4 Tips Merawat Jersey Bola Biar Awet Tak Cepat Rusak

Jersey Cristiano Ronaldo di toko klub sepak bola Al Nassr di Riyadh, Arab Saudi
Sumber :
  • AP Photo

VIVA Edukasi – Bagi para pecinta sepak bola, mereka tak hanya menonton, tetapi juga mengoleksi jersey bola tim favorit. Kaos jersey bola biasanya terbuat dari kain licin yang mudah dicuci manual. Namun, jersey bola perlu dirawat secara benar agar keawetannya terjaga. Berikut 4 tips merawat jersey bola agar awet yang dapat VIVA berikan:

Witan Sulaeman Pecah Kepala Saat Timnas Indonesia Vs Guinea, Sang Istri Langsung Ungkap Kondisinya

1. Saat Mencuci

Ilustrasi mencuci pakaian.

Photo :
  • U-Report
5 Tips Jaga Privasi di WhatsApp, Pokoknya Cuma Kamu dan Dia yang Tahu

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam merawat jersey adalah cara mencucinya. Saat mencuci jersey, lebih baik menggunakan tangan ketimbang mesin cuci.

Pasalnya, menggunakan mesin cuci bisa membuat jersey robek dengan bahannya yang tipis. Saat mencuci, jersey harus diperas di bagian yang tepat.

Gara Gara Komentarnya Suka Aneh, Coach Justin Ogah Sepanggung Lagi Bareng Bung Towel

Hindari memeras jersey pada bagian yang memiliki sablon. Memeras yang terlalu kuat akan membuat sablonan terlipat dan menjadikannya mudah terlepas.

Apabila ada noda pada jersey, sebelum mencuci, fokuskan pada noda yang tampak. Hindari mencuci jersey menggunakan pemutih. Kandungan zat pada pemutih akan membuat jerseymu rusak

Kemudian setelah mengucek secara manual, masukkan jersey di cairan yang sudah diberi pewangi. Merendam di air pewangi bisa dilakukan 5-10 menit. Hal ini agar serat kain bisa lebih awet dan pastinya makin harum saat dikenakan.

Namun, jika terpaksa mencuci dengan mesin cuci, jangan campur jersey dengan pakaian lain. Lebih baik cuci jersey dengan sesama jersey. Lalu aturlah suhu dan putaran yang paling rendah. Pilihan deterjen juga bisa menjadi catatan. Pilih deterjen yang punya teknologi untuk mempertahankan warna pakaian.

2. Saat Menjemur

Ilustrasi mencuci baju.

Photo :
  • U-Report

Setelah mencuci dengan tangan, perhatikan cara menjemur jersey supaya awet. Jemur jersey dengan posisi terbalik, bagian dalam berada di luar, sehingga bagian luar tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Tujuannya agar warna jersey bisa tahan lebih lama. Untuk menjaga agar sablon atau bordiran tidak terlipat, gunakan hanger untuk menjemur jersey.

3. Saat Menyetrika

Ilustrasi setrikaan.

Photo :
  • Setrikaan

Anjuran membalik jersey tidak hanya dilakukan saat menjemur. Saat menyetrika, sebaiknya jersey tetap dibalik.

Intinya sama, agar bordiran atau sablon di bagian luar jersey tidak mudah rusak. Selain itu perhatikan juga suhu setrika. Jangan sampai terlalu panas di satu titik tertentu. Gerakan menyetrika juga harus diperhatikan. Gunakan gerakan tekan dan geser daripada menggosok terlalu kencang.

4. Saat Menyimpan Jersey

Lemari pakaian.

Photo :
  • U-Report

Setelah mencuci, menjemur, dan menyetrika, langkah terakhir dalam merawat jersey bola adalah cara menyimpan.

Simpan jersey dengan cara digantung, karena Jersey biasanya memiliki bagian sablon di sejumlah bagian. Apalagi jersey yang memiliki nomor punggung. Menaruhnya dengan melipat lama kelamaan dapat berpengaruh pada sablonan. Dengan hanger jersey, bagian sablon menjadi lebih tahan lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya