Penulis Buku Teknik Prasarana dan Transportasi Raih Rekor MURI 2023

Penulis buku bertajuk Teknik Prasarana dan Transportasi dari PSP4 raih Rekor MURI 2023
Sumber :
  • Istimewa/VIVA

VIVA Edukasi  – Penulis buku bertajuk Teknik Prasarana dan Transportasi dari Pusat Studi Perencanaan Pembangunan Pengembangan Prasarana (PSP4) meraih rekor MURI Indonesia 2023. Buku ini dianggap bagian dari  mendukung integrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Viral! Perempuan 9 Tahun Mampu Angkat Besi 75 Kg

"Kami banyak melakukan kajian dan kegiatan perencanaan prasarana, untuk saat ini khususnya kami berfokus pada pengembangan transportasi, sehingga harapan ke depan, transportasi baik dari segi intermoda, antarmoda dan multimoda dapat berjalan efektif," ungkap Ketua Umum PSP4 Dr. Ir. Lucky Caroles, dalam prosesi penerimaan Rekor MURI dengan tajuk Penulis Buku Teknik Prasarana dan Transportasi dalam Setahun, di Jakarta, Jumat (24/2).

Foto udara kawasan terminal peti kemas di Pelabuhan Pelindo III Cabang Lembar, Lombok Barat, NTB

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

Dalam kesempatan yang sama, dikutip dari rilis yang diterima VIVA, Ketua Dewan Pakar PSP4 Prof. Ir. Sakti Adji Adisasmita, juga meraih Rekor MURI dengan tajuk Penulis Buku Teknik Transportasi dan Bandar Udara Terbanyak.

Kedua tajuk rekor yang diraih telah mendapat persetujuan, verifikasi dan pengakuan oleh pihak Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Dalam prosesi tersebut, turut hadir Direktur Eksekutif PII Pusat Ir. Habibie Razak, Sekretaris Umum PSP4 Pramudyo Bayu Pamungkas, S.T., CEO Penerbit Wawasan Ilmu Nur Wahid, S.H., M.H, Direktur Utama Graha Ilmu Josep Ediyanto dan beberapa tamu lain.

"Sebuah kota dapat berkembang dengan baik jika ada empat prasarana penting sudah tersedia, di antaranya transportasi, sumber daya air, listrik dan komunikasi. Oleh karena itu kami berfokus menginisiasi dari sisi transportasi, mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang membutuhkan perhatian khusus dalam hal aksesibilitas dan konektivitas transportasi wilayah", tutur Ketua Dewan Pakar PSP4, Prof Sakti.

Perkembangan transportasi saat ini diketahui sedang masif berjalan seperti dengan adanya berbagai rencana bandar udara baru di berbagai daerah, infrastruktur rel, dan adanya rencana tol laut.

"Kami mendukung sepenuhnya untuk pengembangan transportasi, karena kami juga mempunyai andil serta tugas penting dalam berperan serta, bersinergi sebagai pihak yang diwajibkan memiliki expertise terkait aspek teknisnya," ungkap Direktur Eksekutif PII Habibie Razak.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Penerbit Wawasan Ilmu dan Direktur Utama Graha Ilmu mengungkapkan bahwa penerbitan buku merupakan salah satu langkah untuk memberikan multiplier effect sebagai pendorong pengembangan keilmuan.

Ketua PSP4 berharap bahwa dengan pemecahan rekor ini, bukan berarti suatu pencapaian yang final, namun sebagai bab baru dalam upaya peran serta mengembangkan transportasi di Indonesia. Dengan berbagi ilmu melalui buku, dinilai dapat menjadi katalis tersendiri bagi peningkatan wawasan pembangunan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya