10 Provinsi dengan Guru Besar Terbanyak, Jawa Barat Teratas!

Ilustrasi dosen mengajar mahasiswa.
Ilustrasi dosen mengajar mahasiswa.
Sumber :
  • Instagram/gang5al

VIVA Edukasi – Dunia akademik tentu terikat dengan jabatan akademik yang dipangku oleh seluruh dosen di Indonesia. Jabatan ini dimulai dari Asisten Ahli, kemudian Lektor, Lektor Kepala, dan yang tertinggi adalah Guru Besar yang kemudian juga disebut sebagai Profesor.

Guru Besar yang di dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, menjelaskan jabatan akademik ini juga disebut sebagai Profesor. Guru Besar atau Profesor diketahui sebagai jabatan akademik atau jabatan fungsional tertinggi bagi dosen yang mengajar di lingkungan perguruan tinggi.

Ilustrasi dosen.

Ilustrasi dosen.

Photo :
  • U-Report

Semakin banyak jumlah dosen yang memangku jabatan akademik tinggi, khususnya Guru Besar. Maka akan semakin menunjukkan kredibilitas perguruan tinggi di mata masyarakat. Guru Besar juga memiliki peran penting dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi, baik di Indonesia maupun di dunia.

Namun, seiring berjalannya waktu, aturan kemudian diubah. Setelah tahun 2007, hanya dosen yang sudah menyelesaikan studi S3 atau Doktor yang bisa mengajukan diri menjadi Guru Besar.

Kabar terbaru menyebutkan, bahwa Indonesia memiliki sedikitnya 10 provinsi dengan guru terbesar terbanyak di Indonesia. Jadi dalam satu provinsi dengan banyak perguruan tinggi baik PTN maupun PTS. Berikut daftarnya yang VIVA lansir dari PDDikti.kemdikbud.go.id:

Halaman Selanjutnya
img_title