Dokter IPB University Beri Pengobatan Gratis kepada Korban Gempa Cianjur

Dokter dari IPB University beri bantuan berobat kepada korban gempa Cianjur
Sumber :
  • Biro Komunikasi IPB University

VIVA Edukasi – Dokter Yusuf Ryadi, dosen dari Fakultas Kedokteran memberikan pengobatan gratis kepada korban gempa Cianjur di Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (22/12).

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Ia didampingi Aditya Rahmatullah, SKH, dan mahasiswa Program Pendidikan Dokter Hewan (PPDH), Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis IPB University. Kehadiran mereka bagian dari melaksanakan tugas yang diberikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) IPB University dalam rangka IPB Peduli Bencana Gempa Cianjur.

Dokter dari IPB University beri bantuan berobat kepada korban gempa Cianjur

Photo :
  • Biro Komunikasi IPB University
Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur


Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal
Dalam melakukan pengobatan gratis ini dr Yusuf Ryadi juga didampingi langsung oleh Kepala Desa Cirumput, Beni Irawan, SH, MH dan didampingi oleh staf desa.

Dalam perjalanan untuk melakukan pengobatan, dr Yusuf menyampaikan bahwa Tim Kesehatan IPB University keliling desa untuk mengidentifikasi masyarakat yang terkena penyakit di setiap tenda yang dihuni oleh korban gempa.

”Dimulai pada Selasa pukul 7 malam hingga pukul 1 dini hari, sekitar belasan tenda telah kami datangi untuk memastikan apakah ada warga yang terkena penyakit. Warga mengeluhkan terkena batuk, pilek, nyeri sendi hingga nyeri kepala. Tim menemukan warga yang mengatakan bahwa nyeri kepala dialami tersebut timbul setelah tertimpa reruntuhan rumahnya sendiri,” ujarnya.

Tim gabungan evakuasi korban gempa bumi Cianjur, Jawa Barat.

Photo :
  • Mabes Polri


Menurutnya, pengobatan dilakukan pada malam hari karena pagi hingga sore hari banyak warga yang tidak ada di tenda mereka. Ini disebabkan karena panasnya udara siang hari.

”Banyak warga yang antusias, sekitar lebih dari 50 warga yang melakukan konsultasi serta pengobatan. Kami berharap kesehatan warga semakin membaik di tengah cuaca yang tidak tentu seperti saat ini. Saya selaku dosen Fakultas Kedokteran IPB University sangat senang mendapat kesempatan untuk membantu warga yang terkena dampak bencana gempa,” imbuhnya.

Sementara itu, Beni Irawan mengatakan bahwa ke depan ia berharap Fakultas Kedokteran IPB University dapat datang kembali ke desa untuk pengobatan masyarakat yang terkena penyakit. 
Gedung Kampus UNU Gorontalo. (Foto: UNU Gorontalo).

Rektor UNU Gorontalo Diduga Lecehkan 12 Mahasiswi, Dosen dan Staf di Kampus

"Untuk sejauh ini, sudah ada 12 orang yang telah melaporkan (Rektor UNU). Mereka masing-masing mahasiswi, staf hingga dosen. Pelaporan itu dilayangkan ke pihak LLDIKTI."

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024