Indonesia Ungguli Jepang dan Thailand untuk Rata-rata Nilai Ujian TOEFL

Ilustrasi tes TOEFL
Sumber :
  • Pixabay/geralt

VIVA Edukasi – Secara global, Indonesia menempati urutan ke-6 untuk rata-rata nilai ujian TOEFL ITP di Asia. Berdasarkan data yang dirilis oleh Educational Testing Center (ETS), nilai rata-rata TOEFL ITP pada 2021 di Indonesia adalah 489, mengungguli Jepang (473) dan Thailand (440). 

Bertemu Pelayanan Imigrasi Kementerian Kehakiman, Kemnaker Berharap Banyak Peserta SSW di Jepang

Sedangkan urutan nilai rata-rata TOEFL ITP tertinggi secara berurutan dipegang oleh India (559), Filipina (570), Malaysia (566), Korea (509)  dan Taiwan (489). Scroll untuk info selengkapnya. 

“Perlu digarisbawahi bahwa ranking ini tidak mencerminkan kemampuan bahasa Inggris sebuah negara, ranking ini murni hanya sebatas gambaran nilai rata-rata ujian TOEFL ITP di Asia," jelas Diana Kartika Jahja, Direktur Indonesia International Education Foundation (IIEF), dalam keterangannya, Jumat 9 Desember 2022. 

Kunjungan ke Jepang, Sekjen Kemnaker Terus Berupaya Tingkatkan Kerja Sama Pengembangan SDM

Menurutnya, nilai rata-rata ujian TOEFL ITP di Indonesia pun menunjukkan tren yang positif. Terjadi peningkatan nilai dari 467 di tahun 2019 meningkat menjadi 479 di tahun 2020 dan 489 di tahun 2021. 

Ilustrasi belajar bahasa Inggris

Photo :
  • Pixabay
Honda Luncurkan Motor Naked Sports Terbaru

Saat ini menurut Diana, TOEFL menjadi kunci untuk meraih sebuah kesuksesan. TOEFL digunakan sebagai syarat untuk mendaftar beasiswa, melamar pekerjaan hingga syarat mengikuti tes CPNS. 

Di sisi lain, IIEF yang merupakan pemegang lisensi tunggal ujian TOEFL ITP di Indonesia, berhasil pecahkan rekor MURI untuk pemecahan rekor ujian TOEFL ITP serentak di lokasi terbanyak di seluruh Indonesia pada 19 November 2022 lalu. Sebanyak 1.052 peserta yang berasal dari 42 lokasi ujian di seluruh Indonesia terlibat dalam pemecahan rekor MURI kali ini. 

Diana lebih lanjut mengungkapkan bahwa pemecahan rekor MURI bukan hanya sebagai ajang selebrasi saja. 

"Kami coba mengkomunikasikan bahwa IIEF sebagai pemegang lisensi tunggal TOEFL ITP bertanggung jawab untuk memperluas akses masyarakat Indonesia untuk dengan mudah melakukan ujian TOEFL ITP,” kata Diana.

Dirinya menambahkan bahwa saat ini IIEF memiliki lebih dari 300 mitra penyelenggara ujian TOEFL ITP di seluruh Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Para mitra penyelenggara ujian TOEFL ITP terdiri dari institusi perguruan tinggi, sekolah bahasa hingga kantor pemerintah. 

"Kami memastikan tidak boleh ada orang di Indonesia yang gagal mendaftar beasiswa atau melamar pekerjaan karena kendala tidak tersedia lokasi ujian TOEFL di kotanya," pungkas Diana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya