LLDIKTI: Lulusan Baru Harus Siap Hadapi Tantangan Industri 4.0 dan Sosial 5.0

Ilustrasi raih gelar sarjana
Ilustrasi raih gelar sarjana
Sumber :
  • Pixabay/ Violey

VIVA Edukasi - Sejumlah tantangan saat ini tengah dihadapi Indonesia, baik itu segi pembangunan, ekonomi maupun kemajuan industri digital.

Adanya hal ini, membuat pemerintah melalui seluruh lembaga pendidikan, menggenjot para peserta didik untuk mampu mengasah kemampuan mereka agar siap terjun langsung dalam dunia industri terbarukan.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III, Paristiyanti Nurwardani mengatakan, saat ini para lulusan baru tengah dihadapi dengan adanya tantangan dunia kerja yang membutuhkan kemampuan mempuni. Alhasil, ia meminta agar para mahasiswa bersiap menghadapi era Industry 4.0 dan Society 5.0.

Menteri Nadiem Makarim di Universitas Pelita Harapan (UPH), Tangerang

Menteri Nadiem Makarim di Universitas Pelita Harapan (UPH), Tangerang

Photo :
  • Sherly (Tangerang)


"Hari ini saya menghadiri wisudaUPH Tangerang, dalam kesempatan ini, tentu kami berharap agar para wisudawan dapat menjadi pelita bagi Indonesia dengan berbekalkan hard skills dan soft skills yang telah didapatkan selama berkuliah," katanya, Selasa (29/11).

Lanjut dia, di era digital seperti sekarang, ada tiga hal yang yang menjadi sangat penting yaitu critical thinking, artificial intelligence, dan energi terbarukan. Hingga diharapkan para lulusan dapat berkontribusi dalam ketiga hal ini untuk mendukung kemajuan negara.

Sementara itu, Rektor UPH, Jonathan L. Parapak mengatakan, pihaknya berkomitmen memberikan pendidikan unggul melalui pengembangan fasilitas terbaru.

"Tentu kita bertekad mencetak lulusan unggul yang memenuhi harapan pemerintah. Dan dalam membentuk itu, tidak hanya pendidikan di kampus saja, tapi kami juga mengembangkan fasilitas terbaru, yaitu UPH Learning Hub Cikarang dan UPH Learning Hub Manado, sebagai solusi bagi para profesional yang ingin mendapatkan kualitas pendidikan terbaik melalui program-program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, skill, dan kemampuan individual," ujarnya.
Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan

Photo :
  • www.uph.edu


Jonathan juga meminta para lulusan mampu menjadi pemimpin yang terus bergerak maju dan siap menghadapi berbagai tantangan di era industri 4.0 dalam menciptakan kemajuan bagi bangsa Indonesia.

Diketahui, sebanyak 1.834 lulusan yang terdiri dari 46 wisudawan dari tingkat Diploma III, 34 wisudawan dari tingkat Diploma IV, 1.047 wisudawan dari tingkat Strata I, 304 wisudawan dari tingkat Strata II, 17 dari Strata III,  47 dari program Profesi Kedokteran, dan 339 dari program Profesi Keperawatan, serta termasuk di antaranya 22 orang wisudawan yang lulus dengan pujian/Cum Laude.