7 Keutamaan Puasa di Bulan Rajab, Salah Satunya Dibukakan Pintu Surga

Ilustrasi puasa
Ilustrasi puasa
Sumber :
  • pixabay

VIVA Edukasi – Dalam penanggalan Islam bulan Rajab banyak memiliki keutamaan dan kemuliaan sehingga dituntut untuk melaksanakan sunah Rasulullah. Satu di antaranya adalah puasa Rajab, memiliki hukum sunah yakni apabila dikerjakan mendapat pahala, jika tidak dilaksanakan tidak mendapatkan dosa.

Puasa Rajab dapat dilaksanakan selama satu hari, tujuh hari, delapan hari, atau sepuluh hari karena tidak ada ketentuan pasti jumlah yang harus ditempuh. Namun, apabila dilakukan selama 1 bulan penuh hukumnya akan berubah menjadi makruh.

Ilustrasi puasa.

Ilustrasi puasa.

Photo :
  • U-Report

Puasa ini juga bisa dilaksanakan dengan jeda, misal satu hari puasa, satu hari tidak, kemudian dilanjutkan puasa pada hari berikutnya. Keutamaan Puasa Rajab dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. Melaksanakan Puasa Maksimal 10 Hari

Rasulullah SAW bersabda “Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga . Dan apabila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.” (HR.At-Thabrani).

Halaman Selanjutnya
img_title