5 Hal yang Mungkin Bisa Terjadi Jika Indonesia Tidak Dijajah Bangsa Lain

KBRI Den Haag melaksanakan upacara bendera untuk memperingati HUT ke-77 RI di halaman Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH), Wassenaar, pada Rabu (17/8/2022).
Sumber :
  • ANTARA/HO-KBRI Den Haag.

VIVA Edukasi – Indonesia dikenal sebagai kawasan yang memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Sayangnya, kekayaan sumber daya alam itu memikat bangsa-bangsa lain untuk menguasainya pada masa lampau.

Rahasia Asal-muasal Jangka Jayabaya yang Mengandung Ramalan Masa Depan Nusantara

Alhasil, Indonesia pun pada masa dulu pernah dijajah oleh banyak bangsa. Mulai dari Portugis, Spanyol, Inggris, hingga Belanda, dan terakhir Jepang.

Pekerja paksa era kolonialisme

Photo :
  • http://minanglamo.blogspot.com
Sambut Lebaran 2024, Menko Luhut: Momentum Mempererat Kerukunan Serta Kekompakan

Pada masa lalu, Indonesia masih berbentuk kerajaan yang tersebar di beberapa daerah. Bila saja Indonesia tak pernah dijajah bangsa lain bisa saja ada beberapa hal yang bisa terjadi. Adapun hal-hal yang bisa terjadi jika tak pernah dijajah sebagai berikut.

1. Nama Indonesia Tak akan Ada

Warung Jual Daging Babi, Negara Tidak Pernah Dijajah, dan Arus Mudik 11 Jam dari Bekasi

Seperti diketahui, di masa kolonial, Indonesia bukan berupa negara republik namun berupa beberapa kerajaan. Para pahlawan dari semua kerajaan bersatu untuk melawan kolonialisme. Jika tak ada penjajahan, maka para pahlawan tak mungkin bersatu dan Nusantara tak menyatu menjadi Indonesia.

2. Tak akan Ada Atribut Negara

Lantaran tak akan pernah menyatu dan menjadi sebuah negara, tentu saja tak akan dijumpai atribut negara. Sebab setiap kerajaan yang ada memiliki simbol dan atribut yang berbeda-beda.

3. Masyarakat akan Terpecah/Tersekat

Telinga Aruu khas Suku Dayak

Photo :
  • Istimewa

Selain menunjukkan negara adanya penjajahan oleh kolonial, rupanya membuat masyarakat melebur dan menyatu. Masyarakat yang ada pada setiap suku akan melebur dan tidak membedakan antara satu dengan yang lain.

Namun, jika tak ada penjajah yang datang ke Nusantara, maka masyarakatnya akan tetap bersuku-suku bahkan hingga membuat otoritas sendiri.

4. Terjadi Perang Antar Kerajaan

Ibukota Majapahit

Photo :
  • U-Report

Jika Nusantara tak pernah dijajah mungkin saja hingga detik ini kerajaan yang ada akan saling perang memperebutkan kekuasaan. Hal ini pun berkaca pada sejarah masa lalu, contohnya Majapahit yang melakukan ekspansi wilayah ke Sumatera dan Kalimantan.

5. Indonesia akan Tertinggal

Penampakan dari angkasa sebuah kompleks purbakala peninggalan kerajaan Majapahit di Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Photo :
  • tvOne

Hal yang paling penting jika Indonesia tak dijajah adalah peradaban masyarakatnya yang tertinggal. Sebab, penjajah memberikan hal positif yang berupa sumbangsih kemajuan baik di bidang teknologi, pendidikan, kesehatan, dan hal lainnya.

Adanya alat-alat canggih membuat masyarakat Indonesia yang kurang memahami beragam teknologi menjadi memiliki wawasan baru.

Itulah 5 hal yang bisa terjadi jika Indonesia tidak pernah dijajah bangsa lain. Dengan begitu, penjajah tak melulu soal duka, sebab ada banyak manfaat yang terasa hingga kini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya