Mengapa dalam Satu Minggu ada Tujuh Hari?

Ilustrasi kalender.
Ilustrasi kalender.
Sumber :
  • pixabay

VIVA Edukasi – Semua orang yang hidup di muka bumi pasti tahu, dalam 1 minggu ada 7 hari, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Tapi, bagi orang yang memiliki rasa keingintahuannya sangat tinggi, pasti ingin tahu kenapa dalam 1 minggu hanya ada 7 hari, tidak 8, 9, ataupun 100 hari.

Jawabannya sederhana, karena memang sudah ditentukan seperti itu dari jaman dulu sekali. Sistem tujuh hari dalam satu minggu sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Banyak sejarawan percaya bahwa sistem itu mungkin dimulai oleh orang Babilonia kuno.

Ilustrasi kalender.

Ilustrasi kalender.

Photo :
  • Pixabay

Periode sistem waktu dapat digambarkan dari sisi astronomi, seperti pergerakan Bumi, Bulan, dan Matahari. Misalnya, rotasi Bumi pada porosnya dapat memberikan kita hitungan 1 hari.

Pergerakan Bumi mengelilingi Matahari memberikan kita hitungan tahun. Namun, tidak ada penjelasan alami untuk sistem tujuh hari dalam seminggu. Beberapa ahli percaya orang Babilonia kuno mungkin telah mengadopsi sistem waktu tujuh hari seminggu untuk menggambarkan siklus individu Bulan sepanjang bulan.

Siklus ini ternyata tidak sempurna dan sejalan dengan sistem tujuh hari seminggu, karena harus membutuhkan satu atau dua hari ekstra untuk ditambahkan ke satu minggu setiap beberapa bulan.

Halaman Selanjutnya
img_title