Edukasi Penting Tantangan dan Peluang yang Dihadapi Industri Konstruksi

Ilustrasi internet of things (IoT).
Sumber :
  • The Balance Small Business

VIVA Edukasi – Sekarang waktu yang tepat untuk meningkatkan pasar konstruksi. Namun, masalah konstruksi selalu ada, dan peningkatan pasar tidak secara ajaib menghilangkan masalah tersebut. Faktanya, peningkatan pengeluaran di sektor konstruksi swasta bahkan dapat memperburuk beberapa masalah ini.

Telkomsel Kasih Kabar Positif

Dengan kata lain, konstruksi bagus saat ini, tetapi tidak semuanya mawar. Semua berurusan dengan duri juga. Karena kesuksesan dalam konstruksi membutuhkan bahan dan metode bangunan dengan kualitas terbaik, kecepatan pembangunan yang lebih cepat, tenaga kerja terampil, dan efisiensi di tempat yang mempercepat proyek dan menjaga keselamatan pekerja.

Hal ini semakin membutuhkan penerapan teknologi baru, yang seringkali berbasis cloud dan membantu penjadwalan dan manajemen alur kerja, biasanya dalam waktu nyata. “Dengan biaya bahan bangunan yang terus meningkat, tim konstruksi harus memanfaatkan kreativitas mereka untuk merekayasa dan merancang solusi alternatif untuk menjadi praktik standar,” kata Faris Al Husaini, VP Sales & Marketing Widya Matador di sebuah sebuah perusahaan Berbasis Internet Of Things (IOT) untuk sektor konstruksi dalam keterangannya yang diterima VIVA, Jakarta, Jumat (10/3).

Kamu Bisa Berbagi Foto Tanpa Internet, Ada Fitur Punya iPhone

Ilustrasi mengatur keuangan | Photo by Piotr Adamovics from Pexels

Photo :
  • U-Report

Menurutnya,  berikut sederet tantangan paling mendesak serta peluang dalam industri konstruksi saat ini.

Membuka Peluang Baru, Workshop Daring Maluku-Papua untuk Pendidikan Digital

1. Pengelolaan Dokumentasi Yang baik
Tidak mengherankan jika konstruksi umumnya memiliki banyak dokumentasi yang harus  menjadi perhatian baik itu kontrak, kwitansi, sertifikat asuransi, pesanan material, dll. Menangani semua itu secara teratur membuat seluruh proses manajemen dokumen menjadi lebih lambat dan lebih rentan terhadap kesalahan manusia. Pada titik ini, menjadikan seluruh bisnis Anda berfungsi terutama tanpa kertas adalah sesuatu yang seharusnya sudah dilakukan untuk saat ini. Ada banyak sistem dan solusi berbeda yang dapat membantu manajemen dokumen dalam banyak cara baik itu kategorisasi, tanggal jatuh tempo, tenggat waktu proyek, dan banyak lagi. Meski begitu, tidak semua masalah industri konstruksi dapat dengan mudah diperbaiki.

2. Perlunya Mengadopsi Teknologi Konstruksi
Industri konstruksi, secara keseluruhan, terkenal lamban dalam mengadopsi teknologi baru. Studi dan survei yang tak terhitung jumlahnya selama bertahun-tahun telah menunjukkan bahwa pemilik bisnis kurang berinvestasi dalam teknologi, meskipun mereka mengakui akan banyak manfaat yang dapat diberikan teknologi untuk menjalankan bisnis mereka dan mengelola proyek konstruksi. BIM, perangkat seluler, dan aplikasi perangkat lunak lainnya, nyatanya perusahaan belum benar-benar menerapkannya. Teknologi yang muncul seperti Smart Glasses berbasis Internet of Things (IoT) dari Widya matador sebuah Perusahaan asal Indonesia  tengah mengembangkan sebuah kacamata pintar bernama Matador Glass, dengan mengadopsi teknologi terbaru bertujuan untuk menarik lebih banyak milenial untuk datang dan bekerja untuk mereka.

Kami dengan cepat mencapai titik di mana teknologi akan menjadi komponen penting dari semua proyek konstruksi. Perusahaan yang merupakan pengadopsi awal dan menerapkan teknologi baru ke dalam alur kerja dan lokasi kerja mereka akan memiliki keuntungan nyata dibandingkan mereka yang tidak. Perusahaan yang gagal melihat keunggulan teknologi atau kurang berinvestasi pada teknologi tidak akan memiliki daya saing untuk bertahan dalam lingkungan yang berubah dengan cepat ini. 

3.Bekerja Sesuai Jadwal
Meskipun pengalaman memang penting, tidak jarang para profesional yang paling berpengetahuan sekalipun membuat kesalahan saat menjadwalkan jika dikelola secara manual. Hal ini merupakan masalah yang dapat diatasi oleh teknologi modern hingga tingkat tertinggi, dengan berbagai sistem otomasi, aplikasi manajemen proyek untuk perangkat yang berbeda, papan tugas virtual, dan sebagainya. Ini adalah salah satu dari banyak masalah yang teknologi modern dapat pecahkan sebagian atau seluruhnya. Namun, daftar ini tidak akan terlalu panjang jika bukan karena masalah besar lainnya yang sedang dihadapi seluruh industri konstruksi untuk sementara waktu.

4.Pentingnya Komunikasi Yang Baik
Persentase masalah yang sangat tinggi dalam proyek konstruksi terkait langsung dengan kurangnya komunikasi yang lebih cepat antara tim dan departemen yang berbeda. Ini adalah masalah besar lainnya yang mudah dipecahkan oleh teknologi modern dalam berbagai cara. Misalnya, smartphone pekerja Anda dapat digunakan untuk mempercepat proses komunikasi (karena ada miliaran orang yang memiliki akses ke smartphone pribadi di dunia) baik melalui email, pesan biasa, atau bahkan menggunakan berbagai aplikasi terkait. Hal Ini dapat dengan mudah mencegah sebagian besar masalah dalam proyek sebelum menjadi lebih menonjol dan lebih sulit untuk ditangani. itu juga yang menjadi salah satu contoh bagaimana teknologi dapat membawa manfaat potensial yang sangat besar bagi perusahaan konstruksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya