5 Waktu Mustajab untuk Berdoa bagi Umat Muslim Agar Cepat Dikabulkan

Jemaah haji berdoa dan berzikir di tenda Arafah
Sumber :
  • MCH/Zaky Al Yamani

VIVA Edukasi – Sebagai umat Muslim, doa merupakan kegiatan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW agar manusia senantiasa dekat dengan Allah SWT. Bahkan dalam Islam sendiri setiap kegiatan memiliki doa khusus.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Alquran Surat Al Baqarah ayat 186 yang artinya “Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.”

Presiden Joko Widodo berdoa bersama Maimoen Zubair alias Mbah Moen (kanan) dan Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi Bin Yahya atau Habib Luthfi.

Photo :
  • istimewa
Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Namun, tahukah Anda bahwa terdapat waktu-waktu khusus yang memiliki keutamaan untuk umat Muslim memanjatkan doa. Diyakini apabila Anda melakukan doa dalam waktu tersebut maka besar kemungkinan Allah akan mengabulkan doa yang diminta.

Melansir dari beberapa sumber, berikut 5 waktu mustajab yang dapat Anda maksimalkan untuk meminta agar doa cepat diijabah (dikabulkan) oleh Allah SWT.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

1. Doa diantara dua khutbah Shalat Jumat

Khutbah Jumat adalah salah satu syarat pelaksanaan Shalat Jumat yang dilakukan sebanyak dua kali. Khutbah Jumat yang pertama dengan kedua harus dipisah dengan duduk.

Artinya, sebelum menyampaikan khutbah kedua, khatib harus duduk terlebih dahulu. Sementara itu, saat khatib sedang duduk (menjeda khutbah) para jamaah dianjurkan memperbanyak baca doa. Sebab waktu di antara dua khutbah Jumat adalah waktu yang mustajab untuk berdoa.

Menukil Kitab al-Fatawi al-Fiqhiyyah al-Kubra karangan Syekh Ibnu Hajar al-Haitami (Mazhab Syafi'i) menerangkan; “Sunah bagi jamaah Jumat adalah menyibukan diri dengan berdoa saat duduknya khatib di antara dua khutbah, sebab telah dinyatakan bahwa berdoa pada waktu tersebut diijabah.”

2. Malam Lailatul Qadar

Orangtua Berdoa | Sumber: Pixabay

Photo :
  • U-Report

Lailatul Qadar atau yang biasa disebut Malam Seribu Bulan merupakan malam khusus yang diyakini datang pada malam ganjil di bulan Ramadhan. Diyakini Malam Lailatul Qadar merupakan malam istimewa dimana setiap doa yang dipanjatkan maka akan dengan mudah Allah SWT mengabulkannya.

Menurut Habib Salim bin Abdullah Asy-Syathiri (Alm) berkata bahwa Malam Lailatul Qadar diyakini sering terjadi pada tanggal atau malam-malam ganjil, yakni 21,23,25,27 dan 29 di bulan Ramadhan.

Menukil kitab Al-Baghawi dalam Syarhus Sunnah halaman 6. Imam Syafi’i berkata:

“Menurut pemahamanku. wallahu ‘alam, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab sesuai yang ditanyakan, ketika ditanyakan kepada beliau: “Apakah kami mencarinya (Lailatul Qadar) di malam ini (21,23,25,27 dan 29)?”, beliau menjawab: “Carilah di malam tersebut”

3. Hari Arafah

Jabal Rahmah di Arafah saat Wukuf

Photo :
  • MCH 2022

Doa di hari Arafah adalah yang paling utama atau afdholu du’a menurut sabda Rasulullah SAW. Bagi umat Islam baik yang sedang melaksanakan wukuf di arafah sebagai bagian dari ibadah haji dianjurkan memperbanyak doa di hari Arafah. Hal yang sama bisa juga dipanjatkan oleh mereka yang sedang tidak berhaji.

Rasulullah SAW bersabda: “ Doa terbaik adalah doa pada hari Arafah. Sedangkan doa terbaik yang aku dan para nabi terdahulu panjatkan adalah laa ilaha illallahu wahdahu la syarikalah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ala kulli syai’in qadir.” (HR. Tirmidzi)

Artinya: “Tidak ada Tuhan (yang disembah) kecuali hanya Allah SWT semata. Tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya segala kerajaan, dan pujian, dan Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu.”

4. Di pertengahan malam

Berdoa

Photo :
  • U-Report

Pertengah malam biasanya di sekitar waktu sahur (akhir malam) di mana ini adalah waktu turunnya Allah ke muka Bumi. Maka Allah Subhanahu wa ta'ala memberikan kelebihan kepada hamba-Nya untuk memenuhi kebutuhan hamba-hamba-Nya dan menghilangkan kesulitannya. Allah berfirman:

"Siapa yang berdoa kepada-Ku, akan Saya kabulkan. Siapa yang meminta-Ku akan Saya berikan. Dan siapa yang memohon ampunan kepada-Ku, saya akan ampuni dia." (HR. Bukhari)

5. Ketika hujan

Ilustrasi Hujan lebat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Waktu terbaik untuk berdoa adalah ketika turun hujan. Sebagaimana dalam hadits Sahl bin Sa’d marfu’an sampai kepada Nabi Shallallahu alaihi wa sallam:

"Dua (doa) tidak ditolak, doa ketika ada adzan dan dibawa air hujan." HR. Abu Dawud dinyatakan shahih Albani di Shahih Jalmi’, (3078)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya