4 Keuntungan Kuliah di Luar Negeri, Soal Biaya Ada Solusinya!

Beasiswa kuliah luar negeri
Sumber :
  • pixabay

VIVA Edukasi – Memilih kuliah di luar negeri bisa menjadi pilihan bagi siswa SMA atau mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya. Alih-alih mencari tempat pendidikan yang bagus, kamu bisa memanfaatkan beasiswa dan memilih studi di luar negeri.

Kamu pasti pernah berpikir bahwa kuliah di luar negeri akan membutuhkan biaya yang sangat mahal. Memang, benar, biaya kuliah di luar negeri lebih mahal dibandingkan kuliah di dalam negeri. Tetapi perlu diingat, banyak beasiswa yang menawarkan untuk kamu bisa berkuliah di luar negeri.

Kasus Korupsi Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Cegah Eks Ketua DPD Gerindra Malut ke Luar Negeri

Ilustrasi kuliah.

Photo :

Selain Izin ke Anak, Natasha Rizky Tektokan Dulu Sama Desta Soal Ini Kalau Mau ke Luar Negeri

“Jadi, kuliah di luar negeri, why not?” itu kalimat yang dituliskan oleh akun instagram resmi Badan Pengujian Pendidikan Kemendikbudristek (BP3) @bp3_kemdikbud, narasi tersebut disematkan dalam unggahan foto yang menjelaskan keuntungan berkuliah di luar negeri, Nah, simak 4
BUMN Indonesia Re Gandeng Akademisi untuk Lahirkan Talenta Muda di Industri Asuransi
keuntungan kuliah di luar negeri yang dituliskan tersebut sebagai berikut:

Memberikan Perspektif Berpikir yang Baru

Ketika telah memutuskan untuk kuliah di luar negeri, maka kamu akan memperoleh pengalaman dan budaya baru, hal ini secara langsung akan membuatmu memandang sesuatu dari perpektif yang berbeda.

Tidak jarang ketika kita pergi ke suatu tempat dan melihat yang baru, kita aka membandingkan dengan apa yang biasanya terjadi di tempat asal kita. Bisa jadi, ada hal yang tidak akan kamu sadari jika kamu tidak kuliah di luar negeri.

Memperluas Jaringan Pertemanan Internasional

Ilustrasi berteman.

Photo :
  • U-Report

Kamu nantinya akan bertemu dengan mahasiswa dari negara-negara asing yang memiliki cara pandang, bahasa dan juga kebiasaan yang jauh berbeda dengan masyarakat di negara asalmu. Hal ini tentu membuka masyarakat di negara asalmu.

Hal tersebut tentu akan membuka kesempatan belajar yang amat luas untukmu. Tetapi perlu diingat, tetap berhati-hati. Kamu tetap haru kritis dalam memilih pertemanan, terutama di negara asing atau saat kuliah di luar negeri.

Pengalaman Cara Belajar yang Berbeda

Ilustrasi belajar bersama guru pembimbing

Photo :
  • goodtutorsfinder

Meski kualitas pendidikan sejumlah perguruan tinggi dalam negeri sudah diakui secara internasional, tetapi perguruan tinggi di luar negeri selalu punya caranya masing-masing dalam menawarkan dan menyediakan pengalaman studi yang luar biasa bagi para mahasiswa nya.

Kamu nantinya akan merasakan metode pembelajaran dan kebiasaan belajar yang mungkin tidak pernah kamu rasakan ketika di dalam negeri. Pastinya, kuliah di luar negeri akan memberikanmu beragam insight dan membuka pikiran lebih luas lagi.

Meningkatkan Keterampilan Bahasa Asing

Bahasa Asing Ilustrasi

Photo :
  • U-Report

Menguasai bahasa asing merupakan syarat wajib untuk kuliah di luar negeri, terutama melalui jalur beasiswa. Hal tersebut merupakan suatu kesempatan yang sangat baik untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing kamu, karena jika kuliah di luar negeri, kamu akan benar-benar mengaplikasinnya di kehidupan sehari-hari.

Itulah empat keuntungan kenapa kamu harus memilih kuliah di luar negeri a. Kamu bisa mencari program beasiswa yang kini banyak tersedia untuk mewujudkan rencanamu kuliah di luar negeri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya