SMKN 2 Pengasih Kulon Progo Terima Hibah Truk Hino Indonesia

SMK 2 Pengasih Kulon Progo Terima Hibah Truk Hino Indonesia
Sumber :
  • Cahyo Edi

VIVA Edukasi – Produsen Otomotif asal Jepang, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menghibahkan sebuah truk bertipe Hino Ranger Built Up ke SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo. Truk seharga Rp750 juta ini dihibahkan sebagai media pembelajaran bagi siswa dan guru di SMK tersebut.

Catat! Truk Ini Dilarang Lewat Saat Arus Balik, Jika Nekat Berakhir Ditindak Polisi

President Director HMSI Masato Uchida mengatakan bahwa truk berjenis tractor head ini diharapkan bisa dipakai untuk media pembelajaran bagi siswa-siswa di SMKN 2 Pengasih. Masato menilai selama ini siswa-siswa SMK jurusan otomotif hanya belajar tentang tipe kendaraan ringan saja.

SMK 2 Pengasih Kulon Progo Terima Hibah Truk Hino Indonesia

Photo :
  • Cahyo Edi
JPO Baru Dibangun di Cilincing Langsung Hancur Ditabrak Truk Kontainer

Lewat hibah truk itu, Masato berharap ada peningkatan kapasitas kemampuan siswa SMK tentang mesin kendaraan niaga diesel, baik truk maupun bus. Masato menyebut hibah ini merupakan bagian dari komitmen Hino Indonesia membantu dunia pendidikan.

"Selama ini SMK itu kan mereka belajar kendaraan ringan, yaitu passenger (mobil penumpang) rata-rata. Nah ini untuk pertama kalinya kita kasih commercial car (mobil niaga). Supaya mereka tahu komponen bus dan truk itu seperti apa," kata Masato di SMKN 2 Pengasih, Jumat 6 Januari 2023.

Masato berharap nantinya akan lahir bibit-bibit unggul siap kerja yang dicetak oleh sekolah-sekolah di Tanah Air. Terkhusus, memahami seluk-beluk kendaraan komersial produksi Hino Motors.

Masato membeberkan selama ini antara SMKN 2 Pengasih dan HMSI juga sudah terjalin kerjasama program magang siswa. Saat ini ada empat orang siswa SMKN 2 Pengasih yang tengah mencari keahlian baru di perusahaannya.

SMK 2 Pengasih Kulon Progo Terima Hibah Truk Hino Indonesia

Photo :
  • Cahyo Edi
Heboh Pemuda di Demak Rusak Jembatan Agar Truk Bisa Lewat, Polda Jateng Angkat Bicara


"Februari ini mereka selesai (magang), lalu kembali ke sekolah. Sampai lulus baru kita hire (rekrut)," tutur Masato.

Selain memberikan sumbangan berupa truk, lewat kegiatan CSRnya, Hino Indonesia juga menjalin kerjasama berupa pelatihan kepada guru-guru SMK untuk pengembangan kapasitas dan kemampuan pembelajaran.

Nantinya para guru ini akan memberikan pembelajaran sesuai dengan
kurikulum mengenai pengetahuan dan perawatan mesin kendaraan niaga diesel baik itu truk maupun bus Hino.

Sebagai fasilitas belajar dan pelatihan otomotif untuk guru dan siswa, Hino Indonesia memberikan media praktikum berupa truk Hino ataupun engine cutting model untuk praktik belajar dan sinkronisasi dengan kurikulum.

Saat ini Hino Indonesia telah menjalin kerjasama di empat SMK di DIY yaitu SMKN 2 Wonosari, SMKN 2 Kota Yogyakarta, SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan SMKN 2 Pengasih.

Untuk SMKN 2 Wonosari dan SMKN 2 Yogyakarta, Hino Indonesia menghibahkan masing-masing truk Hino Dutro sebagai media pembelajaran. Sedamgkan untuk SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Hino Indonesia memberikan Komponen Transmisi serta Cylinder Head, Cylinder Block, Camshaft, Connecting Rod, Crankshaft (5C) untuk media pembelajaran siswa.

Sementara itu, Kepala SMKN 2 Pengasih, Sumarno mengatakan, program pelatihan ini tak lain ditujukan demi mendekatkan para siswa ke dunia industri lewat para pengajar yang mengantongi sertifikat kompetensi dari HMSI.

"Dengan guru-guru yang hebat bisa menghasilkan siswa yang hebat juga. Maka program magang ini jadi program kita ke depan. Sehingga apa yang diberikan ke siswa itu juga akan sesuai yang di industri, jika gurunya kompeten juga," tutur Sumarno.
Sejumlah bus dan truk mengantre untuk mendapar giliran masuk ke kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, yang akan menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten, pada masa arus balik Idul Fitri 1445 Hijriah, Minggu, 14 April 2024.

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

Kendaraan bus dan truk memadati Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, sebelum menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten, saat arus balik hari keempat.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024