4.122 Pelajar dari 27 Provinsi Ikut Tuntaskan Ketidakadilan Gender 

4.122 Pelajar Ikut program Digital Innovation Challenge 2022: Perempuan Inovasi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Edukasi – Sebanyak 4.122 remaja dari 27 provinsi di Indonesia telah mengikuti program Digital Innovation Challenge 2022: Perempuan Inovasi. Program ini diimplementasikan oleh Markoding Mari Kita Koding) dengan dukungan Cle de Peau Beaute untuk membantu menuntaskan masalah ketidakadilan gender dengan memberdayakan anak remaja perempuan, khususnya remaja yang terpinggirkan, melalui peningkatan keterampilan abad-21 dan teknologi digital. 

Awas Rugi Bandar Tidak Memanfaatkan Ruang Digital

4.122 Pelajar Ikut program Digital Innovation Challenge 2022

Photo :
  • Istimewa

Bertajuk Power of Radiance Awards, program ini bertujuan untuk memberdayakan para anak remaja perempuan melalui pendidikan STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika). Amanda Simandjuntak, Co-Founder & CEO Markoding, menerima 'Power of Radiance Awards' keempat atas dedikasi beliau memberdayakan anak perempuan melalui pendidikan STEM tersebut. 

8 Negara Terbaik untuk Bekerja Secara WFH

Markoding mengajak para remaja Indonesia untuk berpartisipasi aktif membuat solusi inovasi digital berupa website, mobile apps, game. Dibimbing mentor profesional dan praktisi industri, para peserta diajak berpikir bersama untuk menciptakan solusi bagi berbagai permasalahan sosial berbasis gender seperti kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan, kesetaraan gender, pernikahan dini, dan kesadaran akan kesehatan seksual dan reproduksi.

4.122 Pelajar Ikut program Digital Innovation Challenge 2022: Perempuan Inovasi

Photo :
  • Istimewa
PANDI Cetuskan Gagasan Indonesia Berdaulat Digital

“Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Markoding didukung Cle de Peau Beaute yang melatih para anak-anak kita yang punya passion di bidang teknologi digital untuk mendapatkan kompetensi-kompetensi terkini," ucap Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., selaku Plt. Dirjen DIKTI Kemendikbudristekdikti RI, dalam keterangannya, Jumat 23 Desember 2022. 

"Inilah semangat dari Kampus Merdeka. Kita berikan ruang seluas-luasnya bagi seluruh siswa untuk menjadi versi terbaik dirinya dan menggunakan potensinya untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada di masyarakat," sambung dia. 

Selama tahun 2022, Markoding telah menjangkau 4.122 remaja dari 742 sekolah di tahap SMP, SMA, SMK, MA, MTS, dan PKBM. Sebanyak 537 ide solusi telah dikembangkan. Selain itu, dalam implementasinya, program ini juga memperkuat kapasitas 777 guru untuk mendukung pembelajaran melalui serangkaian kegiatan workshop menggunakan sumber daya yang telah terbangun melalui kerja sama dengan UNICEF Indonesia untuk menciptakan solusi permasalahan sosial di komunitas mereka.  

4.122 Pelajar Ikut program Digital Innovation Challenge 2022: Perempuan Inovasi

Photo :
  • Istimewa

“Kami sangat terkesan dengan hasil karya para anak remaja perempuan inovatif yang mengikuti program ini. Selama 9 bulan, program ini telah terbukti berhasil memberdayakan banyak kepala sekolah, guru, dan siswa. Cle de Peau Beaute sangat bangga dapat mendukung Amanda memberikan dampak positif melalui program ini,” ucap Naomi Kawanishi, selaku Vice President Communication Development Department Cle de Peau Beaute Global Brand Unit. 

Sebagai puncak rangkaian program Digital Innovation Challenge 2022: Perempuan Inovasi, 6 tim terpilih lolos ke tahap Demo Day pada 2 Desember 2022 lalu. Pada tahap Demo Day, 6 tim terpilih mempresentasikan hasil ide solusi mereka secara live disiarkan melalui Youtube Markoding dan dinilai langsung oleh para juri yang merupakan perwakilan dari lembaga pemerintah maupun sektor industri. 

Akhirnya, berdasarkan berbagai penilaian, tim dengan ide solusi Sudut Aman dari PKBM Piwulang Becik terpilih sebagai tim terbaik, sekaligus sebagai pemenang People’s Choice Award dengan likes untuk pitch video terbanyak di YouTube Markoding. 

4.122 Pelajar Ikut program Digital Innovation Challenge 2022: Perempuan Inovasi

Photo :
  • Istimewa

Solusi digital Sudut Aman yang diusung oleh PKBM Piwulang Becik merupakan website interaktif untuk membantu remaja Indonesia mendapatkan ruang dan kenyamanan dalam mengakses pendidikan mengenai kesehatan seksual yang komprehensif dan inklusif.  

“Besar harapan kami untuk bisa mendapatkan dukungan dan kolaborasi dengan pemerintah. Sekaligus pihak sekolah untuk keberlanjutan program ini, sehingga ke depannya program ini tidak hanya sekadar aktivasi saja namun bisa menjadi bagian yang terintegrasi di kurikulum sekolah,” ucap Amanda Simandjuntak, selaku Co-Founder & CEO Markoding.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya