Universitas Pancasila Sukses Implementasikan Program Kampus Merdeka

Universitas Pancasila Implementasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Edukasi – Pemerintah menyadari pentingnya memberikan kebermanfaatan untuk semua pemangku kepentingan yang ingin terlibat aktif dalam proses pembentukan ekosistem Merdeka BelajarKampus Merdeka, dan sekaligus mengembangkan konektivitas pengembangan ilmu dan teknologi di perguruan tinggi dengan industri.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Oleh karena itu, pemerintah merasa perlu untuk memberikan insentif yang mendorong penyelesaian permasalahan strategis nasional dan berbagai tantangan Industri dalam ekosistem Kampus Merdeka melalui kemitraan perguruan tinggi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Universitas Pancasila Implementasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Photo :
  • Istimewa
Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan skema insentif dana padanan (matching fund) yang mengajak pihak industri dan pemangku kepentingan terkait untuk bersama-sama terlibat dalam proses terbentuknya ekosistem Kampus Merdeka – Merdeka Belajar. Dunia industri, dunia kerja dan lembaga mitra terkait dengan adanya skema insentif matching fund. 

Melalui program matching fund tahun 2022, Universitas Pancasila bermitra dengan PT. HAKAASTON berhasil mendapatkan pendanaan dengan topik: Komersialisasi Nanogrout untuk Material Perbaikan Jalan, Struktur Bangunan, dan Bearing Pad Jembatan.

Alasan Kejaksaan Agung Izinkan 5 Smelter Timah Tetap Beroperasi Meski Disita

Menurut Prof. Dr.Ir. Jonbi, MT., MM., MSi, INV dan Dr. Ir. Indra Tjahjani, MT, INV sebagai pengusul, bahwa output dari program ini adalah produk Nano Grout yang siap dikomersialisasikan.

Keterlibatan mahasiswa dalam matching fund ini diarahkan untuk mendukung 8 program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), salah satunya keterlibatan mahasiswa dalam riset atau penelitian. Mahasiswa yang terlibat dalam matching fund ini berjumlah 4 mahasiswa terlibat langsung  (luring) dan 84 mahasiswa secara daring.

Universitas Pancasila Implementasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Photo :
  • Istimewa

Dalam program matching fund ini mahasiswa dapat mengetahui, memahami apa itu riset, bagaimana suatu proses riset dan apa yang menjadi fokus dalam komersialisasi riset. "Secara spesifik keterlibatan mahasiswa IKU 2 yakni Persentase mahasiswa program sarjana yang mendapatkan pengalaman 20 sks di luar kampus atau meraih prestasi minimal tingkat nasional," ujar Prof Junbi dalam keterangannya yang diterima VIVA, Kamis (19/1).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya