Informasi Lengkap Jadwal, Syarat dan Cara Daftar Beasiswa LPDP 2023

logo LPDP
Sumber :
  • Situs LPDP

VIVA Edukasi – Pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) membuka pendaftaran beasiswa tahap 1 per 25 Januari 2023. Pendaftaran akan dibuka hingga sebulan ke depan, yakni 25 Februari 2023.

DPR Sebut Penerimaan Negara dari Bea Cukai Tiap Tahun Capai Target

Adapun, seleksi administrasi akan dimulai sejak 27 Februari dan pengumuman seleksi akan disampaikan pada 14 Maret. Selanjutnya, calon peserta masih harus mengikuti sejumlah seleksi lainnya hingga pengumuman hasil seleksi substansi (final) yang dilakukan pada 8 Juni 2023 mendatang.

logo LPDP

Photo :
  • Situs LPDP
Begini Alur Pengenaan Pajak Barang Bawaan Penumpang dari Luar Negeri

Kemudian, LPDP akan membuka kembali pendaftaran tahap II pada 9 Juni sampai 9 Juli 2023. Kemudian ditutup pada 7 November 2023 dengan pengumuman hasil seleksi substansi.

LPDP berencana untuk melakukan proses seleksi secara daring atau luring, atau gabungan daring dan luring (hybrid) menyesuaikan kebijakan LPDP dan akan diinformasikan kemudian.

Marak Korupsi Dana Desa, Kemenkeu Ancam Blacklist dan Hentikan Penyaluran

Sehingga, pada aplikasi pendaftaran, pendaftar harus memilih kota/lokasi Seleksi yang disediakan oleh LPDP. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi jika nantinya Seleksi akan dilakukan secara luring atau hybrid.

Berikut ini, delapan syarat umum yang harus dipenuhi:

  • Pendaftar telah lulus dari program D4/S1 atau S2 perguruan tinggi terakreditasi.
  • Pendaftar tidak sedang menempuh studi degree/non-degree baik S2 maupun S3.
  • Pendaftar tidak sedang mendaftar, menerima, atau akan menerima beasiswa lain.
  • Bagi pendaftar lulusan luar negeri, wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK.
  • Pendaftar wajib mengisi profil pendaftaran dengan lengkap.
  • Pendaftar wajib menandatangani surat pernyataan.
  • Pendaftar menuliskan komitmen kembali ke Indonesia, rencana pascastudi, dan rencana kontribusi setelah menyelesaikan studi.
  • Pendaftar program S3 diwajibkan memiliki proposal penelitian.

Tahun ini, LPDP akan membuka tiga kategori beasiswa. Pertama, beasiswa afirmasi: untuk Putra-Putri Papua, daerah afirmasi, prasejahtera, dan penyandang disabilitas.

Kedua, beasiswa targeted untuk penguatan sektor publik dan sektor industri. Nantinya beasiswa ini berbentuk Beasiswa Pendidikan Kader Ulama, Beasiswa PNS, TNI, dan Polri, Beasiswa Kerja Sama Bidang Metalurgi dan Sains Material, dan Beasiswa Kewirausahaan.

Ketiga, beasiswa umum yang mencakup beasiswa reguler, Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD), dan Beasiswa Co-Funding (parsial).

Pendaftaran beasiswa tahun ini dibuka dalam 2 gelombang. Berikut tanggal-tanggal pentingnya:

Gelombang 1

logo LPDP

Photo :
  • Situs LPDP
  • Pendaftaran: Februari - Maret 2023
  • Seleksi Administrasi: Maret-April 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: April 2023
  • Seleksi Bakat Skolastik: April 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi Bakat Skolastik: April 2023
  • Seleksi Substansi: Juni-Juli 2023
  • Pengumuman LPDP Hasil Seleksi Substansi: Juli 2023

Gelombang 2

  • Pendaftaran Beasiswa: Juli-Agustus 2023
  • Seleksi Administrasi: Agustus 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: Agustus 2023
  • Seleksi Bakat Skolastik: Agustus-September 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi Bakat • Skolastik: September 2023
  • Seleksi Substansi: September-November 2023
  • Pengumuman LPDP Hasil Seleksi Substansi: November 2023

LPDP pun mengingatkan pendaftaran dilakukan secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/. Peserta wajib melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran

Perserta juga harus memastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.

"Pastikan dokumen-dokumen pendukung seperti Surat Rekomendasi, Surat Keterangan atau yang sejenis diterbitkan pada tahun 2023 dan sesuai ketentuan LPDP," tulis LPDP.

Tata Cara Pendfataran akun LPDP 2023:

logo LPDP

Photo :
  • Situs LPDP
  1. Buka laman pendaftaran pada tautan : https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id
  2. Klik pada bagian Beasiswa LPDP
  3. Kemudian, klik Belum punya akun? Buat akun disini bagi pendaftar yang belum memiliki akun
  4. Selanjutnya akan muncul informasi, kemudian klik OK
  5. Isi form yang telah disediakan dengan informasi yang benar dan sesuai dengan keadaan saudara
  6. Setelah selesai mengisi formulir pendaftaran, silahkan klik 'buat akun'. Satu orang pendaftar tidak boleh memiliki lebih dari 1 (satu) akun, karena adanya verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK), sehingga NIK hanya dapat digunakan pada satu akun.

Verifikasi akun LPDP 2023:

  1. Sistem akan memunculkan pesan berhasil dan mengirimkan link verifikasi pada email pendaftar sesuai dengan email yang didaftarkan. Catatan: Pendaftar dapat mengecek folder Spam jika email verifikasi tidak masuk dalam Inbox
  2. Klik pada tulisan 'Verifikasi Akun' yang disertakan di dalam email di atas, maka akun Anda telah terverifikasi
  3. Selanjutnya, Anda dapat masuk ke dalam sistem menggunakan Email dan Password yang telah didaftarkan sebelumnya. Klik Login untuk masuk.

Update Informasi Data Diri dan Keluarga:

  1. Setelah login, Anda dapat melihat, mengubah, ataupun melengkapi informasi terkait identitas diri dan identitas keluarga. Pastikan data profil Anda diisi dengan lengkap dan benar.
  2. Setelah melengkapi data diri, silahkan klik OK
  3. Kemudian anda diharuskan melakukan verifikasi nomor whatsapp pada bagian Nomor Handphone klik tombol 'Verifikasi Nomor WhatsApp'.
  4. Setelah itu, Anda akan diarahkan pada halaman Verifikasi Nomor handphone. Verifikasi dilakukan dengan mekanisme mengirim kode OTP ke nomor handphone yang sudah didaftarkan pada saat pengisian data diri. Untuk mendapatkan kode OTP klik KIRIM OTP.
  5. Anda dapat melakukan pengecekan pada aplikasi Whatsapp secara berkala
  6. Kemudian isi Kode OTP sesuai dengan yang tertera pada Whatsapp. Jika kode OTP salah, maka akan muncul peringatan Kode OTP yang Anda masukan tidak benar. Mohon untuk mencoba kembali. Dan tombol VALIDASI tidak bisa diklik
  7. Jika kode OTP benar, maka tombol VALIDASI dapat diklik. Kemudian klik VALIDASI
  8. Dan sistem akan mengarahkan ke Profil Anda, serta menampilkan peringatan Sukses melakukan verifikasi nomor handphone

Jika sudah silakan mendaftar beasiswa yang Anda pilih, dengan cara berikut ini:

logo LPDP

Photo :
  • Situs LPDP
  1. Arahkan kursor pada label "Beasiswa" yang terletak di pojok kiri atas, kemudian klik dan pilih Daftar Beasiswa. Anda diminta membaca terlebih dahulu semua ketentuan terkait persyaratan masing[1]masing program beasiswa LPDP. Jika Anda yakin telah membaca dan ingin melanjutkan proses pendaftaran beasiswa, silahkan klik OK. Kemudian Anda akan diarahkan pada halaman informasi jenis-jenis beasiswa LPDP yang terdiri dari Program Umum, Afirmasi, dan Targeted Group, yang sedang dibuka oleh LPDP. Silahkan scroll ke bawah dan klik Daftar.
  2. Kemudian akan muncul halaman Validasi Foto, silahkan Anda unggah foto diri terbaru yang memenuhi kriteria. Jika sudah mengunggah foto diri, silahkan checklist kotak pernyataan dan selanjutnya klik Daftar Beasiswa.
  3. Setelah selesai validasi Foto, maka anda diarahkan untuk melakukan Validasi Data Pendidikan. Silahkan masukan Nomor Induk Mahasiswa yang sudah sesuai, kemudian klik Validasi.
  4. Jika benar maka akan muncul Verifikasi Data Pendidikan terakhir, Klik Verifikasi untuk melanjutkan proses.
  5. Kemudian isi semua form dengan informasi yang benar sesuai dengan keadaan Anda saat ini. Pada bagian pertama, Anda harus menjawab pertanyaan Apakah Anda seorang CPNS/PNS/TNI/Polri, jika jawaban Anda IYA, maka Anda harus melengkapi informasi instansi asal Anda termasuk informasi Eselon 1 dan Eselon 2. Kemudian klik Berikutnya. Namun, jika jawaban Anda TIDAK, Anda dapat langsung klik Berikutnya.
  6. Pada bagian selanjutnya, silahkan pilih apakah Anda sudah atau belum memiliki LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi Tujuan LPDP. Jika Anda memiliki LoA Unconditional, maka dokumen tersebut harus di unggah pada aplikasi pendaftaran.
  7. Kemudian, Anda dapat memilih program beasiswa dan program Master/Doktor Dalam/Luar Negeri yang sesuai dengan profil diri Anda. Ingat, program beasiswa terdiri dari Beasiswa Reguler, Perguruan Tinggi Utama Dunia, Kewirausahaan, PNS/TNI/POLRI, Putra-Putri Papua/Papua Barat, Prasejahtera, Daerah Afirmasi, dan Penyandang Disabilitas. Untuk memunculkan jenis program beasiswa tersebut, Anda harus memasukkan tiga huruf pertama jenis program beasiswa yang Anda inginkan, misalnya Reguler, maka masukkan PNS pada kolom program beasiswa.
  8. Selanjutnya, Anda perlu memberikan informasi tentang kapan Anda akan memulai studi dengan memilih tahun dan bulan perkiraan mulai studi. Jika sebelumnya Anda memilih jenis program Reguler Maka akan muncul Skema Pembiayaan pada bagian teratas
  9. 9. Setelah memilih jenis program beasiswa, Anda perlu mengisi tentang program studi yang akan Anda pelajari, mulai dari Sektor, Subjek, Bidang Keilmuan, dan Sub Bidang Keilmuan. Jika sudah terisi semua, maka klik BERIKUTNYA.
  10. Kemudian Anda harus mengisi informasi Perguruan Tinggi Tujuan dan Program Studi yang sesuai dengan LoA unconditional, jika Anda pada bagian sebelumnya menyatakan memiliki LoA unconditional. Namun, jika Anda menyatakan tidak memiliki LoA unconditional, maka perlu memberikan tiga perguruan tinggi tujuan dan program studi yang sejenis/serumpun. Jika semua form sudah terisi, silahkan klik BERIKUTNYA.
  11. Selanjutnya silahkan isikan nama kota yang akan menjadi tempat Anda melakukan seleksi substansi (jika seleksi dilakukan secara offline). Setelah itu, Anda dapat menjawab pertanyaan pada form selanjutnya terkait keadaan Anda apakah saat ini sedang atau akan menerima beasiswa lain. Jika menjawab IYA, maka Anda tidak dapat melanjutkan pendaftaran beasiswa. Namun, jika Anda TIDAK sedang mendaftar atau sedang berstatus penerima beasiswa dari institusi/lembaga/organisasi lainnya, maka Anda dapat melanjutnya proses pendaftaran beasiswa. Kemudian klik OK.

Jika sudah selesai, calon penerima wajib mengisi informasi penilaian diri, riwayat pendidikan, pekerjaan dan lain sebagainya. Tidak lupa mengunggah semua dokumen yang dibutuhkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya