SBM ITB Kerja Sama dengan iForte Gelar Kompetisi Digital Business Plan

ITB Kerja Sama dengan iForte Gelar Kompetisi Digital Business Plan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Edukasi – Setelah sukses menggelar iFortepreneur 4.0 tahun 2021 yang lalu, PT iForte Solusi Infotek (iForte) kembali menghadirkan iFortepreneur 4.0 2022. Program ini diselenggarakan dengan mengangkat semangat Connectivity for Better life untuk mendukung UMKM Indonesia agar dapat terus bertumbuh, berkembang, dan bertransformasi ke arah digital.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

CEO dan Presiden Direktur iForte dan Protelindo Group, Aming Santoso mengatakan, program iFortepreneur 4.0 merupakan sebuah persembahan iForte untuk mendukung program pemerintah dalam pertumbuhan digitalisasi UMKM di Indonesia.

“Saya berharap melalui program ini, UMKM semakin terinspirasi untuk memaksimalkan digitalisasi bagi kemajuan usahanya. Saya yakin, dengan memanfaatkan platform digital, UMKM bisa meraih banyak peluang dan membawa dampak positif sebagai pilar penting perekonomian Indonesia," ujar Aming dalam keterangannya yang diterima VIVA, Jakarta, Minggu (4/12).

Hari Kartini, Perempuan Bisa Dapat Bunga Kredit BCA 3 Persenan

ITB Kerja Sama dengan iForte Gelar Kompetisi Digital Business Plan

Photo :
  • Istimewa

Dalam menjalankan program iFortepreneur 4.0, iForte berkolaborasi dengan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk melakukan kompetisi Digital Business Plan dan serangkaian kegiatan sistematis dalam menyediakan ajang pembelajaran, berbagi wawasan dan semangat untuk bertransformasi secara digital bagi pelaku industri UMKM Indonesia.

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Menlu Cina Wang Yi

Setelah melalui proses penyaringan dari 900 lebih UMKM yang mendaftar serta serangkaian bootcamp dengan materi-materi yang didesain khusus untuk menambah wawasan dan pengetahuan, kali ini iFortepreneur 4.0 berhasil mendapatkan 10 finalis dari berbagai bidang dan daerah di Indonesia. Kesepuluh finalis tersebut adalah Biki (Bogor) dan Greenpace (Tangerang Selatan) di bidang pertanian, Kain Indonesia (Jakarta) & Markonah (Salatiga) di bidang fashion, serta Klei and Clay (Jakarta) & Skintella (Bandung) di bidang kecantikan. Kemudian finalis selanjutnya, Kayboard (Tangerang Selatan) di bidang Kriya, Magobox (Depok) di bidang pengolahan sampah, Metime Fresh (Kabupaten Bogor) di bidang kuliner, dan terakhir Pedis Care (Malang) di bidang jasa kesehatan.

Sepuluh finalis iFortepreneur 4.0 2022 telah berhasil melalui sesi coaching dan mentoring selama 1 bulan. Setiap finalis mendapatkan satu orang mentor yang memberikan masukan serta membimbing peserta dalam mempertajam konsep bisnis dan visi digitalisasi.

Ilustrasi UMKM go digital.

Photo :
  • The Financial Express

Silvi Liswanda, Wakil Presiden Direktur iForte menambahkan, seluruh materi yang didapatkan dan dipelajari selama sesi coaching dan mentoring oleh ke-10 finalis akan dipresentasikan di hadapan para dewan juri, yang terdiri dari Christian Sugiono (Entrepreneur Digital), EraSoekamto (Entrepreneur - Fashion & Batik Designer), Elizabeth Setiaatmadja (Business Networking Expert), Daniel Cahyadi (COO & Co-Founder Wahyoo) serta Yulianto Suharto (Dosen SBM ITB), dalam iFortepreneur 4.0 Presentation & Final Day pada hari Jumat, 2 Desember 2022 di Creative Hall M Bloc Space, Jakarta.

"Selain menyediakan program bagi para finalis untuk belajar  bertransformasi secara digital dari  para praktisi, kami juga memberikan dukungan berupa membuat video promosi yang menonjolkan potensi dan keunggulan dari setiap produk para finalis. Tentunya harapan kami setelah menyelesaikan seluruh program iFortepreneur 4.0, seluruh finalis semakin siap untuk lebih maju lagi dan produk yang dimiliki dapat lebih dikenal serta diterima oleh seluruh masyarakat Indonesia," ujar Silvi. 

Setelah perjalanan yang cukup panjang, iFortepreneur 4.0 2022 melahirkan tiga pemenang, yaitu Biki, UMKM asal Bogor yang mengembangkan media untuk pengolahan foodwaste sebagai pemenang pertama. Lalu, dilanjutkan oleh Magobox, UMKM asal Depok yang bergerak dalam pengolahan sampah organik. Sedangkan, juara ketiga diraih oleh Pedis Care, UMKM asal Malang yang bergerak di bidang jasa kesehatan. Seluruh pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang dan paket legal assessment untuk mendukung pengembangan bisnis mereka masing-masing.

Muhammad Hafid Rosidin, Founder & CEO Biki mengungkapkan rasa syukur terhadap keberhasilan Biki menjadi pemenang iFortepreneur 4.0 2022. "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada iForte atas dukungannya sangat membantu sekali untuk perkembangan usaha kami. Baik bootcamp serta mentoring materinya benar-benar sesuai dan bisa kami terapkan untuk kedepannya. Semoga iFortepreneur bisa membantu dalam mencetak teman-teman UMKM lain di seluruh Indonesia, "ungkapnya.

iForte merupakan anak perusahaan PT Profesional Telekomunikasi Indonesia atau dikenal dengan Protelindo, anak perusahaan PT. Sarana Menara Nusantara, Tbk. Protelinda merupakan salah satu penyedia tower independen terbesar di Indonesia, dengan 29.000 tower dan lebih dari 55.000 tonant.

Hingga akhir tahun 2021, Forte telah berhasil membangun dan mengoperasikan jaringan kabel serat optik sepanjang lebih dari 120.000 km dan menargetkan 150.000 km di akhir tahun 2022 yang menghubungkan sekitar 30.000 tower di Indonesia dengan jaringan kabel serat optik, dan sudah memiliki lebih dari 6.000 VSAT sites dan melayani lebih dari 2300 corporate client.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya