UMJ Wisuda 2.129 Mahasiwa, Menko PMK: Tingkatkan Kepercayaan Diri 

Menko PMK Dr. Muhadjir Effendy di UMJ
Menko PMK Dr. Muhadjir Effendy di UMJ
Sumber :
  • Istimewa

VIVA EdukasiUniversitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mewisuda 2.129 mahasiswa sekaligus Milad ke-67 pada Sidang Terbuka Senat Universitas Muhammadiyah Jakarta, Rabu (30/11).

Mereka yang diwiusuda terdiri 8 wisudawan Program Doktor, 237 Program Magister, 7 Program Spesialis, dan 1.861 Program Sarjana (29/11). Acara wisuda dibagi dua sesi dengan peserta pada sesi 1 diikuti sebanyak 1.069 wisudawan dan sesi 2 sejumlah 1.060 wisudawan.

Dalam acara tersebut, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P menyatakan bahwa Indonesia memiliki empat pilar untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045, yaitu pembangunan manusia serta penguasaan IPTEK, ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan, lalu pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan. Oleh karenanya, ia menegaskan kepada wisudawan untuk tidak hanya memiliki skill sesuai dengan kemampuannya, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri.

 Universitas Muhammadiyah Jakarta mewisuda 2.129 mahasiswa

Universitas Muhammadiyah Jakarta mewisuda 2.129 mahasiswa

Photo :
  • Istimewa

Sementara Rektor UMJ Ma'mun Murod menyatakan bahwa lulusan UMJ harus mengisi ruang kosong yang kurang baik dengan integritas dan kejujuran, dengan mengimplementasikan keadilan baik untuk diri sendiri maupun orang lain dan tetap sebarkan dakwah Islam di mana pun wisudawan bekerja, tentunya dengan dakwah Islam yang berkemajuan dan moderat. 

Selepas sambutan, Ma’mun mendapuk Muhadjir melantunkan senandung selawat yang berjudul Assalamu’alaika. Suasana seketika menjadi syahdu sampai para peserta wisudawan ikut serta berselawat bersama, dan memberikan tepuk tangan yang meriah di akhir selawat.

Kepala Bagian Umum (LLDIKTI) Wilayah III DKI Jakarta, Novianto, S.Kom., M.Si., dalam sambutannya mengatakan bahwa lulusan UMJ harus terus meningkatkan hardskill dan softskill untuk bekal masa depan, dengan peran 6C yaitu Character, Citizenship, Critical Thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication.

Halaman Selanjutnya
img_title