Negara Kecil Tapi Maju, Berapa Luas Negara Singapura?

Kota Singapura. Image via: Culture Trip
Sumber :
  • U-Report

VIVA Edukasi – Singapura adalah negara kepulauan yang dipisahkan oleh Selat Johor dari Malaysia. Negara ini awalnya merupakan sebuah kota yang didirikan oleh Raffles pada tahun 1819. Singapura juga merupakan negara jajan Inggris hingga tahun 1959, yang kemudian pada tanggal 9 Agustus 1965.

Berasa di Curug, Emak-emak Indonesia Gelar Tikar dan Makan Lesehan di Bandara Changi

Dikutip dari buku Perbandingan Pendidikan oleh Ahmad Qurtubi, Jumat, 10 Maret 2023, negara tersebut kemudian menjadi negara republik sendiri di bawah Lee Kuan Yew. Sebelumnya, Singapura masih menjadi bagian dari negara Malaysia.

Lapangan Padang Singapura

Photo :
  • Tripadvisor
10 Negara Paling Bahagia di Asia, Indonesia Peringkat Berapa?

Singapura memang dikenal sebagai negara yang cukup kecil. Lalu seberapa luas negara Singapura? Berikut informasi lengkapnya.

Luas Negara Singapura

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Mengutip sumber lain dalam buku “Mengenal ASEAN dan Negara-Negaranya” oleh Tri Prasetyono, luas Singapura sendiri tidak begitu besar dibanding negara-negara lain. Luasnya kurang lebih 728 km persegi yang kemungkinan masih akan bertambah.

Meski luasnya tidak terlalu besar, dilansir dari laman World Population Review, Singapura menjadi negara terkaya ke-10 di dunia.

Secara astronomis, negara ini terdiri dari pulau-pulau kecil, kurang lebih 63 pulau. Pulau utamanya yaitu Pulau Sentosa, Pulau Ubin, dan Pulau Tekong.

Bagian pulau di Singapura juga terbagi menjadi tiga daerah. Diantaranya daerah pusat yang berbukit dengan batu karang Bukit Timah, kemudian Mandai di daerah pantai barat, dan daerah timur sampai ke Katong.

Holand Road, Singapura

Photo :
  • en.wikipedia.org

Singapura terletak antara 15 derajat LU - 26 derajat LU dan 103 derajat 40 derajat BT - 104 derajat BT. Adapun batas wilayah Singapura sendiri, di sebelah barat berbatasan dengan Selat Malaka dan di sebelah selatan dengan Riau Indonesia.

Dilansir dari Worldometers, jumlah penduduk Singapura sekitar 5,97 juta penduduk. mayoritas penduduknya berasal dari Bangsa Gna, sedangkan yang lainnya berasal dari Melayu, Yahudi, Pakistan, Bengali, Arab hingga peranakan Eropa.

Untuk bahasa yang digunakan, terdiri dari beberapa bahasa resmi seperti Cina, Inggris, Melayu, dan Tamil. Adapun untuk agamanya yaitu agama Tao, Islam, Kristen, dan Hindu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya