti bagus dan bisa ia pakai untuk membantu banyak pengusaha di Indonesia untuk berkembang.

Profil Putri Isnari, Pedangdut yang Dilamar Anak Pengusaha dengan Uang Panai Rp2 M

Proses coaching ini membutuhkan waktu minimal satu tahun. Di mana pertemuannya, intens dilakukan hampir setiap minggu dan lamanya program ini bisa lebih dari satu tahun. Bahkan, ada pengusaha yang coaching dengan Coach Yusman selama 2 tahun, 3 tahun bahkan ada yang sampai 8 tahun lebih, karena mereka sudah merasakan sendiri bagaimana bisnisnya terus berkembang dan semakin bagus. 

“Di luar sana mungkin banyak coach yang menawarkan coaching dengan waktu yang relatif lebih singkat. Satu kali, dua kali atau hanya satu sampai dua bulan saja. Tapi, bagi saya hal tersebut bukanlah coaching, melainkan hanya diskusi bisnis,” sambung pria lulusan Curtin University, Australia ini.

Menurut Coach Yusman program coaching dirancang khusus untuk masalah bisnis client dan target apa yang ingin dicapai dalam bisnis. Materi ini berbeda untuk setiap pengusaha, dilihat dari model bisnis, besaran bisnis dan struktur bisnis yang tentunya berbeda-beda. 

Terkait hal tersebut, ada tiga hal penting yang perlu anda tahu tentang program coaching yang disediakan oleh Coach Yusman. Pertama, Ide plus strategi bisnis plus implementasi. Kedua,  apa yang kurang di bisnis client seperti marketing dan sales, operasional dan manajemen hingga masalah keuangan. Ketiga, pertemuan Private Coaching yaitu pertemuan satu lawan satu. Hanya owner yang bertatap muka dengan Coach Yusman sehingga dapat dibahas detail bisnis secara menyeluruh. 

ilustrasi pria sukses.

Photo :
  • U-Report

Ketika ditanya mengenai biaya coaching yang mahal karena durasinya tahunan, Coach Yusman berterus terang mengakui harga private coaching itu tergantung kualitas coachnya, dengan range Rp288 juta sampai Rp750 juta. 

“Semua coach tidaklah sama. Meski namanya sama–sama coach, tapi belum tentu semuanya sama. Seperti dokter yang sama-sama belajar medis di sekolahnya, memiliki gelar dokter, akan tetapi memiliki keahlian yang berbeda. Sama seperti mobil, ada mobil yang mahal, ada juga yang murah, jadi ada perbedaan,” ucap Coach Yusman.

Coach Yusman sendiri setiap tahunnya memiliki klien private coaching dari 15-21 perusahaan selama 15 tahun lebih. “Bagi saya mungkin mahal tapi client bisa merasakan dengan pertemuan setiap minggu. Mungkin terasa mahal pada awalnya tapi setelah menjalani coaching mereka akan merasakan harga itu tidak mahal.” 

Tak heran dengan private coaching ini perusahaan-perusahaan yang dicoaching oleh Coach Yusman banyak yang memperoleh penghargaan secara internasional, antara lain finalist for Best Wholesaler Company, Winner of Fastest Growing Company, Winner of Most Improved Company, Winner of Best Service Based Company dan lainnya.

Selain itu, ia juga mendapatkan sejumlah penghargaan Global Awards Winning Business Coach, seperti  2022 USA Global ActionMAN Winner di Hawaii - USA, 2022 Global Top 100 Club Business Coach, Certified USA Business & Executive Coach ActionCOACH, hingga Official Coach for The Great Game of Business USA.

Setahun sebelumnya Coach Yusman juga memperoleh penghargaan 2021 Global Coach with Best Community Impact; 2013 Asia Pacific Coach with Best Client Results dan lainnya, termasuk 2013, Asia Pacific, Firm of the Year.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya