Pengertian Doxing dan Ini 5 Cara Mencegahnya Agar Kamu Tetap Aman

Ilustrasi cyberbullying.
Sumber :
  • Flickr/Hannahgal

VIVA Edukasi – Media sosial banyak dipakai masyarakat untuk membagikan foto, video, hingga kata-kata. Era digital ini membuat masyarakat mudah memberikan informasi berupa foto, video, dan kata. Ada berbagai istilah dalam bahasa Inggris yang ramai dipakai di media sosial.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Contoh kata trend di media sosial adalah doxing. Kata ini berkaitan dengan penyebarluasan informasi di media sosial. Beberapa orang menyebarkan informasi pribadi yang berujung negatif.

Spill, media sosial yang dibangun mantan karyawan Twitter.

Photo :
  • Spill
Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Pengertian Doxing Kata Doxing berasal dari bahasa Inggris, yang berasal dari kata document dan biasa disingkat menjadi dox. Menurut kamus Cambridge, doxing adalah tindakan mempublikasikan data atau informasi pribadi seseorang tanpa izin melalui internet.

Seseorang menemukan lalu membagikan informasi pribadi ini seperti nama panjang, alamat rumah, nomor ponsel, dan lainnya. Doxing dipakai untuk melecehkan atau mengorbankan orang lain melalui internet.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Tindakan doxing ini termasuk perlindungan privasi karena membagikan data pribadi orang lain. Data tersebut disebar melalui internet dan media sosial.

Contoh tindakan doxing yaitu warganet yang mengungkap identitas seseorang. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang privasi dan kebebasan bicara. Doxing termasuk tindakan ilegal karena membagikan informasi secara online.

Doxing dapat dicegah jika seseorang tidak mengunggah informasi penting dan pribadi secara online. Kamu perlu memastikan dan berhati-hati saat mengunggah informasi di media sosial. Berikut cara mencegah doxing:

Bermain HP di SPBU. Foto: Ist.

Photo :
  • Istimewa.

1. Pakai Jaringan Pribadi

Mengutip dari fortinet.com, kamu bisa menggunakan jaringan pribadi atau Virtual Private Network (VPN). Pemakaian VPN membantu melindungi informasi dan alamat IP asli dapat disembunyikan.

2. Memakai Kata Sandi

Kuat Ketika kamu masuk ke situs website atau aplikasi, gunakan kata sandi kuat. Kamu bisa membuat kata sandi yang sulit diprediksi dan ditebak oleh orang lain.

3. Mengubah Pengaturan Pribadi

Langkah ketiga menghindari Doxing yaitu mengubah pengaturan pribadi. Kamu bisa mengubah pengaturan privasi media sosial. Kamu bisa membuat media sosial hanya melihat beberapa orang. Selain itu jangan berikan informasi pribadi seperti tanggal lahir, kota asal, dan lainnya.

Bermain HP di tempat tidur

Photo :
  • U-Report

4. Hapus Email Phishing

Cara lain yaitu menghapus spam email atau tidak mengklik link dari pesan email. Kamu perlu mewaspadai email phising untuk meminta alamat rumah, kata sandi, dan informasi pribadi.

Contohnya saja email dari perusahaan kartu kredit atau bank meminta data pribadi. Hal ini termasuk penipuan, karena lembaga keuangan tidak pernah meminta informasi melalui email.

5. Pakai Akun Email Terpisah

Kamu bisa menggunakan email terpisah untuk media sosial dan pribadi. Gunakan email kantor dan bisnis untuk pekerjaan dan profesional. Kamu bisa menggunakan email terpisah untuk akun media sosial. Selain itu pakai kata sandi yang berbeda untuk media sosial kamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya