Penting Bagi Wanita, 4 Keadaan Istri Harus Meminta Izin Suami

Ilustrasi cium kening istri
Sumber :
  • Pixabay/ StockSnap

VIVA Edukasi – Pernikahan adalah bagian dari ibadah dalam kepercayaan agama Islam. Dua insan yang saling cinta yang siap serta memiliki niat untuk hidup bersama selamanya yang diikat dengan janji dalam pernikahan.

Sandra Dewi Ngaku Takut Tuhan, Suami Malah Korupsi Rp271 Triliun

Baik perempuan dan laki-laki harus memiliki kesiapan tersendiri untuk memasuki lembaran hidup yang baru. Begitu banyak aturan yang harus dipatuhi keduanya berdasarkan pada syariat agama Islam.

Ilustrasi pernikahan.

Photo :
  • U-Report
Kowani Kaji Uji Materi Aturan Pembagian Harta Bersama yang Merugikan Perempuan

Kodrat laki-laki dalam rumah tangga, selain wajib memberi nafkah juga diharuskan menjaga kehidupan istrinya. Ia berhak untuk melakukan segala hal demi keselamatan istri tercinta.

Salah satu hal paling penting dalam rumah tangga yaitu restu ataupun izin suami. Segala hal yang akan dilakukan istri, hendaknya telah diketahui dan direstui oleh suami.

Istri Pegang Semua Gaji Hingga ATM Suami, Ustaz Khalid Basalamah: Anda Tidak Punya Hak

Dalam Islam sendiri terdapat empat keadaan yang mengharuskan istri meminta izin suami, sebagaimana hal itu telah kami rangkum dari beberapa sumber, Rabu 22 Februari 2023:

1. Ketika ingin berpuasa sunnah

Ilustrasi pernikahan.

Photo :
  • Freepik/freepik.diller

Memiliki keinginan untuk melakukan puasa sunnah sebetulnya merupakan hal yang baik dan dianjurkan dalam Islam. Namun, ini menjadi dilarang apabila seorang istri melaksanakan puasa sunnah tanpa sepengetahuan suaminya. Sesuai dengan hadis dari Rasulullah SAW berikut:

“Tidak boleh seorang wanita berpuasa selain Ramadhan sedangkan suaminya sedang ada (tidak bepergian) kecuali dengan izin suaminya”. (HR. Abu Dawud)

Hadits ini menunjukkan bahwa pelayanan istri kepada suami yang sedang ada di rumah adalah dalam rangka memenuhi hak-haknya. Karena itu, ketika istri akan berpuasa sunnah, ia semestinya meminta izin terlebih dahulu kepada suami.

2. Memasukkan orang lain ke rumah

Ilustrasi menikah.

Photo :
  • U-Report

Selain melarang puasa sunnah tanpa izin suami, Islam juga melarang istri memasukkan orang lain ke rumah tanpa izin. Hal ini  sebagaimana dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan

“Seorang istri tidak boleh mengizinkan orang lain masuk ke rumahnya kecuali dengan izin suaminya.” (HR. Bukhari Muslim)

Terkait hadis di atas Imam Nawawi menjelaskan bahwa jika ada seorang laki-laki datang bertamu ke rumah seorang perempuan yang suaminya sedang tidak berada di rumah, dan ia sendirian di dalam rumah, maka tidak semestinya perempuan itu menerimanya. Imam Nawawi menghukuminya haram karena unsur khalwah (menyepi antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram).

3. Saat ingin keluar rumah

Ilustrasi menikah.

Photo :
  • U-Report

Terdapat hadis yang membahas mengenai larangan perempuan yang keluar tanpa izin dari suami. Hadis ini biasanya ini digunakan sebagai legitimasi mutlak melarang tindakan tersebut.

Rasulullah SAW mengatakan bahwa hak suami atas istrinya adalah seorang istri tidak diperbolehkan keluar dari rumahnya kecuali dengan izin suami. Apabila ia melakukannya maka ia dilaknat oleh malaikat rahmat dan malaikat ghodob sampai ia bertaubat,” (HR. Abu Daud).

4. Memakai uang suami

ilustrasi meminta uang kepada istri

Photo :
  • U-Report

Imam Nawawi menjelaskan terdapat dua makna hadis tentang konteks ini. Pertama setiap istri boleh menggunakan uang suami tanpa izin untuk biaya yang pada umumnya diizinkan suami seperti kebutuhan dan biaya ringan.

Sementara istri harus meminta izin terlebih dahulu kepada suami jika ingin menggunakan uangnya dalam jumlah yang banyak seperti memberi pinjaman kepada orang lain, atau membangun bisnis dan yang memerlukan biaya-biaya besar lain.

"Tidak boleh bagi seorang wanita memberikan sesuatu kecuali dengan seizin suaminya." (HR Ahmad)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya