IMM FISIP UMSU Raih 2 Emas di Abdidaya Ormawa 2022

IMM FISIP UMSU Raih 2 Emas di Abdidaya Ormawa 2022
Sumber :
  • (Dok FISIP UMSU)

VIVA Edukasi - Satu lagi prestasi membanggakan diperoleh mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU). Kali ini, Tim Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM) FISIP UMSU sukses meraih 2  medali emas dalam ajang bergengsi nasional Abdidaya Ormawa Tahun 2022 yang digelar di IPB University, Bogor, Selasa s/d Minggu (6-11/12). 

Harga Emas Hari Ini 26 April 2024: Global Anjlok, Antam Stagnan

Dalam penutupan malam anugerah Abdidaya Ormawa yang digelar, Minggu malam (11/12), tim IMM FISIP UMSU yang diketuai Hanifa M Chairunnisa Siahaan sukses meraih penghargaan setara emas dalam Kategori Poster Kelas 5 dan Kategori Tim Pelaksana Kelas 5. Karya mereka yang berjudul, "Diversifikasi Ekonomi Masyarakat Pesisir Melalui Unit Usaha Kemaritiman dan Revitalisasi Lahan Kritis di Desa Bagan Serdang Kabupaten Deli Serdang" berhasil menarik perhatian dewan juri dan mengalahkan tim Ormawa lainnya. Bahkan mengungguli universitas besar di Indonesia.

IMM FISIP UMSU Raih 2 Emas di Abdidaya Ormawa 2022

Photo :
  • (Dok FISIP UMSU)
Mimpi Jakarta LavAni Hattrick Juara Proliga

Hanifa sebagai Ketua Tim didampingi beberapa anggota yakni Muhammad Rionaldo dan Ikri Novika Zusy, serta Ketua Umum IMM FISIP Ilham Azhari, berulang kali mengucapkan syukur atas prestasi yang mereka raih. 

"Alhamdulillah, ini melampaui ekspektasi kami. Bisa menjadi finalis Abdidaya merupakan hal yang sangat kami syukuri. Bahkan jika pulang tanpa mendapat juara apapun kami ikhlas karena bisa menjadi finalis adalah pelajaran dan pengalaman ke depannya,” kata Hanifa, Senin 12 Desember 2022.

Harga Emas Hari Ini 25 April 2024: Produk Antam Melorot, Global Bervariasi

Namun, lanjut Hanifa, ternyata Allah memiliki rencana paling baik. Allah memberi lebih dari yang mereka inginkan dengan raihan perolehan medali emas. 

Sebelumnya, PK IMM FISIP UMSU terpilih sebagai salah satu finalis dari 328 organisasi kemahasiswaan se Indonesia yang dipercaya untuk menjalani Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK ORMAWA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun 2022.

Program ini telah dijalankan secara partisipatif bersama kelompok masyarakat sasaran selama enam bulan. Setelah mengikuti proses monitoring dan evaluasi serta visitasi lapangan oleh reviewer dari Kemendikbudristek, IMM FISIP terpilih sebagai 75 finalis kategori Tim Pelaksana dalam Abdidaya Ormawa tahun 2022.

Sahran Saputra selaku Dosen Pembimbing juga tak hentinya mengucap syukur. Selain senang, ia merasa terharu, mengingat perjuangan tim mahasiswa bimbingannya selama menjalani program pengabdian di desa yang mereka dampingi. "Alhamdulillah, ini adalah prestasi di pengujung tahun yang luar biasa. Kerja keras dan keikhlasan adik-adik mahasiswa dalam pengabdian masyarakat selama 6 bulan di desa akhirnya berbuah hasil," katanya.

Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, MAP menyambut gembira prestasi yang diraih mahasiswanya. Ketika memberikan kata sambutan saat Wisuda UMSU di Selecta Hotel, Senin (12/12), di hadapan ribuan wisudawan dan orang tuanya, Rektor UMSU menyampaikan baru saja menerima kabar terkait keberhasilan IMM FISIP UMSU memperoeh dua emas di ajang bergengsi Abdidaya Ormawa 2022.

“Ini sebagai bukti bahwa mahasiswa UMSU mampu unjuk kemampuan di tingkat nasional dan juga mampu memenangkan berbagai persaingan dalam kategori nasional,” ujarnya.

Dekan FISIP Dr. Arifin Saleh, MSP bersama WD 1 Dr. Abrar Adhani, M.IKom dan Wakil Dekan 3 Hj. Yurisna Tanjung, MAP juga turut bangga dengan hasil yang diperoleh mahasiswanya. 

“Ini kabar gembira di ujung tahun. Prestasi ini melengkapi prestasi-prestasi yang sebelumnya juga sudah diperoleh mahasiswa kami. Mudah-mudahan ke depan bisa ditingkatkan,” ujar Yurisna, wakil dekan yang membidangi Kemahasiswaan.

Raihan prestasi di ajang Abdidaya Ormawa tahun 2022 menjadi sejarah tersendiri bagi UMSU karena untuk bisa meraih penghargaan bukanlah hal yang mudah. Para mahasiswa yang bisa terpilih di ajang ini harus benar-benar memiliki gagasan inovatif dan harus mampu memberikan kebermanfaatan bagi kelompok masyarakat sasaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya