Edukasi dan Sosialisasi TV Digital kepada Masyarakat Terus Ditingkatkan

Ilustrasi migrasi siaran TV analog ke TV digital (ASO).
Sumber :
  • Lifewire

VIVA Edukasi – Edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat luas tentang migrasi dari tv analog kepada siaran tv digital terus digiatkan. Masyarakat ternyata masih ada yang belum memanfaatkan tv digital di rumahnya.

STB Ini Sudah Didukung Android TV

Komisi I DPR dipimpin oleh Nico Siahaan dari FPDIP melakukan kunjungan kerja spesifik  evaluasi pendistribusian STB di wilayah Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang, pada Senin, 5 Desember 2022.

Kunjungan kerja spesifik Komisi I DPR RI evaluasi pendistribusian STB

Photo :
  • Istimewa
MNC Jadi TV Penyelenggara Debat Capres, Nusron Wahid: Monopoli Penyiaran

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Kemenkominfo, Usman Kansong melaporkan pencapaian distribusi bantuan STB secara nasional sampai saat ini sebanyak 1,3 juta STB. Jumlah tersebut sekitar 24,5 persen dari total komitmen LPS (Lembaga Penyiaran Swasta/(Stasiun Televisi Swasta)) Penyelenggara Multipleksing (MUX)  dan bantuan Kemenkominfo (Pemerintah) sebanyak 5,5 juta. 

Sementara untuk wilayah Jabodetabek, target bantuan STB yang didistribusikan oleh LPS Penyelenggara Multipleksing dan pemerintah sebanyak 479.307 STB. Hingga per 1 Desember 2022,  telah terdistribusi STB gratis bantuan sebanyak 477.290 STB. Realisasinya mencapai 99,6 persen dari target.

Timnas Amin Tak Persoalkan Hak Siar Debat Ketiga Capres Asalkan Tetap Independen

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong menyebut bahwa migrasi sistem penyiaran televisi dari analog ke digital memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, lembaga penyiaran, maupun negara.  "Dengan beralih ke TV Digital, masyarakat akan menikmati kualitas siaran TV yang lebih baik karena gambarnya lebih bersih, suaranya lebih jernih dan teknologi yang lebih canggih," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu, 6 November 2022.

Khusus di wilayah Provinsi Banten, Direktur Pita Lebar, Marvels Situmorang mengatakan rincian realisasi pembagian STB tersebut di atas, adalah Kota Tangerang sudah 100 persen, Kabupaten Tangerang sudah 100 persen, dan Kota Tangerang Selatan sudah 95,62 persen.

Siaran TV analog berubah ke digital.

Photo :

Pembagian STB di tiga wilayah Banten yang berdekatan dengan Jakarta ini kata, Marvels menjadi tanggung jawab operator MUX yakni VIVA, Trans, MNC, Metro, RTV dan bantuan pemerintah bila ada kekurangan. Sedangkan kuota STB untuk masyarakat miskin yang terdaftar di masing-masing kota, yaitu 36,800 untuk Kota Tangerang Selatan, 29,813 untuk Kota Tangerang dan 70.023 untuk Kabupaten Tangerang Selatan. 

Plt. Kepala Dinas Kominfo Provinsi Banten Didi Hadiatna mengatakan kalau di tiga wilayah Banten yang berada di Jabodatebek, angka pembagian STB nya cukup baik. “Tapi di wilayah Serang, Lebak dan Pandeglang belum ASO,” tanya Didi Hadiatna.

Marvels Situmorang, mengatakan kanal di Serang dan Pandeglang saat ini memang masih simulcast, artinya siaran analog dan digital nya masih bersamaan. Analognya akan segera dimatikan. “Tapi STB mulai dibagikan oleh LPS penyelenggara MUX di wilayah ini,” kata Marvels.

Sementara itu Joegianto, Ketua Gabel (Gabungan Pengusaha Barang Elektronik) mengatakan terjadinya melonjaknya permintaan terhadap STB lebih dikarenakan kepanikan pasar. Survei Harian Kompas memperkuat hal itu, sebab  mayoritas masyarakat menunggu ASO baru membeli STB. 

Nico Siahaan, di akhir rapat menutup dengan memberikan catatan kesimpulan sebagai berikut
 1.     Mengambil langkah-langkah terobosan yang cepat dan tepat sesuai dengan peraturan perundang-undangan sehingga persentase capaian realisasi bantuan STB secara nasional sesuai target yang telah ditetapkan berdasarkan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang sudah diverifikasi dan divalidasi sehingga tepat sasaran dan tidak tumpang tindih.

Infinia, LED LCD TV digital dan analog

Photo :
  • instablogsimages.com

2.     Memastikan ketersediaan STB bersertifikat dan TV siap digital di pasaran bagi masyarakat yang membeli secara mandiri serta melakukan pemantauan atas harga STB bersertifikasi Kominfo di pasaran sehingga harganya terjangkau dan tidak merugikan masyarakat.
3.     Melakukan rapat Bersama dengan Penyelenggara Multiplexing terkait pengabaian komitmen dalam pengadaan dan distribusi STB dan mengambil sikap yang tegas atas ketidakpatutan dan sikap tidak bertanggung jawab terhadap kelancaran migrasi ASO.
[12:27, 06/12/2022] Beno Viva: 4.     Meningkatkan sosialisasi, edukasi kepada masyarakat tentang ASO dengan melibatkan pemerintah daerah, Lembaga Penyiaran Multiplexing serta berbagai pihak dengan lebih massif, inovatif dan pesan yang mudah dipahami masyarakat serta mampu meningkatkan motivasi masyarakat untuk segera beralih ke TV Digital.

Diketahui, peralihan siaran tv analog ke digital juga memberikan manfaat besar bagi negara. Dampak dari beralihnya sistem analog ke digital akan menghasilkan penggunaan spektrum frekuensi 700MHz yang lebih efisien.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya