Pemkab Bireuen Aceh Larang Siswa Bawa Lato-lato ke Sekolah

Lomba lato-lato.
Sumber :
  • tvOne/Denden Ahdani - Tasikmalaya

VIVA Edukasi - Siswa dari tingkat TK, SD dan SMP di Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh dilarang untuk membawa mainan lato-lato ke lingkungan sekolah.

Sekolah di Papua Barat Menyambut Workshop Daring Literasi Digital dengan Antusias

Aturan larangan itu dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat menanggapi banyaknya siswa yang membawa lato-lato hingga mengganggu kegiatan belajar.

Viral, Siswi Ini Tidak Jadi Berangkat Sekolah Gegara Tak Punya Ongkos

Kadisdikbud Bireuen, Muhammad Al Muttaqin mengatakan, aturan itu sudah dikeluarkan melalui Surat Edaran Resmi Nomor: 425.1/114 yang mulai berlaku 9 Januari 2023.

Pihaknya melarang siswa membawa alat permainan lato-lato ke lingkungan sekolah yang ada di Bireuen karena salah satu alasannya ialah bisa mengganggu fokus siswa dalam belajar.

Himpunan Alumni Sekolah Bisnis IPB Berbagi Kebahagiaan dengan Memberikan Santunan Anak Yatim

“Karena alat permainan tersebut rentan pecah dan putus tali sehingga dikhawatirkan dapat menyebabkan cedera bagi yang bermain maupun teman di dekatnya,” kata Al Muttaqin dalam keterangannya, Selasa, 10 Januari 2023.

Untuk keamanan dan kenyamanan, pihaknya berharap agar orang tua murid bisa memberi pengertian ke anaknya bahwa mainan tersebut bisa membahayakan dan agar tidak membawanya ke sekolah.

Mainan Lato-lato

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

“Karena ini juga dapat mengganggu aktivitas pembelajaran di sekolah, permainan lato-lato sudah banyak memakan korban sampai ada yang cidera, semoga ini tidak terjadi di Kabupaten Bireuen,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya