Syarat bagi Siswa yang Ikut Seleksi SNBP 2023

Ilustrasi dafter SNBP
Ilustrasi dafter SNBP
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Edukasi – Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyelenggarakan sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2023. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, terdapat tiga jalur masuk.

Ketiga jalur masuk tersebut antara lain Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Jalur Seleksi Mandiri. Untuk jalur SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh Tim SNPMB. Setiap jalur juga memiliki persyaratannya masing-masing. 

Pada kali ini akan dibahas mengenai apa saja syarat SNBP 2023 untuk siswa yang mengikuti seleksi. Pertama-tama sekolah wajib mengisi PDSS dengan data siswa eligible yang akan mengikuti SNBP 2023. Barulah setelah itu siswa eligible dapat mendaftar SNBP dan memilih prodi di portal SNPMB 2023. Berikut ini syarat SNBP 2023 untuk siswa. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Persyaratan siswa ikut seleksi SNBP 2023 

Ilustrasi mahasiswa.

Ilustrasi mahasiswa.

Photo :
  • http://www.indotopinfo.com/

Seleksi SNBP ini dapat diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun 2023 yang memiliki prestasi unggul:

  1. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN
  2. Memiliki NISN dan terdaftar di PDSS
  3. Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang telah diisikan di PDSS
  4. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah Portofolio.
Halaman Selanjutnya
img_title