Simak! Inilah Amalan dan Keutaman Malam Nisfu Syaban Menurut Buya Yahya

Ilustrasi Ramadhan/berdoa.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA Edukasi – Bagi umat Muslim hadirnya malam Nisfu Syaban begitu dinanti-nantikan. Hal tersebut dikarenakan malam tengah bulan Syaban dianggap sebagai malam yang sangat istimewa dalam Islam.

Nasib Pilu Warga Gaza, Tank dan Roket Israel Masih Terus Menyerang saat Momen Idul Fitri

Di mana, malam ini merupakan malam yang dipercayai mampu mendatangkan keberkahan dan kemuliaan serta dianggap sebagai malam yang baik untuk melakukan kebaikan. Malam Nisfu Syaban sendiri jatuh pada pertengahan bulan Syaban di dalam penanggalan Hijriah.

Menilik kalender hijriah, pada tanggal 1 Syaban 1444 H jatuh pada hari Rabu 22 Februari 2023 lalu. Jadi, Nisfu Syaban atau 15 Syaban 1444 H bertepatan pada hari Rabu, 8 Maret 2023, dan malam Nisfu Syaban 1444 H dimulai sejak Selasa, 7 Maret 2023 malam. 

Terpopuler: Ayu Ting Ting Bagi-bagi THR, Sederet Artis yang Meninggal di Bulan Ramadhan 2024

Ilustrasi Bulan Ramadan.

Photo :
  • vstory

Di mana pada tanggal tersebut, umat Islam bisa melaksanakan puasa sunnah Syaban demi mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Menyambut bulan suci Ramadan dengan datangnya malam Nisfu Syaban, baiknya umat Muslim jangan mengabaikan bulan ini.

Istri Rayakan Lebaran di Samping Makam Babe Cabita: Berat Banget Rasanya

Hal tersebut dikarenakan di Bulan Syaban ini begitu banyak amal-amal diangkat menuju Rabb semesta alam. Jadi, alangkah baiknya bagi kita umat Muslim untuk perbanyak melakukan amalan-amalan yang dapat membawa kebaikan dan keberkahan.

Seperti yang dipesankan oleh Nabi Muhammad SAW, agar umat Muslim jangan sampai melalaikan Bulan Syaban. Berikut ini terdapat sederet amalan-amalan yang bisa dilakukan di malam Nisfu Syaban, sebagaimana yang dikutip dari Buya Yahya dalam ceramahnya di Channel Youtube Buya Yahya berikut ini.

1.    Memperbanyak ibadah sholat. Perlu diketahui, sejak terbenam matahari di malam Nisfu Syaban, karena malam ini adalah malam sangat istimewa dan mulia yang semua doa akan diijabah oleh Allah SWT.

2.    Memperbanyak membaca Alquran. Seperti malam-malam biasanya, di malam Nisfu Syaban umat Muslim juga diharapkan bisa memperbanyak untuk membaca Alquran. Tentunya selain pahal yang didapat berbeda dari biasanya, di malam Nisfu Syaban ini banyak keberkahan pun akan didapat.

3.    Memperbanyak zikir. Membaca zikir dan tasbih juga dapat menjadi amalan yang sangat dianjurkan di malam Nisfu Syaban. Di mana amalan satu ini dapat membantu kita menjaga hati dan pikiran tetap tenang dan damai.

Ilustrasi ramadhan/berdoa.

Photo :
  • Freepik

4.    Memperbanyak baca istighfar. Di malam ini penting bagi umat Muslim untuk memperbanyak bacaan istighfar. Jadi sembari membaca istighfar, kita baiknya juga minta ampunan kepada Allah SWT. Di mana hal ini berdasarkan hadis riwayat Imam Al-Baihaqi dari Usman bin Abi Al-Ash, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Apabila datang malam Nisfu Syaban, ada pemanggil (Allah) berseru; Apakah ada orang yang memohon ampun dan Aku akan mengampuninya? Apakah ada yang meminta dan Aku akan memberinya? Tidak ada seseorang pun yang meminta sesuatu kecuali Aku akan memberinya, kecuali wanita pezina atau orang-orang musyrik".

5.    Memperbanyak doa.

Di mana menurut Buya Yahya, tidak ada ketentuan khusus tentang pilihan sholat sunnah apa yang harus dikerjakan selama bulan Nisfu Syaban. Tidak ada pula surat khusus dalam Alquran yang perlu dibacakan. Semua boleh dikerjakan sesuai kaidahnya, menurut ulama Islam tersebut.

Baginya, tidak hanya di malam Nisfu Syaban, ibadah lainnya pun boleh dikerjakan di waktu yang lain. Seperti melaksanakan puasa sunnah di Bulan Syaban.

Keutamaan Malam Nisfu Syaban

Ilustrasi berdoa

Photo :
  • Pixabay

Dalam hal ini Buya Yahya menyampaikan, bahwasannya ibadah di malam apapun diperbolehkan, apalagi di malam Nisfu Syaban yang diperhatikan oleh Rasul SAW.

"Memang ada isyarat dari Nabi SAW tentang kelebihan malam Nisfu Syaban, dalam Hadistnya, Allah melihat secara khusus kepada mahluknya di malam Nisfu Syaban," ujar Buya Yahya dalam Channel YouTube Al-Bahjah TV.

Berikut ini terdapat sederet keutamaan malam IMenurut Buya Yahya, keutamaan malam Nisfu Sya’ban adalah:

1. Doa-doa Dikabulkan

Bagi umat Muslim, manfaatkan malam ini untuk memohon hajat dan keinginan kepada Allah SWT. Malam Nisfu Sya'ban juga dianggap sebagai waktu yang sangat baik untuk memohon keberkahan, keselamatan, kebaikan dan rahmat dari Allah SWT.

2. Pengampunan dosa

Berserah diri dan memohon ampunan pada malam ini, agar dosa-dosa diampuni oleh Allah SWT. Sekian penjelasan singkat mengenai jadwal, amalan dan keutamaan malam Nisfu Sya’ban 2023. Semoga bermanfaat. 

Buya Yahya menjelaskan malam Syaban menjadi malam yang spesial, salah satunya adalah karena Allah akan mengampuni dosa-dosa semua makhluk-Nya. Namun, ada dua golongan yang tidak akan diampuni dosanya oleh Allah, meskipun ia sudah memperbanyak istighfar.

“Allah membagi-bagikan pengampunan pada malam Nisfu Sya’ban kepada semua makhluk-Nya, kecuali doa orang yang tidak mendapat pengampunan dari Allah di malam Nisfu Syaban,” terang Buya Yahya dilansir dalam kanal YouTube Al-Bahjah TV,

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya